Sukses

Langkah Cerdas Gunakan Kartu Kredit, Finansial Tetap Terjaga!

Sebagian orang memakai kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari atau barang yang diimpikan

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang memakai kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari atau barang yang diimpikan. Selain itu, kartu kredit juga terkadang digunakan untuk membeli tiket konser, perjalanan wisata, makan di restoran, hingga booking hotel.

Dengan kemudahan yang diberikan kartu kredit dalam setiap transaksi, bisa dibilang bahwa hal tersebut sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas keuangan sehari-hari. Tak hanya kemudahan dalam transaksi saja, kartu kredit pun kerap menawarkan banyak diskon dan cashback untuk penggunaanya.

Dengan kata lain, ada begitu banyak nilai plus yang ditawarkan kartu kredit untuk para penggunanya. Akan tetapi, kamu tetap harus menggunakan kartu kredit secara cerdas agar finansial tetap terjaga, ya!

Pasalnya, jika sudah mengatur penggunaan kartu kredit secara cerdas, bukan tidak mungkin kamu bisa menghemat pengeluaran ketika membeli sebuah barang atau memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Nah, gimana sih cara cerdas gunakan kartu kredit agar finansial tetap terjaga dan mendapatkan manfaat lainnya dari penggunaan kartu kredit? Simak caranya berikut ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Cerdas Gunakan Kartu Kredit

Bisa Bayar dengan Skema Cicilan

Salah satu manfaat yang diberikan kartu kredit adalah fitur cicilan yang bisa digunakan oleh penggunanya. Dengan skema tersebut, pengguna dimungkinkan untuk membeli barang kebutuhan dengan cara mencicil setiap bulannya selama masa tenor cicilan.

Dengan begitu, kamu bisa memiliki barang impian dengan harga yang relatif mahal, seperti alat elektronik, gawai, dan jam untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Selain itu, dengan kartu kredit, kamu juga bisa membayar tagihan bulanan, seperti pulsa, token listrik, hingga internet. 

Selain itu, melalui kartu kredit, kamu juga bisa mencatat setiap transaksi yang dilakukan dan melaporkannya dalam riwayat tagihan bulanan. Sederhananya, kamu tidak perlu bingung lagi ke mana uang mengalir dan ini juga bisa menjadi reminder untuk kamu agar semakin bijak mengelola finansial.

Bayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo merupakan batas akhir pembayaran tagihan kartu kredit yang harus dilakukan. Jika lewat tanggal terakhir pembayaran belum diterima bank penerbit, berarti terjadi keterlambatan.

Keterlambatan tersebut pun akan memengaruhi skor kredit kamu menjadi buruk. Tak hanya itu, jika pembayaran lewat jatuh tempo, kamu bisa mendapatkan risiko bunga tambahan yang dapat membebani finansialmu.

Untuk itu, ada baiknya kamu membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Jika diperlukan, kamu bisa langsung autodebet dari rekening tabungan agar tidak lupa membayar tagihan kartu kredit.

Manfaatkan Limit dengan Bijak

Ketika kamu sudah mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit, kamu harus memakai kartu kredit dengan bijak. Salah satu cara dalam mengatur penggunaan kartu kredit secara bijak adalah dengan membatasinya sesuai kemampuan finansial masing-masing dari total limit yang didapatkan.

Dengan kata lain, kamu perlu mengenali kemampuan finansial terlebih dahulu dan tetapkan nominal yang bisa ditoleransi ketika menggunakan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit dengan bijak dapat meminimalisir risiko kamu tidak bisa membayar tagihan saat jatuh tempo.

3 dari 3 halaman

Kumpulkan Reward Kartu Kredit

Salah satu cara cerdas dalam menggunakan kartu kredit adalah dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya. Sebagai informasi, reward merupakan manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan kartu kredit. Terdapat banyak jenis reward yang bisa kamu raih, mulai dari diskon belanja, miles, atau point e-commerce.

Jurus jitu untuk kamu bisa mendapatkan reward adalah dengan cara meningkatkan transaksi kartu kredit. Biasanya, setiap transaksi yang kamu lakukan akan mendapatkan reward yang bisa ditukar dengan manfaat menarik lainnya.

Nah, contohnya reward yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kamu adalah Reward BCA. Sebagai informasi, Reward BCA merupakan sebuah loyalty point BCA yang diberikan kepada pemegang Kartu Kredit BCA untuk setiap transaksi yang dilakukan menggunakan Kartu Kredit BCA kecuali untuk Kartu Kredit BCA Singapore Airlines, Kartu Kredit Visa Corporate, Kartu Kredit Smartcash, Kartu Kredit BCA Mastercard Tiket.com, dan Kartu Kredit BCA Mastercard Blibli.

Dari loyalty point tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan yang dapat menghemat pengeluaran finansial.

Bagaimana tidak? Kamu bisa mendapatkan potongan harga dengan menggunakan Reward BCA untuk pembayaran transaksi yang dilakukan di berbagai merchant dan bisa ditukarkan ke berbagai loyalty program. Untuk mengetahui daftar merchant untuk penukaran Reward BCA bisa cek di sini.

Lebih menariknya lagi, Reward BCA tidak memiliki expiry date, jadi bisa digunakan kapan saja, lho! Tak hanya itu, jika kamu ingin mengecek Reward BCA pun jauh lebih mudah dan praktis.

Kok bisa? Yup, Reward BCA kini sudah bisa dicek melalui myBCA. Tapi sebelumnya, kamu harus menghubungkan Reward di myBCA terlebih dahulu untuk bisa mengetahui informasi detail mengenai Reward yang sudah didapatkan.

  1. Login ke myBCA
  2. Masuk ke menu “Akun Saya”
  3. Pilih “Kontrol Akun”
  4. Pilih “Personalisasi BCA ID”
  5. Centang di bagian “Reward”
  6. Klik “Simpan”
  7. Reward sudah terhubung dengan akun myBCA

Nah, jika sudah menghubungkan Reward di myBCA melalui langkah di atas, kamu bisa langsung cek Reward di myBCA dengan langkah di bawah ini.

  1. Login ke myBCA
  2. Masuk ke menu “Akun Saya”
  3. Reward BCA, Reward AMEX, dan Reward UnionPay akan terlihat di menu "Reward"
  4. Klik “Reward” untuk mengetahui informasi detail

Mudah dan praktis bukan cara cek Reward BCA melalui myBCA? Jadi sekarang cek Reward BCA bisa di mana saja dan kapan saja. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, bisa kamu lihat di sini.

Nah, itulah 4 cara cerdas menggunakan kartu kredit yang bikin kamu mendapatkan banyak manfaatnya. Eits, jangan lupa juga untuk tingkatkan terus transaksi kamu menggunakan Kartu Kredit BCA dan kumpulkan reward sebanyak-banyaknya, ya!

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.