Sukses

Biografi CEO Tesla Elon Musk, Latar Belakang hingga Daftar Perusahaan yang Dimilikinya

Pada tahun 1983 saat berusia 12 tahun, Elon Musk menjual sebuah game sederhana yang disebut "Blastar" ke sebuah majalah komputer seharga USD 500 atau kurang lebih Rp 7,6 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Ibunya, Maye Musk, adalah seorang ahli diet profesional dan model, yang tampil di kotak sereal Special K dan sampul majalah TIME. Maye Musk pada tahun lalu di usia 74 tahun masih tampil di sampul majalah Sport Illustrated edisi pakaian renang.

Maye dan ayah Musk, Errol, menikah selama hampir satu dekade sebelum akhirnya mereka memutuskan bercerai. Maye mengatakan dalam bukunya bahwa ia ingin mengakhiri pernikahannya lebih awal, tetapi Undang-Undang Perceraian, yang melegalkan penghentian pernikahan di Afrika Selatan, baru disahkan pada 1979.

Akhirnya pasangan ini bercerai pada tahun yang sama ketika undang-undang tersebut disahkan.

Memilih Ayah

Setelah orang tua mereka bercerai, Elon Musk yang berusia 9 tahun dan adik laki-lakinya, Kimbal, memutuskan untuk tinggal bersama ayah mereka. Baru setelah kepindahan itu dilakukan, hubungannya yang terkenal bermasalah dengan ayahnya mulai muncul.

"Itu bukan ide yang bagus," kata Elon Musk tentang kepindahannya dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

Pada tahun 1983 saat berusia 12 tahun, Elon Musk menjual sebuah game sederhana yang disebut "Blastar" ke sebuah majalah komputer seharga USD 500 atau kurang lebih Rp 7,6 juta, menurut laporan WaitButWhy dari jurnalis Tim Urban.

Musk menggambarkannya sebagai:

"permainan yang sepele ... tapi lebih baik dari Flappy Bird."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pendidikan

Dikutip dari Insider, Senin (11/9/2023), masa sekolah Elon Musk tidaklah mudah. Ia pernah dirawat di rumah sakit setelah dipukuli oleh para pengganggu. Para pengganggu itu melempar Musk ke bawah tangga dan memukulinya hingga pingsan, seperti yang dijelaskan dalam buku Ashlee Vance, "Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future."

Ayah Musk mengatakan kepada Insider bahwa insiden itu terjadi setelah Elon Musk membuat komentar yang sebenarnya tidak terlalu sensitif kepada teman sekelasnya.

CEO Tesla ini mengatakan bahwa ia tidak selalu merasa berada di gelombang yang sama dengan teman sekelasnya.

"Petunjuk sosial itu tidak intuitif," kata Musk dalam konferensi TED tahun lalu.

Pada 2021, miliarder ini mengatakan dalam penampilannya di "Saturday Night Live" bahwa ia mengidap sindrom Asperger.

Sering Bergadang

Musk mengatakan bahwa ia menghabiskan banyak waktu di masa kecilnya untuk membaca dan membuat kode hingga larut malam dan hal itu membuahkan hasil.

Pada usia 17 tahun, dia mengikuti tes bakat tingkat universitas untuk kemampuan pemrograman komputer. Para penguji menyuruhnya mengulang tes tersebut karena mereka belum pernah melihat nilai setinggi itu, kata ibunya dalam sebuah tweet.

Setelah lulus SMA, Elon Musk pindah ke Kanada bersama Maye ibunya, saudara perempuannya, Tosca, dan saudara laki-lakinya, Kimbal, dan menghabiskan dua tahun belajar di Queen's University di Kingston, Ontario, menurut pihak sekolah.

Dia kemudian menyelesaikan studinya di University of Pennsylvania, mendapatkan gelar di bidang fisika dan ekonomi.

Eksperimen Wirausaha

Saat belajar di University of Pennsylvania, Musk dan seorang teman sekelasnya menyewakan sebuah rumah asrama dengan 10 kamar tidur dan mengubahnya menjadi klub malam. Langkah yang dilakukan Musk bersama Adeo Ressi ini merupakan salah satu eksperimen wirausaha pertamanya, demikian dilaporkan Vogue.

Setelah lulus, Musk pergi ke Universitas Stanford untuk belajar meraih gelar Ph.D.-nya. Namun, ia baru saja memulai program tersebut sebelum meninggalkannya. Dia menunda penerimaannya setelah hanya dua hari di California, memutuskan untuk menguji peruntungannya dalam ledakan dot-com yang baru saja terjadi. Dia tidak pernah kembali untuk menyelesaikan studinya di Stanford.

Pacar kuliah Musk, Jennifer Gwynne, kemudian melelang satu set foto Musk dari masa kuliahnya di University of Pennsylvania.

3 dari 11 halaman

Awal Karier

Bersama saudaranya, Kimbal, Elon Musk meluncurkan Zip2. Sekelompok investor Silicon Valley membantu mendanai perusahaan ini, yang menyediakan panduan perjalanan kota untuk surat kabar seperti The New York Times dan Chicago Tribune, menurut wawancara Rolling Stone dengan Musk.

Sementara Zip2 mulai beroperasi, Musk tinggal di kantor dan mandi di YMCA setempat, katanya dalam sebuah video dari Universitas Stanford. Kerja kerasnya terbayar ketika Compaq membeli Zip2 dalam sebuah kesepakatan senilai USD 341 juta dalam bentuk uang tunai dan saham, yang membuat Musk mendapatkan USD 22 juta.

Musk kemudian mendirikan X.com, sebuah perusahaan perbankan online. Ia meluncurkan perusahaan ini pada tahun 1999 dengan menggunakan USD 10 juta dari uang yang ia dapatkan dari penjualan Zip2, demikian yang dilaporkan oleh Investopedia. Sekitar setahun kemudian, X.com bergabung dengan Confinity, sebuah perusahaan rintisan finansial yang didirikan oleh Peter Thiel, untuk membentuk PayPal.

CEO PayPal 

Musk ditunjuk sebagai CEO PayPal yang baru saja dibentuk. Nnamun, jabatannya tidak bertahan lama. Pada bulan Oktober 2000, ia memulai pertengkaran besar di antara para pendiri PayPal dengan mendorong mereka untuk memindahkan servernya dari sistem operasi Unix gratis ke Microsoft Windows, menurut laporan Forbes. Salah satu pendiri PayPal dan CTO Max Levchin menentangnya dengan keras.

Ketika Musk sedang dalam perjalanan ke Australia untuk berlibur, dewan direksi PayPal memecatnya dan menjadikan Thiel sebagai CEO baru. "Itulah masalahnya dengan liburan," kata Musk kepada Fortune bertahun-tahun kemudian tentang perjalanan naas yang dialaminya pada akhir tahun 2000.

4 dari 11 halaman

Elon Musk Memulai SpaceX dan Berinvestasi di Tesla (2002-2004)

Bahkan sebelum penjualan PayPal, Musk telah memimpikan langkah selanjutnya, termasuk rencana liar untuk mengirim tikus atau tanaman ke Mars. Pada awal tahun 2002, Musk mendirikan perusahaan yang kemudian dikenal sebagai Space Exploration Technologies, atau SpaceX, dengan dana sebesar USD 100 juta yang diterima dari penjualan PayPal. Tujuan Musk adalah membuat penerbangan luar angkasa menjadi lebih murah hingga 10 kali lipat.

Salah satu kendaraan awal SpaceX diberi nama sesuai dengan lagu "Puff the Magic Dragon". Nama pesawat ruang angkasa tersebut, Naga, merupakan sindiran Musk kepada para skeptis yang mengatakan bahwa SpaceX tidak akan pernah bisa mengirim kendaraan ke luar angkasa, demikian ungkap Musk di Twitter.

Tujuan jangka panjang SpaceX adalah membuat kolonisasi Mars menjadi terjangkau. Musk mengatakan bahwa SpaceX tidak akan mengajukan penawaran saham perdana hingga apa yang disebut Musk sebagai "Mars Colonial Transporter" terbang secara teratur.

Musk juga memiliki banyak kesibukan di Bumi, terutama dengan Tesla Motors. Pada tahun 2004, Musk melakukan investasi pertama dari total investasi Tesla sebesar USD 70 juta, sebuah perusahaan mobil listrik. Pendiri Tesla adalah eksekutif startup veteran Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.

Musk mengatakan bahwa ia mengambil peran aktif dalam pengembangan produk di perusahaan mobil ini, membantu mengembangkan mobil pertamanya, Tesla Roadster.

Roadster dibangun di atas sasis Lotus Elise, sebuah mobil sport mungil asal Inggris yang dibuat ulang oleh Tesla menjadi mobil listrik dengan baterai lithium-ion. Roadster yang sepenuhnya listrik memulai debutnya pada tahun 2006 ketika Musk menjabat sebagai ketua Tesla.

Musk juga mencetuskan ide untuk SolarCity, sebuah perusahaan energi surya. Musk memberikan modal kerja kepada sepupunya, Peter dan Lyndon Rive, untuk memulai SolarCity pada tahun 2006, menurut laporan VentureBeat.

5 dari 11 halaman

Elon Menjadi CEO Tesla (2008)

Pada tahun 2007, Musk melakukan kudeta dewan direksi di Tesla, pertama-tama menggulingkan Eberhard dari kursi CEO dan kemudian dari jajaran direksi dan eksekutif perusahaan secara keseluruhan.

Pada tahun 2008, dengan krisis keuangan yang sangat membatasi pilihannya, kebangkrutan Tesla secara pribadi dihentikan oleh Musk. Dia menginvestasikan USD 40 juta di Tesla dan meminjamkan perusahaan itu USD 40 juta lagi. Bukan kebetulan, dia diangkat menjadi CEO pada tahun yang sama.

Namun, di antara SpaceX, Tesla, dan SolarCity, Musk hampir bangkrut. Dia menggambarkan tahun 2008 sebagai "tahun terburuk dalam hidup saya" dalam sebuah wawancara dengan 60 Minutes. Tesla terus merugi, dan SpaceX mengalami kesulitan dalam meluncurkan roket Falcon 1. Pada tahun 2009, Musk hidup dari pinjaman pribadi hanya untuk bertahan hidup.

Tepat pada saat Natal 2008, Musk mendapatkan dua kabar baik: SpaceX mendapatkan kontrak senilai 1,5 miliar dolar AS dari NASA untuk mengirim pasokan ke luar angkasa, dan Tesla akhirnya mendapatkan lebih banyak investor dari luar.

Karier Musk juga mulai diperhatikan di kalangan lain, terutama di Hollywood. Penggambaran Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark dalam film "Iron Man" setidaknya sebagian didasarkan pada Musk, sutradara Jon Favreau mengatakan di podcast "Recode Decode". Musk bahkan memiliki cameo di "Iron Man 2."

6 dari 11 halaman

OpenAI (2015)

Pada akhir 2015, Musk juga mendirikan OpenAI, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk meneliti kecerdasan buatan dan memastikan bahwa kecerdasan buatan tidak akan menghancurkan umat manusia. Dia kemudian mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari dewan direksi untuk menghindari potensi konflik kepentingan dengan Tesla, yang telah membuat langkah besar dalam kecerdasan buatan untuk teknologi mobil swakemudinya.

Miliarder ini telah berbicara menentang perusahaan tersebut dalam beberapa kesempatan dan bahkan mencoba meluncurkan pesaingnya sendiri, yang secara bercanda dijuluki "Truth GPT" setelah kesuksesan ChatGPT milik OpenAI.

Pada akhir tahun 2015, 24 peluncuran SpaceX telah dilakukan untuk tugas-tugas seperti memasok ulang Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang mencatatkan beberapa rekor.

Pada tahun itu, Tesla juga merilis versi pertama Autopilot, fitur bantuan pengemudi untuk mobil listriknya. Musk kemudian merilis versi Autopilot yang disempurnakan yang disebut Full Self-Driving beta beberapa tahun kemudian.

Sejak saat itu, dia mengatakan bahwa Tesla FSD adalah perbedaan antara "bernilai banyak uang atau bernilai nol." Meskipun demikian, Autopilot telah menimbulkan banyak tuntutan hukum, serta investigasi dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional selama bertahun-tahun.

7 dari 11 halaman

SolarCity dan The Boring Company (2016)

Pada akhir 2016, Tesla membeli SolarCity dengan nilai kesepakatan USD 2,6 miliar. Pada tahun yang sama, beberapa pemegang saham Tesla mengajukan gugatan yang menuduh Musk menekan anggota dewan Tesla untuk membeli SolarCity dan menalangi pembeliannya. Musk kemudian memenangkan gugatan tersebut pada tahun 2022.

Pada tahun 2016, ia juga mendirikan The Boring Company, yang memiliki misi menggali jaringan terowongan di bawah dan di sekitar kota untuk berkendara dengan kecepatan tinggi dan bebas macet.

Jaringan terowongan pertama Boring untuk penggunaan komersial, yang terletak di Las Vegas, dibuka pada April 2021.

8 dari 11 halaman

Neuralink (2017)

Musk mendirikan perusahaan lain: Neuralink, pada tahun 2017, yang mencoba membuat perangkat yang dapat ditanamkan di dalam otak manusia. Miliarder ini menggambarkan perangkat ini sebagai "Fitbit di dalam tengkorak Anda" dan mengatakan bahwa perangkat ini akan memungkinkan orang untuk melakukan tugas-tugas hanya dengan menggunakan pikiran mereka. Perusahaan ini telah bereksperimen dengan memasang perangkat ini pada babi dan monyet dan memenangkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk memulai uji coba pada manusia pada tahun 2023.

Pada tahun 2017, Musk juga bergabung dengan dewan penasihat bisnis Presiden Trump - sebuah langkah yang menyebabkan reaksi keras dari publik. Awalnya ia membela langkah tersebut, namun kemudian berhenti setelah Trump menarik AS keluar dari Perjanjian Paris tentang perubahan iklim. Musk mengatakan bahwa ia berusaha meyakinkan Trump untuk tidak menarik diri.

9 dari 11 halaman

Tesla Roadster di luar angkasa (2018)

Falcon Heavy, penerus Falcon 9 dan roket terkuat yang pernah dibuat SpaceX hingga saat ini, telah menyelesaikan peluncuran perdananya dengan sukses pada bulan Februari 2018. Falcon Heavy membawa muatan yang unik: boneka yang dijuluki "Starman," dan Tesla Roadster merah ceri milik Musk, yang diluncurkan menuju orbit Mars.

"Kami benar-benar ingin membuat publik di sini bertanya-tanya, bersemangat tentang kemungkinan terjadinya sesuatu yang baru di luar angkasa, tentang perbatasan luar angkasa yang semakin maju," kata Musk kepada para hadirin di konferensi South by Southwest 2018. "Tujuannya adalah untuk menginspirasi Anda dan membuat Anda percaya lagi, seperti halnya orang-orang percaya pada era Apollo, bahwa segala sesuatu mungkin terjadi."

Musk mengalami masalah pada tahun 2018 ketika dia mengirim tweet yang menyatakan bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk membawa Tesla menjadi perusahaan privat dengan harga $420 per lembar saham dan telah mendapatkan pendanaan. Hanya beberapa hari kemudian, SEC mengirimkan surat panggilan pengadilan kepada Tesla tentang rencana perusahaan untuk go private dan komentar Musk.

Pada bulan September, SEC secara resmi mengajukan gugatan terhadap Musk, menuduhnya membuat "pernyataan yang salah dan menyesatkan." Musk menyelesaikan masalah ini dengan SEC, yang mengakibatkan dia dan Tesla harus membayar denda sebesar 20 juta dolar AS dan Musk mengundurkan diri sebagai ketua dewan direksi Tesla. Selain itu, Tesla diharuskan menunjuk sebuah komite untuk mengawasi komunikasi Musk.

Satu bulan kemudian, Musk memenangkan kemenangan di pengadilan ketika juri memutuskan bahwa ia tidak bersalah karena mencemarkan nama baik penyelam Inggris, Vernon Unsworth, Insider sebelumnya melaporkan. Unsworth telah mengajukan gugatan pencemaran nama baik pada tahun 2018 setelah Musk menyebutnya sebagai "pria pedofil" di Twitter.

10 dari 11 halaman

Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

Kekayaan Musk melonjak dalam beberapa tahun terakhir. CEO Tesla ini menjadi orang terkaya di dunia pada tahun 2021 ketika kekayaannya melampaui $200 miliar, melewati kekayaan bersih pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Musk mengatakan bahwa ia memperingati peristiwa tersebut dengan mengirimkan medali perak kepada Bezos, saingan lamanya, sebuah medali perak. Status Musk sebagai orang terkaya di dunia dikalahkan oleh pemilik LVMH, Bernard Arnault, pada tahun 2023. Sejak saat itu, ia tetap berada di puncak daftar orang terkaya di dunia.

Ia juga memenangkan penghargaan Tokoh Tahun Ini versi Time pada tahun 2021.

11 dari 11 halaman

Sang 'Technoking' Mengarahkan Pandangannya ke Twitter

Pada tahun 2022, Musk mulai membeli saham Twitter dan kemudian menolak tawaran untuk bergabung dengan dewan direksi dan memilih untuk membeli Twitter secara langsung dengan nilai USD 44 miliar.

Musk, yang telah menjadi salah satu akun yang paling banyak diikuti di situs media sosial, mencoba untuk mundur dari tawarannya untuk membeli Twitter pada bulan Juli. Twitter segera menggugat Musk, untuk memaksanya melanjutkan pembelian tersebut.

Setelah berbulan-bulan bolak-balik menjelang persidangan di Pengadilan Delaware, Musk setuju untuk membeli perusahaan tersebut pada bulan Oktober. Pada hari yang sama ketika ia mengambil alih Twitter, ia memecat beberapa eksekutif kunci termasuk CEO Twitter saat itu, Parag Agrawal. Musk mengambil alih jabatan sebagai "Chief Twit" dan mulai memangkas tenaga kerja Twitter menjadi setengahnya pada bulan-bulan kacau setelah akuisisi Musk.

Dia kemudian membawa CEO baru untuk Twitter pada bulan Mei 2023 setelah miliarder tersebut mengatakan bahwa Twitter tidak lagi "berada di jalur cepat menuju kebangkrutan."

Miliarder ini juga menyatakan minatnya untuk meluncurkan usaha AI-nya sendiri. Pada bulan April, Musk mengonfirmasi laporan bahwa dia berencana membuat startup AI untuk membangun saingan ChatGPT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.