Sukses

Tak Ada Libur, Uji Coba Bayar Tol Tanpa Kartu MLFF di Bali Dilakukan Setiap Hari

Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Renaldi Utomo Djojohadikusumo mengungkapkan uji coba teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) di gerbang tol Ngurah Rai dilakukan setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Renaldi Utomo Djojohadikusumo mengungkapkan uji coba teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa kartu di gerbang tol Ngurah Rai dilakukan setiap hari.

“Hari ini kami, ada proses uji coba internal PUPR. Ini masih tahap awal yang sama-sama kita sepakati sama PUPR untuk benar-benar mencapai hasil yang maksimal,” jelas Renaldi kepada wartawan di hotel Nusa Dua Beach, Bali, dikutip Sabtu (16/12/2023).

Renaldi menambahkan karena masih pada tahap awal, maka masih banyak yang perlu ditingkatkan dari sistem MLFF itu sendiri. Uji coba awal ini juga masih terbatas untuk beberapa kendaraan. Dia turut menuturkan, pihaknya sangat bersyukur bisa diberi kesempatan melakukan uji coba teknologi MLFF di tol Bali. 

Uji coba ini merupakan wilayah dan kewenangan Kementerian PUPR yang memiliki implikasi hukum, sehingga semua informasi yang disampaikan ke publik akan disampaikan oleh Kementerian PUPR dan BPJT sebagai pemegang otoritas.

“Perlu kami sampaikan uji coba MLFF skala kecil dan terbatas di Tol Mandara Bali ini dalam rangka memenuhi apa yang disampaikan Kementerian PUPR agar uji coba diadakan pada Desember 2023,” 

Tahap Uji Coba Masih Gunakan Gerbang 

Dalam tahap uji coba ini, Renaldi menjelaskan Roatex masih fokus pada segi teknis dari teknologi MLFF. Teknologi MLFF ini sudah diterapkan di luar negeri dan tidak menggunakan palang atau barier, tetapi di Indonesia selama tahap uji coba tetap menggunakan palang. 

“Di luar negeri yang sudah menjalankan sistem ini tidak ada gerbang (tol), karena ini Indonesia kita mendengarkan banyak nasihat kita juga mendengarkan anjuran pemerintah jadi masih menggunakan palang,” jelas Renaldi. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tambahan Development

Karena masih menggunakan palang, menurut Renaldi ini menjadi suatu tambahan development di sistem MLFF yang saat ini sedang diuji. Adapun Untuk sistem MLFF sendiri, Roatex sudah siap, tetapi karena ada tambahan transisi menggunakan barier jadi harus diuji coba.

Dalam proses uji coba tahap awal ini, Renaldi mengungkapkan merasa terhormat karena pihak pemilik badan usaha jalan tol juga membantu. 

“Ini kan kerja sama bareng-bareng, toh juga hasilnya buat bangsa Indonesia,” pungkas Renaldi. 

3 dari 4 halaman

Sistem Bayar Tol Tanpa Kartu MLFF Masih Pakai Gerbang, Ini Penjelasan Roatex

Sebelumnya, Indonesia mulai mencoba teknologi jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa kartu di Tol Bali-Mandara pada Jumat, 15 Desember 2023.

Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Renaldi Utomo Djojohadikusumo menjelaskan sistem penerapan MLFF agak berbeda di banding negara lain. 

“Di luar negeri yang sudah menjalankan sistem ini tidak ada gerbang, karena ini Indonesia kita mendengarkan banyak nasihat kita juga mendengarkan anjuran pemerintah jadi masih menggunakan palang,” kata Renaldi kepada wartawan di Nusa Dua Beach, Bali, Jumat (15/12/2023).

Karena masih menggunakan palang, menurut Renaldi ini menjadi suatu tambahan development di sistem MLFF yang saat ini sedang diuji. Adapun Untuk sistem MLFF sendiri, Roatex sudah siap, tetapi karena ada tambahan transisi menggunakan palang jadi harus diuji coba.

Penggunaan palang dalam tahap uji coba juga dilakukan Roatex untuk meminimalisir risiko loss. Karena dalam teknologi MLFF masih ada potensi loss. 

“Kami yakin kenapa pemerintah sekarang dimulainya dengan menggunakan barier sebagai salah satu solusi menghindari loss. Untuk jangka panjang kuncinya masyarakat harus mendaftar, masyarakat harus mendapat kesempatan mencoba MLFF,” jelas Renaldi.

Adapun Renaldi masih belum bisa mengumumkan kapan sepenuhnya teknologi MLFF dapat digunakan oleh semua masyarakat di Indonesia. Karena sejauh ini, MLFF masih melakukan uji coba tahap pertama.

“Ini belum final, kita masih proses jadi masih banyak yang harus dikaji, masih banyak yang harus diselaraskan,” pungkas Renaldi.    

4 dari 4 halaman

Uji Coba Bayar Tol Tanpa Kartu MLFF Bali Disebut Gagal, PT RITS Buka Suara

Koalisi Masyarakat Peduli Tol Indonesia (KAMTI) menjelaskan uji coba sistem MLFF yang diakses melalui aplikasi Cantas gagal beroperasi maksimal. Hal ini terjadi karena banyak kendaraan yang tertimpa oleh palang tol, karena sistem dinilai masih tidak sinkron.

Dilansir dari siaran pers KAMTI, Jumat, 15 Desember 2023, dalam video uji coba terlihat beberapa kendaraan yang tertimpa palang. Koordinator Presidium KAMTI, Sahrul RM meminta Menteri PUPR dan pemangku kepentingan mengevaluasi proyek bayar tol tanpa kartu ini.

“Hal ini memperkuat alasan KAMTI agar Menteri PUPR dan Pemangku kepentingan untuk segera mengevaluasi dan menghentikan proyek MLLF dari Hungaria ini. Jangan membohongi masyarakat dengan teknologi yang belum siap dan gagal,” kata Sahrul dalam siaran pers. 

Menanggapi hal ini, Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Renaldi Utomo Djojohadikusumo mengatakan terkait beredarnya video uji coba yang disebarkan pihak pihak tertentu, saat ini MLFF masih dalam tahap uji coba internal PUPR.

“Kami ingin menyampaikan sekali lagi bahwa uji coba yang dilaksanakan hari ini masih merupakan uji coba internal PUPR yang masih tahap awal dan akan terus dilakukan penyempurnaan ke depannya,” kata Renaldi dalam keterangan tertulis, yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/12/2023).

Renaldi juga menjelaskan, PT Roatex Indonesia Toll System merupakan bagian dari kontrak Kerjasama Pemerintah Badan Usaha, dimana Kementerian PUPR memiliki kewenangan yang besar terkait penjelasan ke publik

Adapun uji coba ini, menurut Renaldi merupakan wilayah dan kewenangan Kementerian PUPR yang memiliki implikasi hukum, sehingga semua informasi yang disampaikan ke publik akan disampaikan oleh Kementerian PUPR dan BPJT sebagai pemegang otoritas.

“Perlu kami sampaikan uji coba MLFF skala kecil dan terbatas di Tol Bali Mandara ini dalam rangka memenuhi apa yang disampaikan Kementerian PUPR agar uji coba diadakan pada bulan Desember 2023,” jelas Renaldi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini