Sukses

Kisah Aktor Legenda Will Smith Raih Sukses yang Bisa Kamu Tiru!

Aktor Hollywood Will Smith mengatakan bahwa rahasia sukses itu sederhana, yakni kelilingi diri Anda dengan orang-orang hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Rahasia sukses itu sederhana, kata aktor pemenang Academy Award, Will Smith: Kelilingi diri Anda dengan orang-orang hebat.

"Sukses adalah kerja sama tim," kata Smith dalam sebuah episode bincang-bincang "Hart to Heart," yang dipandu oleh Kevin Hart.

 

"Jadi, siapa yang ada di sebelah Anda, siapa teman Anda dan siapa yang bersama Anda setiap hari akan membantu atau menghancurkan impian Anda."

Pria yang saat ini sudah berusia 54 tahun ini mengenang manajer dan mitra bisnisnya, James Lassiter, beberapa kali mendesaknya untuk mengejar peluang yang memang sebaiknya tidak ia lewatkan, beberapa di antaranya mengambil peran yang menentukan karier yang membantu menjadikan Smith terkenal.

Nasihat sang manajer merupakan contoh dukungan dan pengambilan keputusan bersama antara Smith dan timnya, keluarga dan teman-temannya.

"Saya tahu bahwa saya harus menjadi ujung tombak dalam hal disiplin dan dalam hal arahan, tetapi saya selalu tahu bahwa saya membutuhkan tim saya," katanya dikutip dari CNBC, Senin (28/8/2023).

Smith juga mengatakan bahwa ia tidak ingin tampil dalam "Men in Black," begitu cepat setelah membuat film fiksi ilmiah lainnya, "Independence Day."

Sutradara Steven Spielberg meyakinkan Smith untuk bermain dalam film tersebut setelah mengirim helikopter untuk membawanya ke sebuah pertemuan, di mana Spielberg menanyai dia tentang keikutsertaannya dalam film tersebut, katanya.

"Helikopter itu mendarat di rumahnya, dan dia menyapa saya dengan kata 'halo'," kata Smith.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor penting dalam karier

Apa yang disebut Smith sebagai tim, oleh Lisa Skeete Tatum, pendiri dan CEO Landit, sebuah platform konsultasi karier-disebutnya sebagai "dewan direksi pribadi."

Ini adalah faktor penting dalam memiliki karier yang memuaskan dan sukses, kata Tatum kepada CNBC Make It tahun lalu.

"Saya tidak akan berada di posisi saya saat ini jika bukan karena orang-orang yang percaya kepada saya ... yang melihat sesuatu dalam diri saya dan mengambil kesempatan, yang membantu saya melihat hal-hal yang bahkan tidak saya ketahui bisa terjadi," katanya.

Ada lima orang yang harus dimiliki setiap orang dalam tim impian mereka, kata Tatum:

  1. Seorang mentor, yang melatih dan membentuk Anda menjadi versi yang lebih baik dari diri Anda.
  2. Seorang sponsor, yang dapat berbicara tentang kekuatan dan kemampuan Anda ketika Anda tidak ada di tempat
  3. Seorang penghubung, yang memiliki jaringan luas dan akan "mengangkat telepon" atas nama Anda
  4. Seorang ahli poin, yang bertindak sebagai "mesin pencari pribadi" Anda dan memiliki semua jawaban
  5. Seorang teman dekat, yang tidak menghakimi dan dapat menjadi tempat Anda bersandar.
3 dari 3 halaman

Kelilingi Anda dengan Orang yang Punya Ekspektasi Tinggi

Beberapa dari hubungan ini, seperti teman dekat atau mentor, dapat terbentuk secara alami. Anda bisa menggunakan platform jaringan online seperti LinkedIn, atau menghadiri konferensi dan acara yang berkaitan dengan bidang Anda, untuk membantu mengisi kekosongan tersebut, kata Tatum.

"Jika Anda ingin maju, Anda harus mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap Anda daripada ekspektasi Anda terhadap diri Anda sendiri," katanya. "Belajarlah untuk mengkodifikasi jaringan Anda dan pastikan setiap orang memiliki peran."

Smith tampaknya setuju. "Anda tidak dapat membangun karier dan Anda mungkin tidak dapat melakukan banyak hal dalam hidup ini pada tingkat yang tinggi tanpa tim yang kuat," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini