Sukses

Citi Indonesia Untung Rp 1,7 Triliun di Kuartal III-2023

Citibank, N.A., Indonesia atau Citi Indonesia berhasil mencatatkan keuntungan sebesar Rp 1,7 triliun di kuartal III-2023.

Liputan6.com, Jakarta Citibank, N.A., Indonesia atau Citi Indonesia berhasil mencatatkan keuntungan sebesar Rp 1,7 triliun di kuartal III-2023. Angka ini melanjutkan tren positif yang dicatatkan perusahaan.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan laba bersih tersebut mengalami peningkatan sebesar 45 persen dari tahun sebelumnya.

"Citi Indonesia membukukan Laba Bersih sebesar Rp1,7 Triliun pada kuartal ketiga tahun 2023, meningkat sebesar 46 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini terutama disebabkan oleh meningkatnya Pendapatan Bunga Bersih di lini Institutional Banking," paparnya dalam Konferensi Pers, di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Sejalan dengan itu, total aset Citi Indonesia juga meningkat sebesar 4,8 perse secara year-on-year menjadi Rp 99 triliun, ditopang oleh kenaikan kredit, loans yang tumbuh sebesar 11,7%.

Kemudian untuk likuiditas, Rasio Kecukupan Likuiditas (LCR) dan Rasio Pendanaan Stabil Bersih (NSFR) Citi Indonesia tetap kuat masing-masing di 265 persen dan 129 persen di atas ketentuan minimum. Citi Indonesia juga memiliki modal yang kuat dengan Rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 30,5 persen.

Kredit Bermasalah

"Rasio Non-Performing Loan (NPL) gross tercatat stabil di 3 persen dan juga NPL net di sekitar 0,3 persen," kata dia.

"Kami yakin bahwa kualitas portfolio kredit tetap dalam kondisi baik melalui penerapan asas kehati-hatian dalam manajemen risiko, terutama dalam menghadapi perekonomian yang menantang," sambung Batara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lini Bisnis Citi

Batara menguraikan, pada kuartal III-2023, jumlah kredit Institutional Clients Group meningkat sebesar 14 persen dengan penyumbang terbesar berasal dari sektor agrobisnis, energi dan sumber daya alam, serta jasa.

"Global Network Banking pun terus membukukan pertumbuhan pendapatan yang kuat sebesar 16 persen di kuartal ketiga tahun 2023. Hal ini tercapai melalui beragam inisiatif, termasuk koridor Asia-ke-Asia dari klien Asia kami yang berinvestasi di Indonesia, yang mana meningkat 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan kontribusi terbesar dari klien desk China yang meningkat 27 persen dan desk Japan 22 persen," bebernya.

Selain itu, Citi Commercial Bank membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 22 persen sepanjang kuartal III-2023. Pertumbuhan tersebut terutama berasal dari klien-klien multinasional dan solusi manajemen kas. Pertumbuhan ini menjadi bukti kerangka bisnis yang kuat yang telah dibangun selama bertahun-tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.