Sukses

Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor Parah, KCIC Akui Kurang Pengujian

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara terkait video viral yang menampilkan Stasiun Kereta Cepat Halim Jakarta Timur bocor usai diguyur hujan lebat pada Sabtu (4/11) kemarin

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara terkait video viral yang menampilkan Stasiun Kereta Cepat Halim Jakarta Timur bocor usai diguyur hujan lebat pada Sabtu (4/11) kemarin. Dalam video yang beredar, tampak limpahan air mengalir dengan volume begitu deras di Stasiun Kereta Cepat Halim.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, Eva mengatakan, kebocoran terjadi akibat pembangunan atap stasiun Kereta Cepat Halim yang dilakukan pada saat musim kemarau. Sehingga, pengujian saluran air belum dapat dilakukan saat debit air yang tinggi karena intensitas hujan tinggi. 

"KCIC bersama kontraktor juga akan menyisir dan mengidentifikasi titik-titik lainnya di seluruh stasiun untuk mengantisipasi kejadian serupa," ujar Eva dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (5/11/2023).

Tak Ganggu Pelayanan

Eva menyebut, limpahan air berasal dari saluran air yang tidak mampu menahan debit air karena intensitas hujan yang sangat tinggi.Namun, kondisi tersebut tidak menganggu area pelayanan khususnya bagian dalam Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim. 

Eva memastikan, seluruh alur penumpang tetap berjalan normal tanpa kendala. Operasional Kereta Cepat Whoosh juga tidak terdampak kejadian tersebut. 

"Kondisi tersebut juga tidak menganggu pelayanan karena masih ada area lain yang dapat dilalui penumpang untuk menuju area lobby drop off dan pick up," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langsung Perbaikan

Sebagai langkah cepat, pada saat kejadian, KCIC telah berkoordinasi langsung dengan WIKA sebagai kontraktor pembangunan Stasiun Kereta Cepat untuk segera melakukan investigasi dan perbaikan area yang terdampak demi kenyamanan penumpang. 

"Pada Minggu (5/11) pagi ini, kondisi cuaca cerah dan pelayanan di Stasiun Kereta Cepat Halim juga berlangsung normal. Pihak Wika Konstruksi juga sudah mulai melakukan perbaikan pada saluran air sisi luar stasiun yang terdampak hujan lebat kemarin dan diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat,"  ungkap Eva.

Terkait, sejumlah gambar lainnya yang beredar di sosial media yang menampilkan kondisi plafon stasiun bagian dalam mengalami kebocoran. Eva memastikan lokasi visual tersebut bukan di Stasiun Kereta Cepat Halim.

"KCIC memohon maaf jika ada ketidaknyamanan yang terjadi karena hujan lebat di sekitar area Stasiun Halim," pungkas Eva.

 

3 dari 3 halaman

Viral

Sebelumnya, limpahan air akibat kebocoran atap di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur menjadi viral di platform X (Twitter). Cuplikan video tersebut dibagikan akun @txtdr***

"Edisi bocor era," tulis akun @txtdr*** yang menuai ribuan komentar warganet.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini