Sukses

5 Tips Jadi Content Creator di Media Sosial, Mau Coba?

Kesenjangan ini mudah dijelaskan. Salah satunya banyak orang tidak tahu bahwa butuh lebih dari sekadar mengunggah gambar dan video, kata CEO perusahaan konsultan karier Career NomadPatrice Lindo.

Liputan6.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, banyak generasi Z mencari nafkah sebagai pembuat konten alias content creator. Namun, sebagian besar dari mereka tidak benar-benar tahu hal-hal yang harus dihadapi atau seberapa sulitnya, kata seorang pakar karier.

Hampir setengah dari generasi Z berusia antara 16 dan 18 tahun mengatakan bahwa mereka lebih suka mengejar peran nontradisional, seperti membuat konten daripada kuliah, demikian temuan studi Adobe tahun 2022. Akan tetapi, hanya 12 persen pembuat konten penuh waktu dan 3 persen pembuat konten paruh waktu menghasilkan lebih dari USD 50.000 per tahun dari media sosial, menurut Laporan Pembuat Konten 2022 Linktree.

Kesenjangan ini mudah dijelaskan. Salah satunya banyak orang tidak tahu bahwa butuh lebih dari sekadar mengunggah gambar dan video, kata CEO perusahaan konsultan karier Career NomadPatrice Lindo.

Lindo mengatakan dia sudah melatih sekitar 50 pembuat media sosial sejak meluncurkan perusahaannya pada 2019, dengan fokus utama pada TikTok dan LinkedIn. Melansir CNBC Make It, Senin (14/8/2023), berikut ini adalah lima tips teratasnya apabila Anda ingin memulai dan benar-benar mencari nafkah sebagai pembuat konten atau content creator.

1. Temukan keseimbangan yang cocok

Mengunggah konten pada pukul 6 sore tiga kali seminggu mungkin cocok untuk pembuat konten favorit Anda. Namun, bisa jadi itu mungkin tidak bekerja untuk Anda. Alih-alih mencoba menyalin cara orang lain, temukan keseimbangan Anda sendiri, kata Lindo.

“Cobalah berbagai hal dan lihat apa yang berhasil,” katanya. ”Anda dapat melakukannya dengan membuat jurnal, mengumpulkan data, atau mencari nasihat dari orang-orang yang melakukan lompatan atau menyeimbangkan pekerjaan korporat mereka dengan pekerjaan media sosial mereka.”

Mungkin merencanakan konten satu bulan sebelumnya dengan cermat sangat membantu. Atau, seperti yang dikatakan Lindo, Anda mungkin menemukan bahwa terlalu banyak merencanakan dapat membuat Anda “kehilangan keaslian”.

Poinnya yang lebih luas yaitu dengan melakukan penelitian semacam ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk strategi konten Anda.

2. Jangan jadikan viral sebagai tujuan utama

Memiliki jutaan suka, komentar, dan share memang mengasyikkan, tetapi itu seharusnya bukan alasan Anda mengunggah, kata Lindo. Peluang untuk menjadi viral adalah satu dari sejuta — secara harfiah, menurut sebuah studi Universitas Stanford tahun 2016. Jika Anda bergantung pada video viral untuk memberi rejeki nomplok, peluang Anda kecil.

Konsisten mengunggah konten mungkin merupakan langkah strategis yang lebih baik, dan jika Anda tidak membuat konten karena minat atau hasrat yang tulus, Anda mungkin ingin memilih jalur karier yang berbeda, kata Lindo.

“Ini bukan tentang menjadi viral,” katanya. “Ini tentang menjadi konsisten dan memposting konten berkualitas.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buat merek dan konsisten

Merek membuat Anda diingat oleh audiens. Mulailah dengan mendefinisikannya dan kemudian jaga diri agar tidak menyimpang terlalu jauh darinya.

Penggemar beauty influencer, misalnya, mungkin mencari mereka untuk melihat tutorial tata rias dan rambut, atau mempelajari produk kosmetik yang layak digunakan. Jika para influencer itu tiba-tiba mulai streaming video game atau merekam video makan “mukbang”, audiens mereka akan sedikit bingung.

Setelah memantapkan diri, Anda kemudian dapat memperluas merek dari waktu ke waktu — alih-alih mengejutkan audiens Anda dengan perubahan arah yang cepat dan tidak terduga.

4. Jangan menganggap media sosial sebagai alternatif 9-5 yang mudah

Anda mungkin berpikir bahwa media sosial lebih mudah daripada pekerjaan tradisional. Tidak ada bos yang memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan dan Anda memiliki fleksibilitas untuk mengunggah dengan persyaratan sendiri.

″Tetapi sisi lain dari fleksibilitas dan otonomi itu adalah bahwa Anda tidak memiliki satu bos, Anda memiliki sejuta bos — pengikut Anda,” kata Lindo. “Merekalah yang mengandalkan Anda untuk muncul dan menahan Anda pada standar tertentu.”

Anda harus berinvestasi dalam kesehatan mental dan perawatan diri untuk mempersiapkan diri menghadapi komentar dan kritik audiens, kata Lindo. Anda harus mengenali sebelumnya seberapa banyak pekerjaan yang dilakukan untuk membangun karier media sosial, seperti yang dikatakan pencipta Morgan Eckroth kepada CNBC Make It pada bulan Mei.

Eckroth, seorang barista yang video media sosialnya menghasilkan ribuan dolar per bulan, mengatakan bahwa dia mendedikasikan waktunya untuk memantau analitik videonya, pos penelitian dari pembuat konten lain, dan mencari inspirasi di internet.

Dia juga menghasilkan uang melalui kesepakatan merek dan penjualan barang dagangan, yang melibatkan keahlian yang berbeda dan fokus yang lebih berdedikasi. Itu bisa banyak - dan Eckroth mengatakan dia mungkin bahkan tidak menghabiskan banyak waktu untuk melacak nomor seperti kebanyakan pembuat konten sukses.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Jangan dipaksakan

Memulai karier apa pun bisa jadi sulit, termasuk media sosial. Jangan keras pada diri sendiri jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan, kata Lindo.

Alih-alih, kenali hal yang berhasil untuk Anda dan yang tidak menghasilkan hasil seperti keinginan, dan pikirkan cara untuk mengubah situasi. Jika Anda telah berkomitmen untuk mengunggah konten setiap hari, misalnya, tetapi tanggung jawab lain membuat Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk merekam dan mengedit, jangan merasa gagal, katanya.

Alih-alih, temukan solusi, seperti mengurangi irama unggahan atau merencanakan tanggung jawab yang lain agar lebih sesuai dengan jadwal Anda.

“Anda hanya perlu mencari tahu apa yang terbaik untuk Anda, yang membutuhkan waktu,” Lindo meyakinkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.