Sukses

Rute Jakarta-Kinabalu Dibuka Kembali, AirAsia Yakin Keterisian Tembus 80% di 2024

Penerbangan perdana Jakarta-Kota Kinabalu QZ 526 dilakukan pada Selasa 6 februari 2024 berlangsung dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI) pada pukul 15:55 waktu setempat, disambut dengan water salute.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Indonesia AirAsia resmi mengoperasikan rute Jakarta ke Kota Kinabalu, Malaysia, mulai Selasa, 6 Februari 2024. Ini merupakan rute internasional pertama Indonesia AirAsia di tahun 2024, sekaligus menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan Jakarta ke Kota Kinabalu.

Direktur Operasi Indonesia AirAsia Captain Wuri Septiawan mengungkapka, AirAsia optimistis tingkat keterisian penerbangan Jakarta-Kinabalu mampu mencapai 80 persen di 2024.

Kita yakin 80 persen bisa kita penuhi," ungkap Wuri kepada media di Bandara Internasional Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia pada Selasa (6/2/2024).

Optimisme tersebut didukung oleh capaian penerbangan internasional Indonesia AirAsia pada 2023 lalu, yang juga mencatatkan load factor sebesar 80 persen.

"Pada 2023 kita kebanyakan seluruh penerbangan 80 persen (keterisian penumpang)," bebernya.

Dari angka itu, Wuri yakin penumpang AirAsia mampu mencatat peningkatan hingga 20 persen dari yang tercatat 391.000 penumpang dari 2023.

Penerbangan Perdana

Penerbangan perdana Jakarta-Kota Kinabalu QZ 526 dilakukan pada Selasa 6 februari 2024 berlangsung dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI) pada pukul 15:55 waktu setempat, disambut dengan water salute.

Hadir dalam penerbangan itu, Direktur Operasi Indonesia AirAsia Capt. Wuri Septiawan, bersama dengan Allstars Indonesia AirAsia yang disambut oleh Assistant Minister of Tourism, Culture and Environment Sabah & Datuk Joniston Bangkuai, Chairman of Sabah Tourism Board; Josie Lai, Permanent Secretary of Ministry of Tourism, Culture and Environment Sabah; Jamilah Abd Halim, Deputy Director of ASEAN Division, Tourism Malaysia; Rafail Walangitan, serta Consul General Indonesia in Sabah. 

Acara ini juga ditandai dengan pengalungan kalung tradisional khas Sabah kepada pilot dan awak kabin yang bertugas.

“Indonesia AirAsia kembali memperluas konektivitas penerbangannya untuk rute internasional. Pembukaan rute ini juga kami lakukan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia,” tutur Wuri dalam keterangan terpisah, pada Selasa (6/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Baru bagi Ekonomi RI-Malaysia

Pembukaan rute langsung Indonesia AirAsia dari Jakarta menuju Kota Kinabalu ini diharapkan dapat turut memberikan kontribusi untuk pemerintah dalam menaikkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. 

Hal ini seiring dengan ditetapkannya target baru oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mencapai 14,3 juta wisatawan mancanegara di tahun 2024 atau naik sekitar 68 persen dari target tahun 2023 lalu yaitu sebanyak 8,5 juta wisatawan mancanegara.

Selain sektor pariwisata, ekspor dan impor kedua negara juga diharapkan meningkat. 

Menurut Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Malaysia merupakan negara tujuan ekspor ke-5 dan asal impor ke-4 bagi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.