Sukses

5 Tips dan Contoh Email Menolak Tawaran Pekerjaan, Jangan Bingung!

Kuncinya adalah berkomunikasi dengan cara yang jujur, profesional, dan ringkas.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melewati wawancara kerja selama berbulan-bulan dan akhirnya mendapat tawaran pekerjaan tak sedikit pencari kerja justru membatalkan atau menolak tawaran tersebut.

Entah karena penghasilan terlalu rendah, budayanya tidak sesuai, atau mendeteksi tanda bahaya lainnya selama proses wawancara kerja.

Tentu saja, hal ini bisa rumit karena Anda tidak ingin memutuskan hubungan dengan perusahaan atau manajer perekrutan.

Kuncinya adalah berkomunikasi dengan cara yang jujur, profesional, dan ringkas. Jika Anda berada dalam situasi harus menolak tawaran tersebut, berikut adalah 5 tips dan contoh email untuk membantu Anda menolak tawaran pekerjaan, melansir laman Forbes, Kamis (9/8/2023).

Menanggapinya tepat waktu

Setelah memutuskan posisi tersebut bukan untuk Anda, hal terakhir yang mungkin dilakukan adalah menunda-nunda.

Dengan memberi tahu manajer perekrutan sesegera mungkin bahwa menolak tawaran pekerjaan, Anda menunjukkan kesopanan profesional kepada mereka. Selain itu, menanggapi dengan segera juga memberikan kesempatan kepada pemberi kerja untuk maju dengan kandidat alternatif.

Contoh:

Yang terhormat [Nama Manajer Perekrutan],

Terima kasih telah menawarkan saya peran [Jabatan] di [Nama Perusahaan]. Saya berterima kasih atas waktu yang telah Anda dan tim Anda investasikan untuk mempertimbangkan pencalonan saya.

Setelah berpikir panjang, saya memutuskan untuk menolak tawaran tersebut. Meskipun saya terkesan dengan budaya perusahaan dan peta jalan produk Anda, saya telah menerima peran lain yang lebih cocok berdasarkan aspirasi karier saya saat ini.

Meskipun itu bukan pilihan yang mudah, saya ingin menghubungi Anda sesegera mungkin.

Sekali lagi, terima kasih atas waktu Anda, dan saya berharap Anda dan tim Anda terus sukses.

Salam Hormat,

[Namamu]

2. Mengucapkan terima kasih

Di email, tunjukkan apresiasi atas kesempatan tersebut. Manajer perekrutan menginvestasikan waktu untuk meninjau resume, mewawancarai, dan membuat tawaran pekerjaan.

Mereka mungkin juga menyarankan Anda kepada orang lain dalam organisasi. Dengan mengungkapkan rasa terima kasih, Anda memberi tahu mereka bahwa mengakui upaya.

Contoh:

Yang terhormat [Nama Manajer Perekrutan],

Saya berterima kasih atas waktu dan upaya yang telah Anda dan tim Anda investasikan untuk mewawancarai saya untuk posisi [Jabatan] di [Nama Perusahaan]. Terima kasih atas kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda dan apa yang Anda perjuangkan.

Setelah berpikir panjang, saya memutuskan untuk menolak tawaran tersebut. Meskipun tidak terduga, ada posisi baru dalam organisasi saya saat ini yang lebih selaras dengan tujuan karier jangka panjang saya.

Saya senang mengenal tim dan berterima kasih atas pengalaman positif yang saya wawancarai selama beberapa minggu terakhir. Saya berharap Anda dan perusahaan terus sukses di masa depan.

Salam,

[Namamu]

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Berikan penjelasan singkat

Tidak perlu memberikan penjelasan panjang lebar alasan Anda menolak tawaran tersebut. Yang terpenting, jujur, jelas, dan ringkas. Spesifik karena berkaitan dengan posisi, gaji atau tanggung jawab. Juga, pastikan untuk bersikap hormat tanpa terlalu emosional.

Contoh:

Yang terhormat [Nama Manajer Perekrutan],

Sekali lagi terima kasih telah mengizinkan saya untuk bertemu tim minggu lalu. Mempelajari lebih banyak tentang peran semua orang dan melihat kantor sangat membuka mata. Saya senang belajar tentang posisi [Jabatan] dan menghargai tawaran pekerjaan.

Sementara posisi ini menawarkan keuntungan yang luar biasa, saya telah memutuskan untuk mengejar peran lain yang akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk pertumbuhan pribadi dan profesional.

Senang bisa mengenal Anda dan saya berharap dapat melihat Anda di konferensi bulan depan.

Salam,

[Namamu]

4. Bersikaplah profesional dan sopan

Bahkan jika Anda memutuskan untuk menolak tawaran pekerjaan, penting untuk bersikap sopan. Hindari membagikan komentar negatif apa pun terkait posisi, perusahaan, atau manajer perekrutan. Alih-alih, pertahankan umpan balik Anda tetap positif. Berterimakasihlah kepada mereka atas kesempatan untuk mewawancarai peran tersebut dan tawarkan untuk mempertahankan kontak di masa mendatang.

Contoh:

Yang terhormat [Nama Manajer Perekrutan],

Saya ingin menyampaikan penghargaan yang tulus karena telah menawarkan saya posisi [Jabatan] di [Nama Perusahaan]. Meskipun saya berterima kasih atas tawaran pekerjaan itu, saya telah memutuskan untuk menolak untuk menerima peran lain yang lebih cocok untuk saya saat ini.

Saya sangat terkesan dengan misi perusahaan Anda dan senang belajar lebih banyak tentang departemen Anda selama proses perekrutan. Saya tidak ragu bahwa dedikasi tim Anda terhadap inovasi akan menghasilkan pertumbuhan dan kesuksesan yang berkelanjutan.

Jika ada peluang masa depan dalam organisasi Anda yang selaras dengan tujuan karier saya, saya ingin sekali dipertimbangkan.

Sekali lagi, terima kasih atas waktunya.

Salam Hormat,

[Namamu]

 

3 dari 3 halaman

5. Tetap berhubungan baik

Menolak tawaran pekerjaan tidak berarti menghilangkan semua kontak dengan pemberi kerja. Bahkan, itu akan menguntungkan Anda untuk tetap berhubungan. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Pada titik tertentu, keadaan mungkin berubah, atau posisi yang lebih menarik bisa terbuka. Dengan menawarkan untuk tetap berhubungan, Anda tetap terbuka terhadap berbagai kemungkinan.

Contoh:

Yang terhormat [Nama Manajer Perekrutan],

Sekali lagi terima kasih telah mengundang saya ke kantor untuk bertemu dengan tim pemasaran minggu lalu. Saya senang belajar lebih banyak tentang budaya dan misi perusahaan Anda secara langsung.

Sambil bersemangat dengan peran itu, saya telah memutuskan untuk menerima posisi lain yang lebih selaras dengan tujuan profesional saya. Ini sama sekali tidak mencerminkan negatif pada tim Anda atau tawaran pekerjaan.

Terlepas dari keadaan ini, saya harap kita bisa tetap berhubungan. Dan jika ada lowongan di perusahaan Anda di masa mendatang, saya ingin sekali dipertimbangkan.

Sekali lagi terima kasih atas pertimbangan Anda.

Salam,

[Namamu]

Perlu diingat bahwa wawancara pada dasarnya adalah latihan membangun jaringan. Apa pun yang terjadi, pengalaman itu memungkinkan Anda untuk bertemu orang-orang yang sebelumnya tidak akan Anda temui.

Yang terpenting, meskipun mengatakan tidak pada tawaran pekerjaan, Anda masih bisa membangun hubungan profesional jangka panjang yang positif.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.