Sukses

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Buruh Kehilangan Sosok Pejuang Sejati

Rizal Ramli meninggal dunia. Rizal Ramli merupakan Ekonom sekaligus Mantan menteri di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur),

Liputan6.com, Jakarta Rizal Ramli meninggal dunia. Rizal Ramli merupakan Ekonom sekaligus Mantan menteri di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), 

Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, serta Menteri Keuangan ini menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Rizal Ramli meninggal di usianya yang ke-69 tahun pada Selasa (2/1/2024) ini.

Kabar tersebut dibebarkan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Tofa Lemon.

 

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah berpulang, bapak Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di RSCM," ujar Tofa.

Banyak pihak menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Rizal Ramli, salah satunya dari kalangan buruh. Ungkapan duka cita dan belasungkawa diungkapkan Presiden KSPI Said Iqbal. Di mata buruh, Rizal Ramli merupakan sosok pejuang sejati.

"Pejuang sejati yang tak lekang oleh hujan tak terhapus oleh panas..Negarawan sejati... Hati dan pikirannya selalu diletakan didalam hati rakyat indonesia," tutur dia.

"Seorang merah putih sejati, baik didalam maupun diluar pemerintahan..Partai Buruh berduka untuk nya.. Indonesia bersedih kehilangan putra terbaiknya," tutup Said Iqbal.

Rizal Ramli Pernah Jabat Kepala Bulog

Selain pernah menjabat sebagai menteri, Rizal Ramli juga pernah menjabat Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog). Serta dipercaya sebagai Menteri bidang kemaritiman dan sumber daya di Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Profil Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954. Ia adalah seorang mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riwayat Pekerjaan dan Pendidikan

Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya. Karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Riwayat Pekerjaan:

  • Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog)
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
  • Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional pada masa pemerintahan

Riwayat Pendidikan:

  • S-1 Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung
  • Doktor Ekonomi Boston University

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini