Sukses

Ada Perubahan Jadwal, Pengumuman Seleksi CPNS 2023 Mulai 19 September 2023

Melalui akun instagram resmi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) umumkan perubahan jadwal pelaksanaan CASN TA 2023. Pengumuman seleksi mulai 19 September-3 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan perubahan jadwal pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) Tahun Anggaran 2023.

“Untuk #SobatBKN ada perubahan jadwal terkait pelaksanaan seleksi CASN T.A 2023. Selengkapnya silakan cek tautan berikut https://s.id/PerubahanJadwalSeleksi,” demikian mengutip dari akun instagram resmi BKN, @bkngoidofficial, Minggu (17/9/2023).

Dengan demikian, berikut perubahan jadwal pelaksanaan seleksi CASN Tahun Anggaran 2023:

- Pengumuman seleksi menjadi 19 September-3 Oktober 2023.

- Pendaftaran seleksi menjadi 20 September 2023-9 Oktober 2023.

- Seleksi administrasi pada 20 September 2023-12 Oktober 2023.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebutkan akan rekrut sekitar 572.496 ASN. Jumlah ASN itu terbagi dari beberapa formasi di antaranya 78.862 formasi untuk 72 instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi untuk pemerintah daerah.

Dilansir dari laman Kementerian PAN RB, calon pelamar seleksi CPNS bisa mempersiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen umum antara lain ijazah, transkrip nilai, KTP, akta kelahiran, daftar riwayat hidup. Sedangkan, dokumen lainnya menyusul sesuai dengan instansi masing-masing.

Hal penting yang harus diperhatikan calon pelamar yakni syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum diantaranya syarat batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.

Syarat Daftar CPNS 2023

Sebelum mendaftar, tentunya calon pelamar harus mencermati syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum, misalnya terkait batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.

“Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK,” tutur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Selain itu, calon pelamar diminta harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikut ini syarat daftar CPNS 2023 dan PPPK:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  • Tidak pernah dipenjaraTidak pernah diberhentikan tidak hormat dari PNS, TNI, atau kepolisian
  • Tidak sedang menjadi CPNS, PNS, TNI, atau anggota partai politik
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dibuka
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Lulusan CPNS 2023 bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain sesuai ketentuan instansi 

Berikut cara daftar CPNS dan PPPK:

Buat Akun

Buka https://sscasn.bkn.go.id

Daftarkan akun SSCASN

Isi informasi yang diminta seperti NIK, nomor KK, nomor HP, dan email aktif

Klik 'Lanjutkan' dan pastikan data telah benar

Klik 'Proses Pendaftaran Akun'

Tunggu konfirmasi registrasi

Login Akun

Masuk ke akun SSCASN yang telah terdaftarLengkapi informasi diri dan unggah foto swa

Klik 'Selanjutnya'

Pilih Formasi CPNS

Pilih 'CPNS' sebagai jenis seleksi

Pilih formasi sesuai lulusan atau pendidikan yang kamu punya

Upload Dokumen

Unggah berkas-berkas yang diminta sesuai format yang ditentukan

Cetak Kartu CPNS

Periksa resume dan akhiri pendaftaran

Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran 

3 dari 4 halaman

Pendaftaran CPNS 2023 Pakai Materai Elektronik, Begini Cara Belinya

Seperti yang diketahui pelamar diwajibkan untuk mengunggah beberapa dokumen terkait sebagai syarat pendaftaran CPNS di antaranya dokumen-dokumen yang diwajibkan menggunakan Meterai Elektronik seperti pada penerimaan di tahun sebelumnya.

Untuk memberikan layanan yang lebih baik, PT Peruri Digital Security menyediakan solusi layanan baru yakni www.sign-it.id dan juga menjalin kerjasama kemitraan dengan Skill Academy dan 5 mitra reseller Meterai Elektronik lainnya dengan keunggulan dan kemudahan masing-masing sebagai berikut:

-sign-it.id – Merupakan webapp yang menyediakan Meterai Elektronik dan juga Tanda Tangan Digital yang dapat dilakukan sekaligus dalam satu proses yang seamless. Tahun sebelumnya, melalui webapp e-meterai.co.id, PDS berhasil melayani jutaan Meterai Elektronik yang dibutuhkan oleh pelamar CASN. Sign-it.id diharapkan mempermudah proses verifikasi keaslian dokumen dengan menyediakan proses e-KYC dalam melakukan pembubuhan Tanda Tangan Elektronik. Berikut website yang dapat dikunjungi www.sign-it.id

-Skill Academy by Ruangguru. Ini adalah platform pelatihan online & offline bersertifikat terbesar di Indonesia. Melalui situs dan aplikasi, tersedia ratusan kelas pelatihan secara daring dalam bentuk video belajar dengan topik seperti pengembangan diri, persiapan tes, pemasaran, teknologi & software, serta bisnis & keuangan.

Selain menyediakan program pelatihan dan pendidikan untuk membekali pelamar CASN 2023, sebagai salah satu platform resmi yang ditunjuk oleh Peruri Digital Security, masyarakat juga dapat melakukan pembelian hingga pembubuhan e-Meterai ke dalam dokumen melalui situs resmi https://skillacademy.com/e-meterai.

Dengan dukungan akses ke template dokumen terstandar, pembubuhan e-Meterai melalui Skill Academy by Ruangguru kini hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja.

-Selanjutnya adalah pastisah.id. Platform digital ini untuk mempermudah pembubuhan meterai dan tanda tangan di manapun dan kapanpun. Di sisi lain, Pastisah juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas demi menjaga kelestarian lingkungan.

Maka dari itu, Pastisah menyediakan produk-produk digital, seperti E-Meterai, E-Signature, E-Stamp, E-KYC, dan Sertifikat Digital. Berikut website yang dapat dikunjungi www.pastisah.id

 

4 dari 4 halaman

Website Selanjutnya

-Website selanjutnya yaitu DigiDoku.id. Ini adalah platform pengelolaan dokumen digital yang mengedepankan kemudahan dan fleksibilitas tinggi dalam segala bidang bisnis anda. DigiDoku menjamin keamanan, kerahasiaan dan keaslian produk untuk anda agar bebas dari rasa khawatir.

DigiDoku dapat dipercaya untuk mengelola dokumen elektronik. Berikut website yang dapat dikunjungi www.digidoku.id.

-Lalu ada signing.id, memberikan layanan Meterai Elektronik dengan mudah, dengan jargon upload-tempel-selesai, dilengkapi berbagai fitur pembayaran mulai dari QRIS, Debit, Kartu Kredit dan Retail Outlet. Berikut website yang dapat dikunjungi www.signing.id.

-Kemudian dimensy.id. Easy Dimensy adalah platform digital yang akan memudahkan kebutuhan pembubuhan Meterai Elektronik. Proses upload dokumen dan pembubuhan dapat dilakukan dalam hitungan menit. Dokumen yang telah dibubuhi Meterai Elektronik akan dikirim ke email dan nomor WhatsApp. Berikut website yang dapat dikunjungi https://dimensy.id/easy-dimensy/ 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.