Sukses

AirAsia Buka Kembali Rute Jakarta-Kinabalu, Intip Harga Tiketnya

Penerbangan perdana Jakarta-Kota Kinabalu pada Selasa 6 Februari 2024 berlangsung dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI) pada pukul 15:55 waktu setempat, disambut dengan water salute.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Indonesia AirAsia resmi membuka kembali rute penerbangan Jakarta ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, pada Selasa, 6 Februari 2024. Ini merupakan rute internasional pertama Indonesia AirAsia di 2024, sekaligus menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan Jakarta ke kota yang dikenal luas sebagai ‘Malaysian Borneo’.

“Indonesia AirAsia kembali memperluas konektivitas penerbangannya untuk rute internasional. Pembukaan rute ini juga kami lakukan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia,” kata Direktur Operasi Indonesia AirAsia, Captain Wuri Septiawan dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (8/2/2023).

Penerbangan perdana Jakarta-Kota Kinabalu pada Selasa 6 Februari 2024 berlangsung dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI) pada pukul 15:55 waktu setempat, disambut dengan water salute.

Tiket penerbangan Jakarta (CGK) ke Kota Kinabalu (BKI) ini kini sudah dapat dipesan secara online.

Pembelian dapat dilakukan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), situs airasia.com, AirAsia Travel & Service Center (ATSC), biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya.

Sementara unguk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Selain itu, harga tiket penerbangan Jakarta-Kinabalu pun beragam.

Menurut pantauan di situs resmi AirAsia, harga tiket penerbangan Jakarta-Kinabalu dibanderol mulai sekitar Rp 1.054.720, hingga kisaran Rp 1.200.000 dan Rp 1.700.000.

Perlu diketahui, harga tersebut dapat berubah sewaktu lain, termasuk saat periode libur nasional.

Destinasi Wisata di Kota Kinabalu

Kota Kinabalu, yang dikenal sebagai ‘KK’ dikenal dengan suasana keindahan alam yang beragam. Destinasi wisata di kora ini mulai dari museum, pantai hingga gunung tertinggi di Malaysia.

Wisatawan yang mengunjungi kota tersebut dapat menikmati keindahan Gunung Kinabalu dan menikmati matahari terbit dari ketinggian 4,095 meter.

Adapun destinasi wisata favorit lain di Sabah seperti Tanjung Aru Beach, Sabah State Museum, Mari Mari Cultural Village, Atkinson Clock Tower, Gaya Street Sunday Market, KK Waterfront serta Tanjung Aru Perdana Park.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia AirAsia Buka 12 Rute Internasional ke 6 Negara di 2024, Ini Daftarnya

Sebelumnya, maskapai Indonesia AirAsia resmi membuka rute Jakarta ke Kota Kinabalu, Malaysia, pada Selasa, 6 Februari 2024. 

Direktur Operasi Indonesia AirAsia, Captain Wuri Septiawan mengungkapkan, pihaknya tengah menyiapkan 12 rute internasional ke 6 negara untuk tahun 2024 ini. 

“Jadi di tahun 2024 akan ada 13 destinasi ke 6 negara yang akan kita jalani,” ungkap Wuri di Bandara Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Penerbangan perdana Jakarta-Kota Kinabalu pada Selasa (6/2) berlangsung dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI) pada pukul 15:55 waktu setempat, disambut dengan water salute.

Ini merupakan rute internasional pertama Indonesia AirAsia di tahun 2024, sekaligus menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan Jakarta ke Kota Kinabalu.

Turut hadir dalam penerbangan bernomor QZ 526 itu, Direktur Operasi Indonesia AirAsia Capt. Wuri Septiawan, bersama dengan Allstars Indonesia AirAsia yang disambut oleh Assistant Minister of Tourism, Culture and Environment Sabah & Datuk Joniston Bangkuai, Chairman of Sabah Tourism Board; Josie Lai, Permanent Secretary of Ministry of Tourism, Culture and Environment Sabah; Jamilah Abd Halim, Deputy Director of ASEAN Division, Tourism Malaysia; Rafail Walangitan, serta Consul General Indonesia in Sabah. 

Acara ini juga ditandai dengan pengalungan kalung tradisional khas Sabah kepada pilot dan awak kabin yang bertugas.

3 dari 3 halaman

Optimistis

Wuri merinci, Indonesia AirAsia di 2024 akan mengoperasikan 32 pesawat dan meluncurkan rute internasional Maladewa, China, India, Hong Kong, Brunei Darussalam, Malaysia, hingga Filipina. 

Ia pun optimistis, Indonesia AirAsia dapat meningkatkan jumlah penumpang yang naik 20 persen pada 2023 lalu, atau sebanyak 391.000 penumpang.

Dengan dibukanya rute baru ke Kinabalu, Wuri melihat kota tersebut merupakan destinasi dengan potensi pariwisata yang besar.

“Hal ini diharapkan dapat mempermudah akses bagi wisatawan asal Indonesia maupun Malaysia untuk saling berkunjung dan menikmati destinasi wisata unggulan di masing-masing negara, dan tentunya dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.