Sukses

Pilot Pesawat Pribadinya Meninggal, Miliarder Ini Digugat

Gugatan kepada miliarder dilayangkan istri dari pilot di Pengadilan di Santa Clara County, California, AS.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder sekaligus salah satu pendiri Google, Sergey Brin menghadapi tuntutan terkait kematian seorang pilot yang menerbangkan pesawat miliknya ke Fiji tahun lalu, ketika pesawat itu jatuh di Samudera Pasifik.

Tuntutan itu dilayangkan istri dari pilot tersebut, di Pengadilan di Santa Clara County, California, Amerika Serikat.

Dilansir dari Fortune, Kamis (22/2/2024) gugatan tersebut menuduh pesawat amfibi bermesin ganda senilai USD 8 juta milik Sergey Brin tidak dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan yang tidak berfungsi, beberapa jam setelah penerbangan pada 20 Mei 2023 lalu, sehingga terpaksa harus kembali ke California dalam keadaan darurat.

Namun nahas, pesawat itu jatuh di lepas pantai Half Moon Bay, menewaskan pilot Lance Maclean dan co-pilotnya Dean Rushfeldt.

Google milik Alphabet Inc., yang diduga merupakan salah satu pemilik pesawat tersebut, juga disebut sebagai salah satu pihak yang tergugat, begitu pula perusahaan yang memasang sistem bahan bakar dan perusahaan yang menyewa mendiang pilot.

Gugatan tersebut juga menuduh Sergey Brin berusaha menghancurkan bukti di lokasi kecelakaan dengan menghalangi upaya pemulihan.

"Brin adalah salah satu orang terkaya di dunia," kata pengacara istri Maclean, Maria Magdalena Olarte, dalam tuntutan yang telah diubah dan diajukan pada 13 Februari 2024.

"Jika dia ingin mendapatkan kembali pesawat tersebut dan sisa-sisa orang yang hilang, hal itu akan dilakukan," tandasnya.

Selain itu, perwakilan Brin juga dituduh salah menggambarkan kondisi cuaca di lokasi pemulihan dan interaksi mereka dengan Penjaga Pantai AS.

"Sejak awal kecelakaan, meskipun Penggugat secara terbuka meyakinkan bahwa jenazah suaminya akan ditemukan, Brin dan agennya memutuskan untuk meninggalkannya di dasar laut bersama dengan bukti yang membuktikan bahwa Tergugat bertanggung jawab atas kecelakaan yang menewaskan tersebut. dua pilot," demikian isi pengaduan penggugat.

Sementara itu, baik Sergey Brin maupun perwakilan Google tidak menanggapi permintaan komentar terkait gugatan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian Menurut Penggugat

Dilaporkan, pesawat yang jatuh di lepas pantai Half Moon Bay itu merupakan Viking Air Ltd. DHC-6 Twin Otter Series 400, diterbangkan ke Fiji, ketika Sergey Brin hendak mentraktir tamunya untuk menjelajahi pulau, menurut klaim dalam gugatan tersebut.

Disebutkan, pesaawaf tersebut tidak memiliki kapasitas bahan bakar yang cukup untuk mencapai Hawaii, perjalanan pertama ke Fiji – sehingga Brin dan yang rekan lainnya memberi wewenang kepada seorang mekanik di Santa Rosa untuk memasang sistem tambahan di dalam badan pesawat untuk meningkatkan kapasitas, demikian tuduhan dalam gugatan tersebut.

Namun mekanik tersebut tidak memiliki daftar periksa perakitan dan secara ilegal memasangnya “dari memori”.

Selama penerbangan, bahan bakar tidak berpindah dari sistem tambahan ke tangki utama, sehingga akhirnya menyebabkan kecelakaan, kata gugatan tersebut.

Sebelumnya, perwakilan Sergey Brin pernah mengatakan kepada istri mendiang pilot bahwa Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) menghalangi upaya pemulihan, menurut gugatan tersebut.

NOAA kemudian membantah telah melakukan hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini