Sukses

Telkom Group Hadirkan Indibiz Finance yang Jadi One Stop Solution untuk Lembaga Keuangan Mikro

Telkom Indonesia resmi meluncurkan Indibiz sebagai ekosistem solusi digital dalam berbagai bidang yang menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, seperti Indibiz Education, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, dan Indibiz Finance.

Liputan6.com, Denpasar Setiap pelaku usaha pasti memiliki strategi untuk mengembangkan bahkan mempertahankan bisnis, agar dapat bersaing di era persaingan bisnis global, tidak terkecuali lembaga keuangan. Berkaitan dengan hal tersebut, Manager Business Service Telkom Witel Denpasar, Diah Ayu Trismiati mengatakan perlu ada inovasi yang dikembangkan. 

"Transformasi digital menuntut pelaku usaha untuk terus menggeber inovasi dan digital yang terbaru guna mendukung para pelanggan atau nasabah, sejalan dengan perilaku nasabah yang mulai berubah ke era yang serba digital," kata Diah Ayu Trismiati dalam rilisnya, Rabu (31/1).

Terkait kebutuhan tersebut, Telkom Indonesia resmi meluncurkan Indibiz sebagai ekosistem solusi digital dalam berbagai bidang. Dia mengatakan bahwa Indibiz menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena hadir dengan berbagai layanan seperti Indibiz Education, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, dan Indibiz Finance.

Umbrella brand Indibiz mempunyai tagline Ciptakan Peluang Wujudkan Harapan dengan positioning sebagai Solusi Digital Dunia Usaha Indonesia. Khusus untuk segmen jasa keuangan misalnya, Indibiz Finance hadir sebagai bentuk dukungan yang ditujukan bagi bank, koperasi, atau lembaga keuangan lain dalam memaksimalkan digitalisasi pada proses operasionalnya. 

Indibiz Finance terbagi dalam 3 domain layanan, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service. Digital connectivity Indibiz Finance mencakup layanan high speed internet yang merupakan layanan broadband internet khusus untuk pelanggan business-enterprise dengan SLG yang tinggi, speed hingga 500 Mbps, dan upstream dan downstream ratio 1:1.

Layanan tersebut dilengkapi dashboard monitoring jaringan bernama Netmonk yang memungkinkan penggunaan satu dashboard yang terintegrasi dan dapat dimanfaatkan dalam memantau jaringan serta server yang digunakan bank dan lembaga keuangan untuk menjalani operasional.

Selanjutnya, domain Digital platform dan service yang ada di Indibiz Finance mencakup layanan bernama SATU Core Banking System yang merupakan sistem inti Perbankan yang mampu memproses transaksi secara online real-time, termasuk Tabungan, Deposito, Pinjaman, Laporan operasional keuangan, dan sebagainya. 

SATU Core Banking yang juga menyediakan kemampuan untuk kebutuhan perbankan seperti SMS Banking dan ATM Network Integration serta Mobile EDC, yang mudah dan juga fleksibel bagi nasabah.

Terkait kegiatan Customer Relationship Management (CRM), Indibiz Finance memiliki solusi komunikasi omni channel yang terintegrasi di layanan OCA (Omni Channel Assistant) mencakup SMS, Email, Whatsapp, dan Sosial Media channel. Indibiz Finance juga mencakup layanan customer care 24 jam dan mampu menambahkan fee based income sehingga bisa tercatat tanpa kendala.

Dengan seluruh kapabilitas ini, Indibiz Finance bisa memenuhi kebutuhan digitalisasi mikro banking dan lembaga keuangan secara end to end. Solusi ini diharapkan dapat mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia sehingga ekonomi Indonesia semakin maju untuk ke depannya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjaga silaturahmi serta meningkatkan sinergi dan kerja sama antara sesama pelaku industri financial technology untuk mempercepat digitalisasi Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini