Sukses

Gen Z Punya Peran Besar Kembangkan Energi Terbarukan di Indonesia

Ketua Badan Eksekutif Kanopi Hijau Ali Akbar menyatakan bahwa generasi Z memiliki peranan penting dalam pembangunan energi terbarukan di Indonesia. Dalam program talkshow Liputan6.com yang bertajuk Climate Talk ini, Ali menitikberatkan bahwa generasi Z ini harus menjadi entitas yang perlu diperhitungkan pemerintah karena generasi ini akan menjadi generasi berikutnya yang akan tinggal di planet Bumi ini, seperti yang ditulis pada Jumat (1/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Eksekutif Kanopi Hijau Ali Akbar menyatakan bahwa generasi Z memiliki peranan penting dalam pembangunan energi terbarukan di Indonesia.

Dalam program talkshow Liputan6.com dengan tajuk Climate Talk, Ali menitikberatkan bahwa generasi Z ini harus menjadi entitas yang perlu diperhitungkan pemerintah karena generasi ini akan menjadi penerus yang akan tinggal di planet Bumi ini. 

"Gen Z ini perlu dijadikan sebagai entitas yang diperhitungkan oleh pemerintah sehingga pemerintah dapat menjamin hidup mereka karena mereka ini yang akan menempati planet ini setelah kita" ujar Ali seperti ditulis, Jumat (1/3/2024).

Kondisi muka bumi saat ini cukup memprihatinkan dimana berbagai kerusakan lingkungan sudah nampak di seluruh Indonesia. 

“Proses penambangan batu bara di Sumatera dan pengangkutannya mengganggu masyarakat. Saat pembakaran bahan bakar itu juga asapnya membumbung tinggi sehingga area di sekitarnya menjadi lebih panas dan hujan asam pun terjadi di sekitar area itu” keluh Ali. 

Ali memaparkan bahwa generasi Z menghadapi tantangan dalam gerakan transisi menuju energi terbarukan di Indonesia, diantaranya, kebijakan pemerintah yang tidak konsisten dan terlalu birokratis, permainan pelaku pasar yang masih cenderung ingin mengeruk keuntungan bagi diri sendiri dan kelompoknya, dan kurangnya edukasi di tingkat masyarakat mengenai energi terbarukan. 

“Kesadaran masyarakat kita mengenai situasi buruk ini belum sampai ke level yang tinggi sehingga masih sedikit yang berani menyuarakan hal ini” ujar Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran yang Harus Dilakukan untuk Mempersiapkan Generasi Z

Melalui organisasi bernama Kanopi Hijau yang dirintisnya, Ali melakukan berbagai dorongan bahkan dimulai sejak tingkat SMA untuk memberikan kesadaran mengenai sumber energi terbarukan di kalangan masyarakat melalui generasi Z.

“Kita ajak roadshow, sosialisasi, setelah chemistry-nya ketemu, kita bakal ajarkan mereka untuk menjadi pengajar di masyarakat sekitar dan menyediakan media di ruangan publik untuk memberikan space bagi mereka” kenang Ali.

Tidak hanya memberikan ruang, tetapi juga membuka donasi dimana setelah terkumpul, akan digunakan untuk membangun instalasi energi terbarukan seperti di SMA 1 Muhammadiyah Kota Bengkulu. 

“Setelah kami membangun instalasi energi terbarukan seperti di SMA yang ada di Kota Bengkulu tadi, kami juga akan membangun sekitar lima sekolah energi bersih yang akan kami bangun di pulau Sumatera karena kami sadar kesadaran publik menjadi hal terpenting jika ingin membawa perubahan yang positif bagi lingkungan” ujar Ali. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini