Sukses

Agus Subiyanto Bakal Dilantik Jadi KSAD Gantikan Dudung Abdurachman, Kekayaannya Capai Rp 19,3 Miliar

Letjen Agus Subiyanto dikabarkan bakal dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman

Liputan6.com, Jakarta Letjen Agus Subiyanto dikabarkan bakal dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman.

Dudung Abdurachmandiketahui akan pensiun pada 19 November 2023 mendatang. Kabar tersebut dibernarkan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Terkait pergantian KSAD, Komisi I berharap Agus sebagai KSAD baru bisa menjaga kondusivitas jelang Pemilu.

Sebelumnya, Agus Subiyanto menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Lantas berapa harta kekayaan yang dimiliki Agus Subiyanto? Mengutip dari e-LHKPN KPK, Agus memiliki total kekayaan Rp 19,3 miliar.

Harta Agus paling banyak disumbang dari aset yang berupa tanah dan bangunan sebanyak 11 yang tersebar di berbagai kota. Total aset tanah dan bangunannya mencapai Rp 16 miliar.

Tanah dan bangunan paling mahal milik Agus Subiyanto berada di kota Bandung dengan nilai Rp 3,3 miliar seluas 2 hektare.

Tak Punya Utang

Tidak hanya aset tanah dan bangunan, Agus Subiyanto tercatat hanya memiliki satu alat transportasu dan mesin, yaitu mobil Nissan Tahun 2011 senilai Rp 70 juta yang merupakan hasil sendiri.

Kekayaan Agus lainnya disumbang dari harta bergerak lainnya sebesar Rp 1,5 miliar dan kas dan setara kas Rp 1,6 miliar. Agus tercatat juga tak memiliki utang.

Adapun laporan harta kekayaan Agus Subiyanto ini disampaikan Maret 2023 untuk tahun periodik 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilantik Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Letjen Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Dudung diketahui akan pensiun pada 19 November 2023 mendatang. Kabar tersebut dibernarkan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

"Kabarnya demikian (Agus). Kita tunggu esok ya," kata Meutya kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Menurut Meutya, pelantikan KSAD dilakukan besok di Istana. "Direncanakan demikian tapi kita tunggu dulu ya kepastiannya," kata Meutya.

Terkait pergantian KSAD, Komisi I berharap Agus sebagai KSAD baru bisa menjaga kondusivitas jelang Pemilu.

"Profesional dan mampu menjaga kondusivitas situasi jelang Pemilu dan pasca," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pekan ini. Namun, Jokowi tak mengungkapkan tanggal pasti reshuffle akan dilakukan.

"Mungkin minggu ini (reshuffle). (Hari) baru disiapkan," kata Jokowi di Plataran Hutan Kota Senayan Jakarta, Selasa (24/10/2023).

3 dari 3 halaman

Jokowi Akan Reshuffle

Jokowi menyebut dirinya akan melantik Menteri Pertanian definitif. Pos kementerian tersebut memang kosong pasca Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri karena tersangkut kasus korupsi.

"Menteri Pertanian," ucapnya saat ditanya pos kementerian yang akan diisi.

Saat ini, Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjadi Plt Menteri Pertanian.

Saat ditanya apakah Partai Demokrat akan masuk kabinet, Jokowi hanya mengangguk.

Hanya saja, Jokowi memang melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka Jakarta, Senin 23 Oktober 2023. Pertemuan dilakukan secara tertutup.

"Ya biasa ya pertemuan silahturahmi berbicara hal-hal yang biasa saja. Kita bicarakan ketemu dengan partai," jelas Jokowi saat ditanya awak media soal pertemuan dengan AHY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini