Sukses

Pendaftaran Mudik Motor Gratis Lebaran 2024 Dibuka 4 Maret, Tengok Rutenya!

Proses pendaftaran untuk mengikuti program Mudik Motor Gratis Lebaran 2024 akan dibuka sejak 4 Maret-18 April 2024. Untuk waktu pemberangkatan arus mudik, itu akan dilaksanakan dalam sepekan pada 2-8 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program angkutan mudik motor gratis (motis) pada Lebaran 2024.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kemenhub, Arif Anwar, mengutarakan program Motis Lebaran 2024 ini dibuka untuk 28.196 orang penumpang dan 12.180 unit kendaraan bermotor roda dua.

"Kami akan menggelar angkutan motor gratis seperti tahun-tahun sebelumnya. Kalau dikalkulasi, terdapat sekitar 2.014 penumpang per hari dan 870 unit kendaraan per hari," jelas Arif dalam sesi konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Adapun proses pendaftaran untuk mengikuti program mudik gratis motor ini akan dibuka sejak 4 Maret-18 April 2024. Untuk waktu pemberangkatan arus mudik, itu akan dilaksanakan dalam sepekan pada 2-8 April 2024.

 

Waktu pemberangkatan itu memiliki masa jeda empat hari lantaran terpotong Hari Raya Idul Fitri 2024. Setelahnya, program Motis akan dilanjutkan untuk arus balik pada 13-19 April 2024.

 

Program tersebut melayani angkutan pulang-pergi di sejumlah stasiun yang terbagi dalam tiga lintasan, yakni lintas utara, tengah dan selatan.

Daftar stasiun yang akan dilewati untuk program Motis di Lebaran 2024 ini mulai dari Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, hingga Kebumen.

Arif menjelaskan, pihaknya akan menyediakan layanan penjemputan sepeda motor di setiap stasiun tempat pengguna mendaftar atau melakukan keberangkatan. Motor yang ditaruh di stasiun tersebut kemudian akan diangkut menggunakan truk menuju tempat pengumpulan motor setempat.

"Contohnya, jika pengendara berangkat dari Pasar Senen, motor yang dititipkan di tempat tersebut akan dibawa ke Jakarta Gudang. Pada Hari H keberangkatan, motor dan penumpang akan dibawa bersama-sama. Setiap motor ditandai dengan barcode agar tidak hilang," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Daftar

Oleh karenanya, Kemenhub menyediakan sejumlah syarat pendaftaran guna memastikan keamanan bagi setiap kendaraan, antara lain:

  • KTP, SIM, Kartu Keluarga, dan STNK Asli.
  • Besaran motor di bawah 200 cc
  • Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun ditunjuk
  • Mendaftar dengan menyampaikan email aktif.

Tak hanya mendaftar secara online, proses pendaftaran pun bisa dilakukan secara manual di masing-masing stasiun keberangkatan. Dengan catatan, jumlah ketersediaan tiket dibatasi oleh kuota penumpang harian dan dibuka maksimal H-1 sebelum waktu keberangkatan.

Di sisi lain, Arif mengatakan program mudik motor gratis hanya berlaku untuk motor berbahan bakar BBM. Kebijakan tersebut diambil lantaran pihaknya masih mengkaji soal aspek keamanan dan regulasi pengangkutan motor listrik menggunakan kereta api.

"Belum (bisa angkut motor listri), nanti sambil kita pelajari, kita lihat resikonya dan sebagainya. Nanti ke depan pasti akan kita layani," kata Arif.

 

3 dari 3 halaman

Rute Keberangkatan

Berikut rincian rute kereta api untuk program mudik motor gratis 2024:

1. Lintas Utara

Rute: Cilegon - Jakarta Gudang - Cirebon Prujakan - Tegal - Pekalongan - Semarang Tawang

Kapasitas Penumpang: 530 orang per hari Kapasitas Kendaraan Bermotor: 232 unit motor per hhari Jumlah Keberangkatan: Satu kali pulang-pergi per hari

2. Lintas Tengah

Rute: Jakarta Gudang - Cirebonprujakan - Purwokerto - Kroya - Kutoarjo

Kapasitas Penumpang: 1.060 orang per hari Kapasitas Kendaraan Bermotor: 464 unit motor per hari Jumlah Keberangkatan: 2 kali rute pulang-pergi per hari

3. Lintas Selatan

Rute: Jakarta Gudang - Kiaracondong - Kroya - Gombong - Kebumen - Lempuyangan - Purwosari - Madiun

Kapasitas Penumpang: 1.060 orang per hari Kapasitas Kendaraan Bermotor: 464 unit motor per hari Jumlah Keberangkatan: 2 kali rute pulang-pergi per hari

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini