Sukses

Miliarder Termuda Dunia Bilang Tidak Perlu Kuliah untuk Sukses

Pada tahun 2012, miliarder termuda dunia Austin Russell berani meninggalkan Universitas Stanford untuk meluncurkan Luminar Technologies.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencapai kesuksesan besar, gelar sarjana bukanlah sebuah keharusan. Ini dikatakan Austin Russell, miliarder termuda di dunia.

Pada tahun 2012, Russell (28 tahun) berani meninggalkan Universitas Stanford untuk meluncurkan Luminar Technologies, perusahaannya. Setelah meraih dana hibah USD 100 ribu yang diberikan Peter Thiel Fellowship.

Tak heran, saat Austin Russell,  ditanyakan apakah akan menyarankan mahasiswa lain yang bercita-cita tinggi saat pada bisnis mereka untuk menyerah saat kuliah.

Dia menjawab, "Tentu saja.""Tidak semua orang harus kuliah," katanya. "Itu hanya cara berpikir konvensional tentang apa yang harus dan tidak harus Anda lakukan."

Russell memang membuat pilihan yang tepat, sebagaimana dibuktikan dengan valuasi perusahaan teknologinya yang mencapai USD 2,6 miliar.

Dia menciptakan teknologi dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk memungkinkan mobil tanpa pengemudi. Bahkan dia mengaku jika meski tidak ada pendanaan yang diterima tetap akan meninggalkan Stanford.

"Jika Anda bertanya apakah saya akan menyerah [tanpa penghargaan], maka jawabannya adalah ya. Memang. Tidak ada yang meragukannya, menurut Russell. "Itu selalu akan terjadi."

Menurut jajak pendapat Wall Street Journal baru-baru ini, lebih dari separuh orang Amerika (56%) percaya bahwa gelar sarjana empat tahun tidak sepadan.

Skeptisisme tentang kegunaan gelar sarjana telah berkembang dari waktu ke waktu.  Tetapi para ahli percaya bahwa pendidikan tinggi terus menghasilkan efek positif, seperti gaji yang lebih tinggi dan prospek kerja yang lebih terampil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percaya Bisa Belajar Otodidak

Russell percaya bahwa ponsel, tablet, dan perangkat elektronik lainnya memberikan akses yang mudah ke sumber daya yang sama dengan universitas.

"Semua informasi ini sekarang sudah tersedia secara online. "Hal ini tidak berlaku 50 tahun yang lalu, tetapi sekarang ini sepenuhnya benar," katanya.

"Pada awal masa remaja saya, saya dapat menonton seluruh rangkaian kuliah fisika terapan Stanford dan MIT secara online dengan kecepatan 2X atau 3X lipat."

"Anda sekarang dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Anda dapat melihat kurikulum lengkap dan mata kuliah tahunan secara berurutan dalam hitungan minggu. "Ada begitu banyak cara untuk mendapatkan pengetahuan untuk diri sendiri," lanjutnya.

Ini bukan berarti bahwa pencarian singkat di YouTube akan membuat Anda menjadi ahli dalam topik tertentu. Bagaimana Anda bisa memfasilitasi pembelajaran Anda sendiri? "Anda harus mengambil inisiatif," tambah orang terkaya ini .

3 dari 3 halaman

Tak Menyesali Pilihan

Dia mengatakan jika seseorang harus memiliki motivasi untuk melakukannya. "Dan, sebagai seorang pengusaha, tidak akan ada orang yang akan membantu Anda di sepanjang jalan," jelasnya.

"Anda secara langsung bertanggung jawab atas setidaknya semua hal yang berada dalam kendali Anda, [seperti] apa yang Anda lakukan, pencapaian apa yang dicapai, dan produk seperti apa yang pada akhirnya dihadirkan ke dunia."

Russell bergabung dengan miliarder teknologi Steve Jobs dan Bill Gates sebagai pemimpin bisnis yang putus kuliah. Pencipta Apple ini meninggalkan Reed College pada usia 19 tahun, tampaknya karena kendala keuangan keluarganya. Dan Gates kuliah di Harvard selama dua tahun sebelum berhenti untuk mendirikan Microsoft.

Russell mengatakan bahwa sama sekali tidak menyesali pilihannya. Bahkan, pilihannya tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap alasan mengapa "Saya sangat beruntung dan bersyukur dapat meraih kesuksesan besar di usia yang masih sangat muda," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.