Sukses

PT KAI Tambah 34 KA Untuk Nataru, Simak Daftar Rutenya

PT KAI mengatakan, pihaknya menambah 311.856 tempat duduk KA Jarak Jauh.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa pihaknya akan mengoperasikan 34 KA Tambahan pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Melansir laman resmi PT KAI, Kamis (30/11/2023) Tiket KA tambahan ini sudah dapat dipesan sejak Rabu, 29 November 2023 melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh platform penjualan online resmi lainnya.

Untuk loket di stasiun, hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, total KAI menambah 311.856 tempat duduk KA Jarak Jauh.

KA-KA tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Malang pp, Bandung - Solo pp, dan lainnya.

"KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru. Hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Joni.

Berikut adalah sederet rute yang masuk daftar KA Tambahan untuk Periode Natal dan Tahun Baru 2023-2024.

- Rute KA keberangkatan tanggal 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024:

Manahan (Gambir – Solo Balapan pp)

Malioboro Ekspres (Purwokerto – Malang pp)

Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp)

Kaligung (Tegal – Semarang Poncol pp)

Taksaka Tambahan (Gambir – Yogyakarta pp)

Gajayana Tambahan (Gambir – Malang pp)

Sembrani Tambahan (Gambir – Surabaya Pasarturi pp)

Lodaya Tambahan (Bandung – Solo Balapan pp)

Brantas Tambahan (Pasar Senen – Blitar pp)

Kertajaya Tambahan (Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp)

Tambahan Kiaracondong – Surabaya Gubeng

Tambahan Surabaya Gubeng – Kiaracondong

Kutojaya Utara Tambahan (Pasarsenen – Kutoarjo pp).

- Rute KA keberangkatan tanggal 24 s.d 26, dan 31 Desember 2023, serta 1 dan 7 Januari 2024:

Argo Cheribon (Gambir – Cirebon pp)

Argo Parahyangan Tambahan (Gambir – Bandung pp).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada 3.888 Perjalanan, Tiket KA Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dibeli Sekarang

PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI telah memulai penjualan tiket kereta api jarak jauh untuk periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Total ada 3.888 perjalanan yang tersedia untuk periode tersebut.

VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan, calon penumpang sudah bisa membeli tiket KA Jarak Jauh sejak 6 November 2023. Adapun, periode Angkutan Natal dan Tahun Baru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan kereta api pada 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

"Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya," kata dia dalam keterangannya, Selasa (7/11/2023).

"Kami mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," sambung Joni.

Saat ini, masyarakat sudah dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler yang telah tersedia di seluruh channel pembelian tiket KA mulai H-45.

Pada masa Angkutan Nataru, terdapat 3.888 perjalanan KA Jarak Jauh reguler dengan 2,2 juta tempat duduk. Sedangkan untuk KA Lokal reguler pada Angkutan Nataru ini, KAI menyiapkan 1.296 KA, dengan sekitar 521 ribu tempat duduk.

Sementara untuk pengoperasian kereta api tambahan pada masa Angkutan Nataru ini, KAI akan menginfokan lebih lanjut .

3 dari 4 halaman

Acuan Harga Tiket

Tarif tiket kereta api komersial di masa Nataru, tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA). Dimana tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO) tarifnya tetap sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

"KAI berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman," tutup Joni.

4 dari 4 halaman

Wanti-wanti KAI

Sering kali saat naik kereta api, ditemukan penumpang dengan pemilik kursi dobel. Hal itu terjadi lantaran ada penumpang yang tidak membeli tiket sesuai dengan tujuan akhirnya.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun mengingatkan kembali untuk tidak berbuat curang saat naik kereta api melalu sebuah konten edukasi. "Kami sering menemukan orang yang melebihi tujuan yang tertera di tiket, epic banget kan? tanya seorang pria yang berperan sebagai konduktor di kereta api, dari video Reels Instagram yang diunggah Jumat (27/10/2023).

"Oh yang beli tiket pakai tarif khusus Surabaya-Madiun, tapi diem-diem lanjut sampai Solo itu ya kak," balas perempuan disebelah kondektur.

"Modusnya sih pindah ke kereta makan atau ngumpet di toilet kali ya?" tambah wanita di sebelahnya lagi.

"Oh jadi ini yang suka bikin kasus double seat di kereta?" sambung temannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.