Sukses

Jokowi Temui Xi Jinping di China, Hasilkan 8 Kesepakatan

Presiden Jokowi tengah mengadakan lawatan ke China. Di Kota Chengdu, pada Kamis kemarin, Jokowi bertemu Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi tengah mengadakan lawatan ke China. Di Kota Chengdu, pada Kamis kemarin, Jokowi bertemu Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

Menteri Luar Negeri RI Retno L. Marsudi menjelaskan, dari hasil pertemuan bilateral tersebut, setidaknya menghasilkan delapan kesepakatan.

"Pertama, plan of action dari MoU kesehatan," kata Menteri Luar Negeri RI Retno L. Marsudi dalam keterangan pers yang disaksikan melalui tayangan video akun YouTube Sekretariat Presiden dikutip dari Antara, Jumat (28/7/2023).

Menlu Retno merinci delapan kesepakatan dari kedua negara yang dihasilkan, yakni pertama, Action Plan atau rencana aksi kerja sama bidang kesehatan, dan kesepakatan kedua meliputi protokol pembukaan akses pasar produk pertanian untuk komoditas tepung porang.

Selanjutnya, kesepakatan ketiga meliputi protokol pembukaan akses pasar produk pertanian untuk komoditas bubuk tabasheer dari Indonesia ke China, dan kesepakatan keempat meliputi riset dan pengembangan industri pemuliaan tanaman (plant breeding) dan budidaya laut.

Proyek IKN

Kemudian kesepakatan kelima, yakni RI dan Tiongkok menyepakati kerja sama transfer pengetahuan dan pengalaman untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan kesepakatan keenam, kedua negara menyepakati Nota Kesepahaman tentang peningkatan kerja sama Indonesia-Tiongkok "Two Countries, Twin Parks".

Kesepakatan ketujuh, yakni nota kesepahaman tentang kerja sama ekonomi dan teknis, dan kesepakatan kedelapan, nota kesepahaman tentang pendidikan bahasa Mandarin.

Menlu Retno juga menyampaikan adanya hasil kerja (deriverables) berupa komitmen investasi yang akan disampaikan langsung Presiden Jokowi.

"Di luar itu, ada deriverables berupa komitmen investasi yang detailnya akan disampaikan besok, setelah pertemuan bisnis," kata Menlu.

Presiden Jokowi diagendakan menghadiri sejumlah pertemuan bisnis dengan para investor RRT dan menghadiri pembukaan FISU University Games pada kunjungan hari kedua di Chengdu, Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Kedua di China, Ini Agenda Jokowi dan Ibu Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Kota Chengdu, China, Jumat (28/7/2023).

Jokowi diagendakan menghadiri pembukaan FISU World University Games hingga pertemuan dengan sejumlah pengusaha Tiongkok.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi akan mengawali kegiatan dengan bertemu dengan sejumlah pebisnis Tiongkok yang akan digelar di Hotel Shangri-La Chengdu.

Sementara itu, Ibu Iriana Jokowi diagendakan untuk mengunjungi tempat pembiakan panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding.

 

3 dari 3 halaman

Makan Siang Bareng Xi Jinping

Pada siang harinya, Jokowi dan Iriana diagendakan menghadiri jamuan santap siang oleh Presiden China Xi Jinping dan Madam Peng Liyuan. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara lainnya.

Usai menghadiri jamuan santap siang, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan atlet Indonesia yang akan bertanding dalam gelaran FISU World University Games untuk memberikan semangat kepada mereka.

Malam harinya, Jokowi dan Iriana akan menuju Dong’an Lake Sport Stadium untuk menghadiri upacara pembukaan FISU World University Games, sebelum akhirnya bertolak kembali menuju Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Iriana tiba di Chengdu, China pada Kamis, 27 Juli 2023. Jokowi pun langsung melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini