Sukses

Skill Ini Sering Dicari Perusahaan dengan Gaji Fantastis, Apa Itu?

Salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat adalah melawan kejahatan yang ada di di internet.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat adalah melawan kejahatan yang ada di di internet. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih ke dunia online, serangan siber pun meningkat secara drastis. FBI telah melihat peningkatan 300% dalam laporan kejahatan dunia maya sejak awal pandemi Covid-19.

Seiring dengan meningkatnya ancaman serangan siber, permintaan akan pakar keamanan siber atau cybersecurity juga ikut meningkat.

Faktanya, Biro Statistik Tenaga Kerja memproyeksikan bahwa jumlah pekerjaan di bidang keamanan siber akan tumbuh sebesar 32% pada dekade berikutnya. Angka itu meningkat jauh lebih cepat dibandingkan rata-rata pekerjaan secara keseluruhan.

“Terdapat hampir 600.000 lowongan pekerjaan di bidang keamanan siber yang belum terisi di Amerika Serikat saat ini, dan sekitar 3,5 juta lowongan pekerjaan yang masih terbuka secara global,” kata Lisa Gevelber, chief marketing officer Google untuk wilayah Amerika, mengutip penelitian terbaru dari Cybersecurity Ventures melalui CNBC Make It.

“Keamanan siber adalah salah satu pekerjaan yang paling “diremehkan” di luar sana,” kata Gevelber.

Gevelber menambahkan, banyak orang beranggapan bahwa bidang ini sulit untuk dimasuki karena bidang ini sangat terspesialisasi dan bersifat teknis. Namun yang tidak mereka sadari adalah bahwa kamu tidak memerlukan gelar sarjana untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi di bidang tersebut, dan begitu kamu melakukannya, keamanan kerja menjadi kuat.

“Perusahaan benar-benar kesulitan menemukan orang yang merasa nyaman bekerja di bidang keamanan siber, tetapi terdapat kebutuhan dan permintaan yang luar biasa terhadap orang-orang dengan keterampilan ini,” kata Gevelber.

Inilah salah satu alasan Gevelber mendirikan Grow with Google, sebuah inisiatif keterampilan raksasa teknologi, pada tahun 2017. Program online ini memberikan pelajaran dan sertifikasi untuk keterampilan yang dibutuhkan seperti keamanan siber dan analisis data. Sertifikat keamanan siber dapat diselesaikan hanya dalam waktu 3 bulan dan biayanya USD 49 per bulan atau sekitar 761 ribu rupiah.

Perguruan tinggi dan organisasi lain, termasuk Amazon Web Services, Columbia University, dan University of Pennsylvania, menawarkan sertifikat keamanan siber yang sebanding.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Dapatkan Pekerjaan di Bidang Cybersecurity

Sebagian besar pekerjaan keamanan siber atau cybersecurity memerlukan setidaknya ijazah sekolah menengah atas atau GED, serta penyelesaian kamp pelatihan atau pelatihan online.

Beberapa pekerjaan paling populer di bidang keamanan siber meliputi insinyur keamanan, analis keamanan siber, dan arsitek keamanan.

“Meskipun tanggung jawab sehari-hari berbeda untuk setiap peran, keterampilan intinya hampir sama,” kata Gevelber.

Profesional keamanan siber harus mampu menilai risiko, memecahkan masalah, memantau ancaman internal dan eksternal, dan bekerja dalam mengorganisasi infrastruktur IT.

Sebagai pakar keamanan siber, Gevelber menambahkan bahwa kamu juga akan bekerja sama dengan orang-orang di departemen lain. Jadi, penting untuk bisa beradaptasi dan mampu mengkomunikasikan serta menjelaskan temuan kamu secara efektif kepada orang lain.

“Memastikan keterampilan teknis dan software, atau sertifikasi apa pun yang ditempatkan di bagian depan dan di tengah resume merupakan langkah “paling penting” yang dapat kamu ambil dalam pencarian kerja keamanan siber,” kata Gevelber.

 

3 dari 3 halaman

Gaji 6 Digit dan Kebebasan Bekerja dari Rumah

“Tenaga profesional keamanan siber dibutuhkan di semua industri, tetapi ada kebutuhan yang sangat mendesak di bidang jasa keuangan, layanan kesehatan, dan pemerintahan,” kata Gevelber.

“Perusahaan seperti American Express dan Colgate-Palmolive telah merekrut langsung lulusan program sertifikat keamanan siber Google,” tambahnya.

Gaji rata-rata untuk banyak pekerjaan keamanan siber melebihi USD 100.000 atau sekitar 1,5 miliar rupiah. Menurut BLS, gaji rata-rata untuk analis keamanan siber adalah USD 112,000 atau sekitar 1,7 miliar rupiah, sedangkan gaji rata-rata untuk manajer keamanan siber adalah USD 164,070 atau 2,5 miliar rupiah.

Ada juga beberapa pekerjaan keamanan siber jarak jauh di pasaran, beberapa di antaranya memberikan gaji hingga USD 200.000 per tahun atau sekitar 3,1 miliar rupiah.

Pada akhirnya, “Keamanan siber adalah bidang yang menarik dengan banyak peluang pertumbuhan,” kata Gevelber. “Perusahaan tidak bisa mengisi pekerjaan-pekerjaan ini dengan cukup cepat.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.