Sukses

Miliarder AS Berlomba-lomba Wujudkan Misi ke Bulan, Ada Elon Musk hingga Jeff Bezos

NASA bekerja sama dengan total 14 perusahaan di AS untuk mengirimkan instrumen dan teknologi ilmiah ke bulan.

Liputan6.com, Jakarta Intuitive Machines yang berbasis di Houston akan menjadi perusahaan swasta pertama yang mendarat di bulan, salah satu dari beberapa perusahaan yang didukung miliarder untuk melakukan pendaratan di luar angkasa.

Mengutip Forbes, Kamis (15/2/2024) NASA bekerja sama dengan total 14 perusahaan di Amerika Serikat untuk membantu mengirimkan instrumen dan teknologi ilmiah ke permukaan bulan, sebagai bagian dari program Artemis pengiriman manusia ke sana.

Sebanyak 9 perusahaan pertama bergabung dengan skema Commercial Lunar Payload Services (CLPS) NASA pada tahun 2018, termasuk Astrobotic Technology yang berbasis di Pittsburgh.

Peluncuran skema berikutnya pada 15 Februari dipimpin oleh Houston’s Intuitive Machines, sebuah perusahaan yang didirikan bersama oleh Kamal Ghaffarian, yang mengetuai dewan direksi dan mengantongi kekayaan sekitar USD 2,3 miliar yang dihasilkan oleh usaha terkait ruang angkasa.

Pasangan miliarder Eren dan Fatih Ozmen, yang masing-masing memiliki kekayaan senilai USD 3,4 miliar dan USD 3,3 miliar, mendirikan dan kini memimpin Sierra Nevada Corporation, satu dari 5 perusahaan yang ditambahkan ke skema ini pada tahun 2019.

Namun, Sierra belum mendapatkan kontrak CLPS.

SpaceX milik Elon Musk juga bergabung pada tahun 2019 dan belum mendapatkan kontrak berdasarkan CLPS, meskipun perusahaan tersebut telah menandatangani kesepakatan dengan NASA dan teknologi roketnya, yang dapat digunakan kembali digunakan untuk meluncurkan misi CLPS lainnya seperti IM-1 milik Intuitive.

Pendiri Amazon Jeff Bezos, melalui perusahaan luar angkasanya Blue Origin, juga bergabung dengan program ini pada tahun 2019 dan perusahaan tersebut masih belum mendapatkan kontrak CLPS, tetapi memiliki kontrak yang menguntungkan dengan NASA untuk program lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NASA Beri Izin pada 10 Perusahaan Lakukan Misi ke Bulan

Sebagai informasi, perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam CLPS semuanya dapat mengajukan penawaran untuk kontrak NASA dan sejauh ini badan tersebut telah mengizinkan 10 perusahaan untuk mengirimkan material ke bulan.

Dua izin telah diberikan kepada Astrobotic dan tiga kepada Intuitif, yang misinya ditargetkan mulai pada tahun 2024.

Firefly Aerospace yang berbasis di Texas juga telah mendapatkan dua kontrak pengiriman dan dijadwalkan untuk meluncurkan misi bulan pertama dari dua misi bulan pada tahun 2024, yang diharapkan dapat dilakukan. mendaratkan pendarat Blue Ghost di cekungan Mare Crisium di bulan.

Draper yang berbasis di Massachusetts juga akan terbang ke bulan dan dijadwalkan mendarat di Cekungan Schrödinger pada tahun 2025.

3 dari 4 halaman

Pembatalan Izin Terjadi pada Sejumlah Perusahaan

Terdapat dua misi CLPS yang dibatalkan setelah NASA memberikan kontrak. Salah satu misi gagal setelah perusahaan terkait, yaitu Masten Space Systems, berjuang untuk mengumpulkan anggaran untuk proyek tersebut, yang akhirnya bangkrut dan menyatakan kebangkrutan.

Orbit Beyond yang berbasis di New Jersey juga mendapatkan kontrak CLPS tetapi NASA mengakhiri kesepakatan tersebut setelah perusahaan tersebut mengatakan tidak dapat memenuhi tenggat waktu untuk misi tersebut.

4 dari 4 halaman

Bukan Proyek yang Murah

Seperti diketahui, pendaratan di bulan atau obyek luar angkasa lainnya bukan proses yang mudah dan membutuhkan biaya yang sangat besar.

Secara historis, pendaratan di bulan dan tempat yang lebih jauh merupakan urusan eksklusif pemerintah suatu negara.

Program luar angkasa dari lima negara saja—AS, Uni Soviet, Tiongkok, India, dan Jepang telah berhasil mencapai prestasi tersebut dan ketiga negara tersebut baru melakukannya baru-baru ini (Tiongkok pertama kali mendarat pada tahun 2013, India melakukannya tahun lalu, dan Jepang mendaratkan penembak jitu di bulan pada bulan Januari ini).

Dengan meningkatkan ketergantungannya pada perusahaan swasta melalui skema seperti CLPS, NASA berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi ruang angkasa, mendorong persaingan dan menurunkan biaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.