Sukses

Warga India Pilih Wisata di Dalam Negeri Daripada Luar Negeri

Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini diprediksi akan menjadi negara dengan belanja perjalanan global terbesar keempat pada tahun 2030.

Liputan6.com, Jakarta India mengalami perubahan dalam aktivitas perjalanan seiring dengan kemajuan yang dibuat negara tersebut sebagai kekuatan besar di sektor pariwisata.

Booking.com dan McKinsey menemukan, minat masyarakat India untuk melakukan banyak pengeluaran saat bepergian memang meningkat, namun sebagian besar memilih bepergian di dalam negeri.

Melansir CNBC International, Selasa (21/11/2023) survey yang dilakukan Booking.com dan McKinsey menunjukkan bahwa wisatawan India melakukan 1,7 miliar perjalanan liburan pada tahun 2022 tetapi sebagian besar tidak pernah meninggalkan negaranya, dan hanya sekitar 1 persen yang bepergian ke luar negeri.

Wisatawan India diperkirakan akan melakukan 5 miliar perjalanan wisata pada tahun 2030, dan 99 persen di antaranya juga akan berada di dalam negeri.

Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini diprediksi akan menjadi negara dengan belanja perjalanan global terbesar keempat pada tahun 2030, hal ini sebagian besar disebabkan oleh pertumbuhan populasi berpendapatan menengah yang akan menyebabkan pendapatan rumah tangga meningkat sebesar USD 35.000 per tahun pada saat itu.

Selain itu, populasinya masih muda, dengan usia rata-rata 27,6 tahun.

"10 tahun lebih muda dibandingkan negara-negara dengan ekonomi besar," kata McKinsey di situs webnya.

"Terlebih lagi, konsumsi barang dan jasa, termasuk rekreasi, diperkirakan meningkat dua kali lipat pada tahun 2030," tambah perusahaan keuangan itu.

Menurut laporan Booking.com dan McKinsey, pengeluaran untuk perjalanan dan pariwisata di India diperkirakan akan mencapai USD 410 miliar, atau melonjak lebih dari 170 persen dari USD 150 miliar pada tahun 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Destinasi Wisata Domestik Terfavorit di India

Berikut adalah 10 pilihan utama bagi wisatawan domestik India yang bepergian dalam negeri, menurut Booking.com dan McKinsey:

1. New Delhi

2. Bengaluru

3. Mumbai

4. Chennai

5. Pune

6. Hyderabad

7. Gurugram

8. Jaipur

9. Kochi

10. Kolkata

3 dari 4 halaman

Besarnya Jumlah Wisatawan India Sejak 2022

Menurut laporan "How India travels 2023", sekitar 2.000 dari masyarakat India dan 42.000 wisatawan global berusia antara 18 dan 54 tahun memesan perjalanan wisata pada tahun 2022 dan berencana melakukan hal yang sama tahun ini.

New Delhi, Bengaluru, Mumbai dan Chennai mempertahankan empat posisi teratas sejak penelitian sebelumnya pada tahun 2015 — Kochi adalah satu-satunya kota baru yang masuk dalam daftar.

"Ekosistem perjalanan India sudah matang dan ada beberapa skema pemerintah yang membuat negara ini lebih terhubung dan memastikan negara ini berkembang menjadi pusat wisata," ungkap Kanika Kalra, Managing Partner di McKinsey Mumbai.

4 dari 4 halaman

Tujuan Wisata Internasional Pilihan Masyarakat India

Dari 1 persen wisatawan India yang pergi ke luar negeri, berikut adalah 10 destinasi pilihan teratas yang mereka kunjungi:

1. Dubai

2. Bangkok

3. Singapura

4. London

5. Paris

6. Kota Ho Chi Minh

7. Ubud, Bali

8. Hanoi

9. phuket

10. Kathmandu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini