Sukses

Apa Itu Perubahan Iklim? Ini Panduan Mudah untuk Memahami

Suhu global meningkat akibat aktivitas manusia. Masyarakat di seluruh dunia sudah merasakan dampaknya, mulai dari gelombang panas yang hebat hingga naiknya permukaan air laut. Segalanya mungkin akan memburuk dalam beberapa dekade mendatang. Namun, para ilmuwan berpendapat bahwa tindakan cepat masih dapat menghindari dampak paling berbahaya dari perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Suhu global meningkat akibat aktivitas manusia. Masyarakat di seluruh dunia sudah merasakan dampaknya, mulai dari gelombang panas yang hebat hingga naiknya permukaan air laut. Segalanya mungkin akan memburuk dalam beberapa dekade mendatang.

Namun, para ilmuwan berpendapat bahwa tindakan cepat masih dapat menghindari dampak paling berbahaya dari perubahan iklim.

Apa itu perubahan iklim?

Dikutip dari BBC, Minggu (10/9/2023), iklim adalah cuaca rata-rata di suatu tempat selama bertahun-tahun. Perubahan iklim adalah pergeseran kondisi rata-rata tersebut. Iklim telah berfluktuasi secara alami sepanjang sejarah dunia.

Namun, tanpa ragu ilmuwan mengatakan perubahan iklim yang sangat cepat terjadi selama satu abad terakhir disebabkan oleh manusia. Secara khusus, mereka mengatakan hal ini disebabkan oleh semakin meluasnya penggunaan bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak, dan gas di rumah, pabrik, serta transportasi.

Ketika bahan bakar fosil terbakar, mereka mengeluarkan gas rumah kaca, yang berisi sebagian besar karbon dioksida (CO2). Gas-gas itu menangkap panas matahari di atmosfer sehingga menyebabkan suhu planet meningkat.

Sejak dimulainya revolusi industri, ketika manusia mulai membakar bahan bakar dalam jumlah yang besar, jumlah CO2 di atmosfer meningkat lebih dari 50% dan masih terus bertambah.

Akibat peningkatan CO2 dan gas rumah kaca lainnya seperti metana, suhu dunia kini menjadi sekitar 1,1 derajat celcius lebih hangat dibandingkan pada akhir abad ke-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Dampak Perubahan Iklim saat Ini?

Kenaikan suhu rata-rata global sebesar 1,1 derajat celcius mungkin terdengar sepele, tetapi dampaknya sangat besar terhadap lingkungan. Sejauh ini, dampaknya adalah:

  • Cuaca ekstrem yang lebih sering dan intens, seperti gelombang panas, kekeringan, dan banjir
  • Pencairan gletser dan lapisan es yang cepat, berpengaruh terhadap kenaikan permukaan laut
  • Penurunan besar es laut ArktikPemanasan laut dan gelombang panas laut

Dampaknya, kehidupan masyarakat sudah berubah. Misalnya, kekeringan yang sedang berlangsung di Afrika Timur telah menyebabkan lebih dari 20 juta orang berisiko mengalami kelaparan parah. Gelombang panas Eropa pada tahun 2022 menyebabkan peningkatan kematian yang tidak normal.

Organisasi Meteorologi Dunia mengatakan, peristiwa cuaca ekstrem telah menyebabkan kerugian ekonomi senilai triliunan dolar dalam beberapa dekade terakhir, tetapi jumlah korban tewas sebenarnya sudah menurun seiring dengan membaiknya sistem peringatan dini.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Dampak Perubahan Iklim di Masa Depan?

Para ilmuwan mengatakan membatasi kenaikan suhu hingga 1,5C sangat penting untuk menghindari dampak berbahaya dari perubahan iklim, meskipun dampak ini meningkat seiring dengan meningkatnya pemanasan.

Batas pemanasan 1,5C sebagian dirancang untuk menghindari “titik kritis”.

Ini adalah ambang batas ketika perubahan dapat semakin cepat dan tidak dapat diubah lagi di berbagai bagian sistem iklim bumi, seperti runtuhnya Lapisan Es Greenland. Namun, tidak jelas secara pasti dimana letak ambang batas tersebut. Beberapa mungkin sudah dilintasi, atau mungkin lebih jauh dari yang diperkirakan sebelumnya.

Ilmu pengetahuan belum sepenuhnya pasti, tetapi dampak pemanasan global sebesar 2C vs 1,5C dapat mencakup:

  • Hari yang sangat panas rata-rata akan menjadi 4C lebih panas di garis lintang tengah (wilayah di luar kutub dan tropis), dibandingkan 3C pada suhu 1,5C
  • Kenaikan permukaan laut akan 0,1 m lebih tinggi dibandingkan kenaikan suhu 1,5C sehingga 10 juta lebih orang merasakan dampaknya
  • Lebih dari 99% terumbu karang akan hilang, dibandingkan dengan 70-90% pada suhu 1,5C
  • Beberapa ratus juta orang mungkin terkena resiko dari iklim dan rentan terhadap kemiskinan pada tahun 2050 dibandingkan pada suhu 1,5C

Menurut badan iklim PBB, IPCC, sekitar 3,3 hingga 3,6 miliar orang tergolong sangat rentan. Masyarakat yang tinggal di negara-negara berkembang diperkirakan akan paling menderita karena mereka memiliki lebih sedikit sumber daya untuk beradaptasi.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang keadilan, karena tempat-tempat tersebut biasanya hanya menyumbangkan sebagian kecil gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim.

Bagaimanapun, dampak di satu tempat bisa berdampak besar di seluruh wilayah. Misalnya, perpindahan penduduk dari suatu wilayah dapat menyebabkan migrasi massal, dan kegagalan panen akibat cuaca ekstrem dapat meningkatkan harga pangan global.

4 dari 4 halaman

Apa yang Negara Lakukan untuk Mengatasi Perubahan Iklim?

Dalam perjanjian penting yang ditandatangani di Paris pada tahun 2015, hampir 200 negara berjanji untuk berupaya menjaga pemanasan global hingga 1,5C. Untuk mencapai hal ini, para ilmuwan mengatakan bahwa negara-negara harus mencapai nol emisi CO2 pada tahun 2050. Nol bersih berarti mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak mungkin serta menghilangkan sisa emisi dari atmosfer.

Sebagian besar negara telah/sedang mempertimbangkan target net zero, tetapi banyak di antaranya yang ditetapkan setelah tahun 2050. Tindakan di dunia nyata berjalan lambat, dan tingkat gas rumah kaca di atmosfer masih terus meningkat.

Akibatnya, para ilmuwan PBB percaya bahwa suhu dunia “kemungkinan” akan mengalami pemanasan melebihi 1,5C berdasarkan target pemerintah saat ini.

Para pemimpin dunia bertemu setiap tahun untuk membahas komitmen iklim mereka. KTT berikutnya (COP28) akan diadakan di UEA pada bulan November dan Desember 2023.

Apa yang bisa kita lakukan?

Perubahan besar perlu dilakukan oleh pemerintah dan dunia usaha, tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa perubahan kecil yang dilakukan oleh individu juga dapat membawa perbedaan.

  • Naik pesawat lebih jarang
  • Memakai lebih sedikit energi
  • Meningkatkan isolasi rumah dan efisiensi energi
  • Mulai Beralih ke kendaraan listrik atau hidup bebas kendaraan pribadi
  • Ganti pemanasan sentral gas dengan sistem listrik seperti pompa panas
  • Kurangi konsumsi daging merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini