Sukses

Makin Mudah, DANA Bisa Digunakan Jadi Opsi Pembayaran di Singapura

Berkat kerja sama yang ditekan oleh Bank Indonesia dengan Monetery Authority of Singapore, dompet digital DANA sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran di merchant offline atau online di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Berkat kerja sama yang ditekan oleh Bank Indonesia dengan Monetery Authority of Singapore, dompet digital DANA sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran di merchant offline atau online di Singapura.

Pasalnya, DANA menjadi salah satu penyedia jasa pembayaran nonbank pertama yang mendukung inisiatif Bank Indonesia untuk menciptakan sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable.

Kini, masyarakat Indonesia bisa menggunakan aplikasi DANA sebagai opsi pembayaran ritel ketika mereka mengunjungi Singapura untuk melakukan pembayaran di merchant Singapura melalui QR NETS. Sebaliknya, masyarakat Singapura yang mengunjungi Indonesia juga dapat melakukan pembayaran di merchant DANA melalui QRIS.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia, Vince Iswara mengungkapkan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Bank Indonesia yang terus mempercayakan DANA sebagai dompet digital pertama untuk turut serta menjadi peserta launching yang mengimplementasikan QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, yaitu Thailand, Malaysia, dan kini Singapura.

"Dalam menghadirkan pembayaran lintas negara ini, DANA telah menyiapkan keamanan berlapis dan memastikan kemudahan serta kenyamanan bertransaksi digital," ungkapnya.

"Tidak hanya itu, ekosistem terbuka yang kami miliki juga akan membuka kesempatan bagi banyak UMKM yang telah menjadi mitra kami, untuk mendapatkan perhatian wisatawan mancanegara dan meningkatkan transaksinya di kemudian hari. Misi kami dalam menyediakan pembayaran dan layanan keuangan secara digital terus diperluas aksesnya bagi seluruh Masyarakat Indonesia," jelas Vince.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi Berlapis

Dalam aspek keamanan, DANA menggunakan teknologi berlapis dan terdepan di kelasnya. Misalnya, DANA menggunakan metode pengamanan bertransaksi yang beragam mulai dari PIN, OTP, hingga autentikasi wajah yaitu DANA VIZ.

DANA juga memiliki sertifikasi keamanan global seperti sertifikasi ISO 27001:2013 yang mencakup perlindungan terhadap keamanan data pelanggan dan PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk pembayaran menggunakan kartu.

Dalam kemudahan dan kenyamanan bertransaksi digital lintas negara, DANA menghadirkan pengalaman bertransaksi digital yang paling intuitif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jaminan perlindungan pun diaplikasikan secara menyeluruh mulai dari pencegahan hingga penyelesaian.

Layanan pelanggan DANA hadir setiap saat guna memberikan solusi yang cepat untuk setiap kendala yang dialami masyarakat. Seluruh upaya tersebut merupakan wujud komitmen DANA sebagai penyedia jasa pembayaran digital yang terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berbagai upaya yang diterapkan DANA, kini ikut berimbas positif pada pertumbuhan pembayaran lintas negara di dua negara terdahulu, yaitu Thailand dan Malaysia. DANA mencatat pertumbuhan transaksi lintas negara yang signifikan yakni hingga mencapai tujuh kali lipat sejak bulan April hingga Oktober 2023.

DANA pun optimistis pertumbuhan yang berkelanjutan masih akan terus berlangsung, seiring dengan meluasnya negara-negara ASEAN yang berpartisipasi dalam pembayaran lintas negara.

3 dari 3 halaman

Dorong Keuangan Digital

Baru-baru ini, Bank Indonesia menekan kerja sama dengan Monetary Authority of Singapore untuk mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital dan meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Singapura. Kerja sama tersebut juga diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua negara, terutama memperluas akses pelaku usah kedua negara serta memajukan sektor pariwisata.

Dengan adanya kerja sama tersebut, masyarakat yang melakukan perjalanan ke Singapura dan Indonesia dapat melakukan pembayaran menggunakan QRIS atau QR Network fo Electronic Transfers Singapore (NETS) di setiap merchant offline dan online.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa interkoneksi pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Singapira akan mendorong pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM.

"Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara anggota ASEAN pada kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional (Regional Payment Connectivity/RPC) dan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, dalam mewujudkan metode pembayaran yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat," ungkapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini