Sukses

Debat Capres 2024, Anies Janji Angkat 700 Ribu Guru Honorer

Capres Anies Baswedan menuturkan, untuk mendukung pendidik dibutuhkan tanggung jawab untuk mensejahterakan tenaga pendidik sehingga dapat konsentrasi mendidik anak bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan sejumlah janji untuk mendukung kesejahteraan tenaga pendidik, salah satunya berjanji angkat 700 ribu guru honorer.

Anies menuturkan, pendidik adalah kunci untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mendukung pendidik tersebut dibutuhkan tanggung jawab untuk mensejahterakan tenaga pendidik sehingga dapat konsentrasi mendidik anak bangsa.

"Apakah tenaga pendidikan di tempat Anda bertanggung jawab sudah mendapatkan penghasilan yang adil dan setara,” ujar Anies, saat debat capres-cawapres 2024, Minggu (4/2/2024).

Ia menuturkan, ada sejumlah masalah yang dihadapi oleh tenaga pendidik. Saat ini ribuan guru honorer banyak yang belum diangkat menjadi guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Ada 1,6 juta guru belum tersertifikasi, beban administrasi, itu bisa diselesaikan dengan prinsip tadi kita harus bertanggung jawab atas kesejahteraan tenaga pendidik kita,” kata Anies Baswedan.

Anies menyampaikan sejumlah program untuk mengatasi masalah itu antara lain mempercepat sertifikat guru hingga mengangkat 700 ribu guru honorer.

“Jadi program yang harus kita kerjakan, percepatan sertifikasi guru, pengangkatan 700 ribu guru honorer menjadi guru PPPK, pemberian beasiswa untuk anak guru dan anak dosen, anak tenaga pendidikan, jangan sampai mereka ini didik ratusan anak tetapi anaknya tidak selesaikan pendidikan sampai tuntas,” kata dia.

Selain itu, Anies berjanji memberikan penghargaan bagi dosen dan peneliti yang berbasis pada kinerja. “Tak kalah penting adalah mengurangi beban administrasi. Dosen beban administrasi itu luar biasa besar. Dosen itu mengajar, meneliti, jangan dibebankan dengan administrasi terlalu besar,” kata dia.

“Prinsipnya adalah nilai yang dipegang, dan turun teknisnya, yang saya sampaikan, bebaskan dari beban-beban yang tak perlu,” ujar Anies.

Debat calon presiden (Capres)-calon wakil presiden (cawapres) kelima digelar pada Minggu, 4 Februari 2024. Debat capres ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WIB-21.30 WIB.

Pada debat capres ini, capres nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan memaparkan visi sesuai dengan tema pada debat capres pada akhir pekan ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat capres 2024 antara lain Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini