Sukses

Beban Puncak Listrik di Jawa Madura Bali Tembus 24 GW Saat Pemilu 2024

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya menyiagakan seluruh sistem ketenagalistrikan di seluruh Indonesia sebelum masa pencoblosan hingga hari H pencoblosan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) masih terus bersiaga dalam rangka Pemilu 2024, dengan masa siaga sejak 11 Februari 2024 hingga 20 Februari 2024. Dalam masa siaga tersebut, PLN menyiagakan 1.853 posko siaga dan mengerahkan 81.591 personel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya menyiagakan seluruh sistem ketenagalistrikan di seluruh Indonesia sebelum masa pencoblosan hingga hari H pencoblosan. 

Mulai dari sisi pasokan energi primer untuk seluruh pembangkit hingga siaga di sisi jaringan transmisi, distribusi, hingga layanan pelanggan.

"Alhamdullilah, hari pencoblosan Pemilu telah kita lewati. Kami telah jaga dengan sebaik-baiknya hingga suasana Pesta Demokrasi bisa berlangsung dengan lancar dan penuh gembira karena pasokan listrik berlangsung aman," ujar Darmawan, Sabtu (17/2/2024).

Darmawan merinci daya listik beberapa wilayah saat penyelenggaraan Pemilu. Seperti Sumatera memiliki daya mampu sebesar 7.640 Megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 6.975 MW. Sedangkan daya mampu Jawa Madura dan Bali sebesar 32 Gigawatt (GW) dengan beban puncak sebesar 24 GW. 

Sementara daya mampu Sulawesi Utara sebesar 950 MW dengan beban puncak 719 MW, daya mampu Nusa Tenggara Timur sebesar 338 MW dengan beban puncak 224 MW, dan daya mampu Papua & Papua Barat 517 MW dengan beban puncak 304 MW.

"Dengan tersedianya cadangan daya yang cukup membuat kami bisa melayani masyarakat dengan baik. Titik-titik vital seperti Kantor KPU di tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat akan kami jaga terus keandalan listriknya," pungkas Darmawan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

PLN Bakal Buka Bisnis Penukaran Baterai Motor Listrik di Alfamart Cs

Sebelumnya diberitakan,PT PLN (Persero) terus bersiap untuk menyambut transisi energi menuju pemakaian kendaraan listrik. Salah satunya, berencana menyediakan tempat penukaran baterai motor listrik di pasar ritel modern semisal Alfamart dan Indomaret cs. 

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya juga tengah membangun sistem battery swapping yang terintegrasi antar setiap manufaktur. Sehingga nantinya, tiap motor listrik bisa saling bertukar baterai meskipun berbeda merek. 

"Saat ini atas penugasan dari pemerintah, kami sedang mengkonsolidasikan. Sehingga ke depan sistem swap baterai untuk motor listrik nanti bisa bukan hanya distandardisasi, tapi juga interchangeable," ujar Darmawan saat membuka PLN EV Ecosystem Booth di IIMS 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

"Semua merek boleh menjual motor listrik. Tetapi baterainya sama, sistemnya sama, sistemnya bisa di-exchange satu sama lain. Artinya, ini akan mempermudah di masa depan pengguna motor listrik bisa membeli merek apa saja, tetapi baterainya bisa di-exchange satu sama lain," ia menambahkan.

Guna menggapai rencana itu, PLN juga bakal masuk ke pasar ritel modern untuk menyediakan tempat penukaran baterai untuk tiap merek motor listrik. 

"Nanti, bayangan kami ada di gerai-gerai Alfamart, Indomaret, Superindo dan lain-lain, itu ada swap baterai yang bisa digunakan oleh semua merek, yang akan mempermudah agar transisi dari motor yang masih berbasis pada bensin, bahan bakar fosil menjadi listrik," imbuhnya. 

 

3 dari 5 halaman

Rancang EV Digital Service

Saat ini, ia menambahkan, PLN juga sedang merancang EV digital service untuk memfasilitasi perubahan gaya hidup menuju pemakaian kendaraan listrik. Selain berorientasi pada bisnis, Darmawan menekankan, PLN juga akan berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. 

"PLN merancang dan membangun ev digital service karena ini adalah perubahan gaya hidup yang dulu memang transportasi berbasis pada fossil fuel, internal combustion engine, mobil yang berbasis pada bensin dan solar," ungkapnya. 

"Gaya hidup ini (kendaraan listrik/EV) jauh lebih hemat, juga ramah lingkungan. Bisa mengurangi emisi gas rumah kaca. Kita mempunyai misi, yaitu slow down the warming of the earth. Memperlambat bagaimana bumi memanas. Bahkan kalau mungkin menurunkan suhu bumi," pungkas Darmawan. 

 

4 dari 5 halaman

Pemilihan Umum Indonesia 2024, PLN Siagakan 1.853 Posko Jaga Pasokan Listrik

Sebelumnya diberitakan, sambut Pemilihan Umum Indonesia 2024 atau Pemilu 2024, PT PLN (Persero) memastikan keandalan sistem kelistrikan dari Sabang hingga Merauke berada dalam kondisi aman dan siap mengawal pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada Rabu, (14/2/2024) hari ini.

PLN juga telah menetapkan masa siaga Pemilu 2024 pada periode 11-20 Februari 2024 dengan membentuk 1.853 posko siaga di seluruh tanah air.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, Pemilu 2024 merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk memilih pemimpin yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan. Pihaknya siap menyukseskan gelaran pesta demokrasi dengan listrik yang andal.

”Kami optimistis pasokan listrik PLN dalam Pemilu 2024 ini akan berjalan dengan aman dan lancar. Kami sudah melakukan persiapan dari dua bulan lalu dan kini sudah paripurna memastikan bahwa kita siap. Titik-titik kritis mendapatkan pelayanan khusus untuk menghindari adanya gangguan, tujuannya agar Pemilu berjalan lancar," ujar Darmawan, Rabu (14/2/2024).

Darmawan menginstruksikan kepada semua unit untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan di seluruh Tanah Air. Sehingga pelaksanaan proses pemungutan hingga penghitungan suara periode Pemilu 2024 dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun.

 

5 dari 5 halaman

Siapkan Posko

Siagakan 24 Posko

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh Mundhakir Salman menyampaikan, dalam hal ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 24 Posko siaga kelistrikan. Posko siaga Pemilu di Kantor PLN UID Aceh 2 lokasi, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banda 4 lokasi, UP3 Lhokseumawe 5 lokasi, UP3 Langsa 5 lokasi, UP3 Meulaboh 4 lokasi, dan UP3 Subulussalam 4 lokasi.

Sebanyak 24 Posko itu disuplai dari 21 penyulang utama dan 17 penyulang backup. Adapun untuk daya mampu pasok listrik di Provinsi Aceh yaitu sebesar 1.014 Megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 547 MW, sehingga terdapat cadangan 467 MW.

"PLN UID Aceh berkomitmen untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024, salah satunya adalah dengan memastikan sistem kelistrikan dalam kondisi aman pada hari pencoblosan hingga perhitungan suara kelar dilakukan," kata Mundhakir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.