Sukses

Miliarder Bill Gates Danai Proyek AI di Negara Berkembang, Nilainya Tak Main-Main

Para penerima hibah, yang masing-masing akan diberikan USD 100.000, bekerja pada isu-isu yang mencakup spektrum yang luas, mulai dari peneliti yang mengembangkan chatbot berbasis ChatGPT.

Liputan6.com, Jakarta Bill & Melinda Gates Foundation pada hari Rabu mengumumkan 48 penerima program senilai USD 5 juta atau sekitar Rp 76,6 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis AI yang dibuat dengan model bahasa besar dengan target masalah mendesak di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Para penerima hibah, yang masing-masing akan diberikan USD 100.000, bekerja pada isu-isu yang mencakup spektrum yang luas, mulai dari peneliti yang mengembangkan chatbot berbasis ChatGPT untuk membuat dan mengelola catatan medis elektronik terperinci untuk petugas kesehatan ibu di Pakistan hingga seorang pengusaha yang mengerjakan bimbingan AI.

Sementara sebagian besar penerima hibah bertujuan untuk menguji penggunaan AI generatif untuk masalah kesehatan, seperti penilaian risiko HIV, perawatan prenatal, dan resep antibiotik , beberapa di antaranya berfokus pada penerapan teknologi untuk masalah lokal lainnya.

Misalnya, satu kelompok ilmuwan di Uganda berencana menggunakan dana tersebut untuk membangun aplikasi berbasis ChatGPT guna memberikan informasi kepada petani tentang penyakit tanaman; sebagai bagian dari proyek, para ilmuwan berencana membangun kumpulan data dalam bahasa asli Luganda.

Adapun di Vietnam, seorang peneliti membuat chatbot untuk memberikan saran kepada penduduk di daerah yang terkena intrusi air asindengan menyempurnakan GPT-4 dengan data dalam bahasa Vietnam. Di Brasil, sebuah organisasi nirlaba berencana menggunakan LLM untuk mengembangkan bot dukungan bagi psikolog dan pengacara yang membantu perempuan yang menghadapi kekerasan berbasis gender .

Saat ini, sebagian besar perusahaan AI besar berlokasi di Global North. Tujuan atas ide ini adalah untuk mendorong pengembangan AI generatif di seluruh dunia sehingga lebih banyak orang dapat memanfaatkan teknologi tersebut.

“Terlalu sering, kemajuan teknologi memberikan manfaat yang tidak merata di banyak bagian dunia karena pola diskriminasi, ketidaksetaraan, dan bias yang ada,” kata ilmuwan komputer Kenya Juliana Rotich.

“Sebagian besar alat yang dikembangkan di Global North menggunakan data dari wilayah dengan sumber daya rendah yang seringkali tidak lengkap atau tidak akurat," lanjut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Negara Berkembang Jadi Sasaran

Aplikasi chatbot yang mengharuskan pengguna memasukkan prompt berbasis teks dapat mengecualikan sebagian besar populasi, seperti penutur non-bahasa Inggris dan mereka yang tidak menggunakan ponsel cerdas. Itu sebabnya beberapa peneliti juga berencana mengembangkan fitur yang mengubah suara seseorang (dalam bahasa lokal) menjadi teks agar AI generatif lebih mudah diakses.

Mereka juga harus mengatasi kesalahan ChatGPT dan sejenisnya, yang dilatih pada miliaran parameter data publik tanpa filter dan bergumul dengan ketidakakuratan faktual serta bias rasial dan gender. Untuk mengatasi masalah ini, yayasan telah menciptakan pusat dukungan pakar AI global untuk memandu penerima hibah dalam menilai potensi risiko.

Selama dua minggu, tim yang terdiri dari 80 peninjau menerima sekitar 1.300 proposal dari peneliti, organisasi nirlaba, dan perusahaan swasta di 103 negara. Aplikasi ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria, termasuk pekerjaan harus dilakukan di negara berpenghasilan rendah dan menengah, harus difokuskan pada masalah masyarakat yang kritis dan harus menggunakan model bahasa yang besar untuk aplikasinya.

Kriteria terakhir adalah kunci karena tujuan program ini adalah untuk mengukur masalah praktis apa yang akan dihadirkan LLM bagi pengguna di negara berkembang, seperti seberapa mudah alat ini dapat diakses, kata Zameer Brey, wakil direktur sementara yang memimpin upaya AI yayasan.

 

3 dari 3 halaman

Waktu Selesaikan Proyek

Penerima terpilih memiliki waktu tiga bulan untuk menyelesaikan proyeknya, yang terutama mereka gunakan dan menyempurnakan GPT-4 OpenAI dan GPT 3.5, dengan beberapa proyek menggunakan LLM seperti Google LaMDA dan Bert dan model teks-ke-teks terlatih pada 100 bahasa yang disebut mT5 .

Melalui program baru ini, Gates Foundation berharap untuk membangun "basis bukti" dari kasus penggunaan AI generatif, hambatan dan pembelajaran, sambil menentukan bagaimana AI dapat menemukan tempatnya di komunitas berpenghasilan rendah, kata Brey.

“Saya pikir, sebagai yayasan, kami mengakui hype tersebut, tetapi kami ingin menyalurkan hype tersebut untuk memberikan bukti yang baik untuk pengambilan keputusan dan implementasinya,” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini