Sukses

Daftar KRL yang Terdampak Kecelakaan Truk Tabrak Tiang Listrik di Pondok Ranji

Kecelakaan tunggal truk menabrak tiang listrik aliran atas (LAA) di antara lintasan KRL Commuter Line Pondok Ranji - Kebayoran mengganggu sejumlah operasional KRL.

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan tunggal truk menabrak tiang listrik aliran atas (LAA) di antara lintasan KRL Commuter Line Pondok Ranji - Kebayoran mengganggu sejumlah operasional KRL. Tercatat, ada tujuh KA yang terdampak.

Manager External Relations & Corporate Image CareKAI Commuter, Leza Arlan, menjelaskan sebagian listik ke LAA di lokasi kejadian harus dipadamkan sementara. Pasalnya, pihak KAI Commuter langsung terjun melakukan perbaikan.

Leza menerangkan, hingga 09:15 WIB, ada 7 perjalanan commuter line Rangkasbitung yang terhenti.

Di antaranya, Commuter Line No.1671 perjalanannya hanya sampai Stasiun Sudimara, untuk kembali menjadi Commuter Line No.1672 relasi Sudimara - Rangkasbitung.

Lalu, Commuter Line No.1656 Relasi Tanah Abang - Parung Panjang berhenti di sinyal masuk Stasiun Pondok Ranji. Kemudian, Commuter Line No.1658 relasi Rangkasbitung - Tanah Abang berhenti di Stasiun Kebayoran.

Selanjutnya, Commuter Line No.1660 relasi Tanah Abang - Rangkasbitung perjalanannya tertahan di Stasiun Palmerah. Ada pula, Commuter Line No.1665 relasi Parung Panjang - Tanah Abang terhenti di Stasiun Pondokranji.

Lalu, Commuter Line No.1667 relasi Rangkasbitung - Tanah Abang terhenti di Stasiun Sudimara. Serta, Commuter Line No.1669 relasi Parung Panjang - Tanah Abang terhenti di Stasiun Sudimara.

"KAI Commuter mengimbau pengguna commuterline untuk selalu ikuti arahan petugas di lapangan. Tidak memaksakan naik jika keadaan commuter line sudah padat. Ikuti informasi terkini perjalanan commuterline dari sosial media @commuterline dan jadwal serta posisi commuter line secara real time melalui aplikasi C-Access," tuturnya kepada Liputan6.com, Selasa (25/7/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Listrik Dipadamkan

Perjalanan KRL Tanah Abang-Rangkasbitung terkendala akibat ada truk yang menabrak tiang Listrik Aliran Atas (LAA) di sekitaran lintasan Pondok Ranji - Kebayoran. Tabrakan itu mengakibatkan tiang LAA terlihat miring dan menghalangi lajur KRL Commuter Line.

Manager External Relations & Corporate Image CareKAI Commuter, Leza Arlan menjelaskan kejadian tepatnya terjadi di titik KM 17+5 diantara stasiun Pondok Ranji - Kebayoran.

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala pada operasional perjalanan commuter line Rangkasbitung pagi ini Selasa, (25/7) sekitar pukul 08.30 WIB," ujar dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (25/7/2023).

Menurutnya, petugas dari KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta langsung terjun ke lokasi untuk melakukan perbaikan. Guna mendukung upaya itu, listrik di lintasan itu dipadamkan sementara.

"Imbas kendala tersebut, mulai pukul 08.43 WIB LAA pada lintas tersebut dipadamkan untuk keselamatan dan keamanan perjalanan Commuter Line dan proses perbaikan," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Skema Perjalanan

Skema perjalanan KRL Commuter Line pun diberlakukan agar perjalanan di lintas Tanah Abang - Rangkasbitung dan sebaliknya bisa tetap dilayani. Hanya saja, ada beberapa titik terdampak yang sementara ini tak bisa dilalui.

"Untuk tetap dapat melayani perjalanan Commuter Line, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi perjalanan Commuter Line Rangkasbitung. Dimana perjalanan commuter line dari arah Rangkasbitung/Parung Panjang untuk arah tujuan Tanah Abang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Sudimara untuk kembali menuju Rangkasbitung," tuturnya.

"Sedangkan perjalanan commuter line dari arah Tanah Abang, perjalannnya hanya sampai Kebayoran untuk kembali menuju Tanah Abang," sambung Leza.

 

4 dari 4 halaman

Truk Tabrak Tiang

Sebelumnya, ada kejadian truk yang menabrak tiang LAA di dekat SMA Negeri 86 Jakarta Selatan. Atas kejadian itu, tiang LAA pun miring dan sebagian lajur KRL Commuter Line tak bisa dilewati sementara.

Menurut informasi yang didapat Liputan6.com, truk dengan badan besar berwarna biru terperosok ke arah rel KA. Sementara, sebagian badan truk lainnya ada di tengah-tengah jalan.

Diketahui, tiang listrik yang ditabrak tersebut berada di titik KM 17+5 diantara stasiun Pondok Ranji - Kebayoran. Lokasi kejadian ini tidak jauh dengan lokasi SMA Negeri 86 Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.