Sukses

549 Ribu Tiket KA Libur Natal dan Tahun Baru Ludes Terjual

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau OT KAI mencatat sudah lebih dari 500 ribu tiket KA Jarak Jauh periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) sudah terjual. Jumlah tiket KA Jarak Jauh yang sudah terjual ini diprediksi masih terus bertambah.

VP Public Relation PT KAI Joni Martinus menyampaikan sebanyak 549.612 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 24 persen dari tiket yang disediakan yakni 2.334.340 tiket. KAI sendiri melayani Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024. 

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia," ungkap dia dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

Kemudian, ada perjalanan KA Jarak Jauh yang menjadi favorit Angkutan Nataru sejauh ini. Diantaranya KA Bengawan relasi Pasarsenen – Purwosari pp, KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp.

Lalu, KA Serayu relasi Pasarsenen – Purwokerto pp, KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar pp, KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang pp, dan lainnya.

Perlu diketahui, tiket Kereta Api untuk masa libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 sudah tersedia sejak 6 November 2023 lalu.

Tiket KA yang tersedia adalah untuk keberangkatan pada 21 Desember 2023 s/d. 7 Januari 2024. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghimbau, calon penumpang untuk memperhatikan beberapa hal sebelum membeli tiket KA.

Sebagai informasi, tiket KA dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh platform resmi pemesanan tiketkereta api lainnya dan sudah dibuka H-45 sebelum jadwal keberangkatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambah 34 KA Jarak Jauh

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah 34 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) pada perjode Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Upaya ini setara dengan tambahan 311.856 tempat duduk.

VP Public Relation KAI Joni Martinus menyampaikan KA tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Malang pp, Bandung - Solo pp, dan lainnya.

“KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru," kata Joni dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

Informasi, tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Rabu, 29 November 2023 pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

"Hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” urai Joni.

3 dari 3 halaman

Berikut Daftar KA-KA Tambahan untuk Periode Natal dan Tahun Baru:

KA tambahqn untuk keberangkatan 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024 dianyataranya; Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), Malioboro Ekspres (Purwokerto – Malang pp), Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp), Kaligung (Tegal – Semarang Poncol pp), Taksaka Tambahan (Gambir – Yogyakarta pp).

Lalu, Gajayana Tambahan (Gambir – Malang pp), Sembrani Tambahan (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), Lodaya Tambahan (Bandung – Solo Balapan pp), Brantas Tambahan (Pasar Senen – Blitar pp), Kertajaya Tambahan (Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp), Tambahan Kiaracondong – Surabaya Gubeng, Tambahan Surabaya Gubeng – Kiaracondong, dan Kutojaya Utara Tambahan (Pasarsenen – Kutoarjo pp).

Sementara itu, untuk KA tambahan keberangkatan 24-26, dan 31 Desember 2023, serta 1 dan 7 Januari 2024, diantaranya Argo Cheribon (Gambir – Cirebon pp) dan Argo Parahyangan Tambahan (Gambir – Bandung pp).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.