Sukses

Cara Daftar Kartu Pekerja 2023 Secara Online, Klik Link prakerja.go.id

Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 61 telah dibuka pada Jumat, 22 September 2023. Pengumuman tersebut disampaikan di akun media sosial instagram resmi @prakerja.go.id. Bagi Anda yang belum mendapatkan kesempatan dari gelombang I, mungkin kali ini dapat menjadi kesempatan. Begini syarat dan cara daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 61 telah dibuka pada Jumat, 22 September 2023. Pengumuman tersebut disampaikan di akun media sosial instagram resmi @prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja bertujuan mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja serta mengembangkan kewirausahaan, demikian mengutip dari laman prakerja.go.id.

Selain itu, saat mengikuti program Kartu Prakerja ini juga mendapatkan insentif yang hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama, mengisi rating dan ulasan pelatihan pertama dan telah menyambungkan rekening bank atau e-money.

Besaran insentif yang akan didapatkan sekitar Rp 4,2 juta. Rinciannya antara lain biaya pelatihan Rp 3,5 juta. Adapun insentif yang diberikan setelah pelatihan sebesar Rp 600 ribu dan insentif pengisian survei Rp 50.000 yang disebutkan sebanyak dua kali.

Bagi Anda yang belum mendapatkan kesempatan dari gelombang I, mungkin kali ini dapat menjadi kesempatan. Begini syarat dan cara daftar Kartu Prakerja.

Syarat Pendaftaran

Sebelum mendaftar, dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com, Anda harus mengetahui terlebih dahulu syarat untuk mendaftar kartu Prakerja seperti dikutip dari laman prakerja.go.id:

  • WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima kartu prakerja

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Secara Online

Dikutip dari laman prakerja.go.id, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar kartu prakerja 2023 secara online:

  • Buka laman http://www.prakerja.go.id
  • Pilih menu “Daftar” yang berada di pojok kanan atas layar jika belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun, pilih “Masuk” menggunakan email dan password.
  • Daftarkan dan isi data diri, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi.

Lengkapi data diri kamu. Pastikan data yang kamu masukkan sudah sesuai. Saat kamu memasukkan alamat sesuai KTP, pastikan alamat yang kamu masukkan sudah sama persis dengan kolom 'Alamat' di KTP. 

Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung yang kamu masukkan sudah sesuai. Jika data tidak sesuai, kamu dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id, atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

  • Masukkan foto KTP

Untuk dapat melanjutkan ke verifikasi foto e-KTP, kamu harus mengambil foto dari handphone kamu. Jika kamu mengakses dengan komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser HP. 

Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP kamu berjalan lancar.

  • Verifikasi scan (pindai) wajah

Langkah berikutnya adalah verifikasi dengan cara scan (pindai) wajah sambil berkedip. Klik Scan Wajah, lalu ikuti arahan agar verifikasi berjalan lancar. Pastikan kamu mengatur bagian wajah agar sesuai dengan area yang disediakan dan mengedipkan mata.

Ikuti petunjuk untuk mengedipkan mata saat verifikasi wajah. Pastikan kamu mengikuti panduan ini:

Pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup, tidak buram dan tidak gelap, pastikan verifikasi wajah dengan posisi lurus atau tidak miring, pastikan area wajah terlihat jelas tanpa menggunakan aksesoris (kacamata, masker dan sebagainya), kedipkan mata untuk verifikasi wajahVerifikasi wajah yang diambil tidak perlu disertai KTP.

  • Verifikasi nomor HP aktif

Selanjutnya, kamu harus melakukan verifikasi nomor handphone. Masukkan 6 (enam) digit kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor HP kamu. Klik Kirim OTP.

Jika kamu telah salah memasukkan OTP lebih dari 3 (tiga) kali, maka kamu harus menunggu dan mencoba kembali setelah 24 (dua puluh empat) jam untuk mengirimkan ulang OTP yang benar.

 

3 dari 3 halaman

Ikuti Tes Kemampuan Dasar

  • Selanjutnya, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Tes kemampuan dasar ini merupakan tes prasyarat untuk menerima kartu Prakerja. Tes yang diuji berupa penalaran verbal dan penalaran kuantitatif, dengan durasi pengerjaan maksimal 40 menit.

  • Jika gelombang pendaftaran telah dibuka, klik “Gabung Gelombang”.

Pilih Gelombang yang tersedia di dashboard sesuai dengan alamat KTP kamu, lalu klik Gabung Gelombang. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang kamu.Bila sudah sesuai, klik Gabung. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Kamu harus klik Saya Menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

  • Tahap pendaftaran kamu selesai! Tunggu konfirmasi selanjutnya atau pengumuman kelulusan setelah pihak penyelenggara selesai melakukan evaluasi.

Bagi peserta yang lolos seleksi, akan mendapatkan nomor kartu prakerja dan saldo pada dashboard akun.

Mereka yang lulus harus memilih pelatihan sesuai minat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.