Sukses

Kemenhub Kaji Rute LRT Jabodebek Sampai Bogor, Kapan Dibangun?

Kemenhub masih akan mengkaji kelanjutan proyek LRT Jabodebek agar tembus ke Kota Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan masih akan mengkaji kelanjutan proyek LRT Jabodebek agar tembus ke Kota Bogor, Jawa Barat. Sejumlah aspek studi pun tengah disusun.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal mengatakan kalau rencana kelanjutan pembangunan itu sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 Tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

"Sama itu juga kita studikan ya, karena itu kan masih menindaklanjuti Perpres-nya ya, untuk di pembangunan itu," kata dia di Stasiun LRT Jabodebek Halim, Jakarta, Kamis (17/12/2023).

Jalur yang Dilalui

Risal mengatakan, salah satu yang jadi perhatian kajian adalah soal trase atau jalur yang akan dilalui LRT Jabodebek menuju Kota Bogor.

"Tetap kita studi trasenya ke arah mana Bogor-nya," ungkapnya.

Awalnya, ada 3 opsi lokasi stasiun LRT Jabodebek di Bogor. Yakni, kawasan Baranangsiang, dekat Terminal Bus di Kota Bogor, lalu, di kawasan Ciawi, dan kawasan Tanah Baru. Dia menyebut, jalurnya nanti kemungkinan akan berada di sisi jalan Tol Jakarta Bogor Ciawi (Jagorawi).

"Ada (rencana) yang ke Baranangsiang kan, ada juga usulannya sampai ke Ciawi, ada juga ke Tanah Baru dulu awalnya. Tapi terakhir sih ke Baranangsiang lagi informasinya," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lintas Pelayanan LRT Jabodebek

Sebagai informasi, mengutip data Kemenhub ada 6 tahap lintas pelayanan LRT Jabodebek. Saat ini baru beroperasi sebanyak 3 lintasan.

Rinciannya, lintasan 1 meliputi rute Cawang-Harjamukti, lintasan 2 meliputi rute Cawang-Dukuh Atas, dan lintasa 3 meliputi rute Cawang-Jatimulya.

Kemudian, tahap lintasan 4-6 belum dibangun. Rinciannya, lintasan meliputi rute Dukuh Atas-Senayan, lintasan 5 meliputi rute Harjamukti-Bogor Raya, dan lintasan 6 meliputi rute Dukuh Atas-Grogol.

Untuk rute ke Kota Bogor sendiri rencananya akan melayani sekitar 4 stasiun. Yakni, stasiun Cibinong, Sentul, Sentul City, dan berakhir di Bogor Raya.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Minta LRT Jabodebek Segera Tembus Bogor

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas integrasi moda transportasi publik di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/9/2023). Jokowi meminta agar studi pembangunan moda transportasi LRT (Light Rail Transit) rute Bogor segera dilakukan.

"Saya minta juga segera di studi pembangunan LRT hingga ke kita Bogor. Karena kalau kita lihat LRT yang sekarang sudah penuh terus," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Studi Lainnya

Selain itu, dia meminta agar studi pembangunan jalur LRT Kelapa Gading menuju Manggarai juga dilakukan. Jokowi ingin jangkauan tranportasi massal ini semakin luas sehingga memudahkan masyarakat.

"Juga pembangunan jalur LRT Kelapa Gading menuju Manggarai agar cakupan dan jangkauan tranportasi massal ini semakin meluas," ujarnya.

Jokowi juga memerintahkan jajaran menterinya memastikan agar moda transportasi publik ramah terhadap pengguna yang lanjut usia, penyandang disabilitas, hingga ibu hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini