Sukses

Gresik Pasok 3.156 Ton Pemecah Gelombang Ombak ke Raja Ampat

PT Semen Indonesia Tbk melalui unit usaha PT Varia Usaha Beton (VUB) memasok 2.630 unit pemecah gelombang jenis tetrapod di Pulau Fani, Raja Ampat, Papua Barat Daya. Proyek ini merupakan upaya pelestarian kawasan wisata Raja Ampat yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata prioritas oleh pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta PT Semen Indonesia Tbk melalui unit usaha PT Varia Usaha Beton (VUB) memasok 2.630 unit pemecah gelombang jenis tetrapod di Pulau Fani, Raja Ampat, Papua Barat Daya. Proyek ini merupakan upaya pelestarian kawasan wisata Raja Ampat yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata prioritas oleh pemerintah.

VUB total mengirimkan 3.156 ton tetrapod, dengan berat masing-masing 1,2 ton per unit yang diproduksi di Plant Beton Precast VUB Gresik, Jawa Timur.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, tetrapod buatan VUB di Pulau Fani ini digunakan untuk memecah gelombang ombak air laut agar tidak merusak keindahan dan keasrian pantai. Sekaligus melindunginya dari ancaman abrasi.

Pasalnya, keberadaan Pulau Fani yang merupakan pulau terluar yang terletak di Samudera Pasifik, membuatnya memiliki potensi abrasi yang cukup besar.

"Tetrapod produk dari VUB diproduksi dengan bahan dasar DuPro+, produk yang menghasilkan beton dengan panas hidrasi rendah dan ketahanan optimal terhadap sulfat serta klorida. Keunggulan lain yang tak kalah pentingnya, yaitu ketepatan dalam jumlah dan waktu produksi, serta proses pengiriman," kata Vita, Kamis (20/7/2023).

Pemecah Gelombang Tetrapod

Pemecah gelombang tetrapod buatan VUB juga telah dipasok ke sejumlah proyek srategis, diantaranya Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto sebanyak 586 tetrapod dengan berat 1,8 ton per unit.

Kemudian, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang sebanyak 1.000 unit dengan berat 1 ton, dan kawasan wisata Tanah Lot di Bali dengan jenis tetrapod yang dipasok seberat 10 ton per unit.

"VUB merupakan salah satu unit usaha SIG yang memproduksi berbagai macam produk beton. Antara lain beton siap pakai, beton pracetak, beton masonry, crushed stone, hingga jasa konstruksi dan sewa peralatan," jelas Vita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semen Indonesia Punya Pabrik Beton Baru di Palembang

PT Semen Indonesia atau SIG melalui anak usahanya, PT Varia Usaha Beton (VUB) telah meresmikan pabrik produksi beton di Palembang. Langkah ini untuk membidik potensi pasar baru di wilayah Palembang dan sekitsrnya.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan Kota Palembang merupakan salah satu kota terpadat kedua di Sumatra dengan jumlah penduduk mencapai 1,6 juta jiwa. Sumbagsel juga memiliki dukungan infrastruktur yang baik seperti jalan Tol Trans Sumatera, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Kemudian, ada Stasiun Kereta Api Kertapati, pelabuhan, LRT, dan Sport Center Jakabaring yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan pembangunan, serta berkembangnya kota mandiri baru.

“Keunggulan infrastruktur tersebut menjadi peluang bagi pertumbuhan perekonomian termasuk sektor konstruksi sehingga menjadi pasar yang potensial bagi SIG Group. Hingga akhir tahun 2022, perekonomian Kota Palembang tumbuh 5,25 persen yang salah satunya didorong sektor konstruksi dan perumahan. Kehadiran Batching Plant Palembang diharapkan dapat memperkuat dan mengisi pasar di wilayah Sumbagsel pasca integrasi Semen Baturaja ke SIG”, kata Vita Mahreyni dalam keterangannya, Sabtu (24/6/2023).

Informasi, Pabrik Ready-mixed Batching Plant Palembang dibangun di wilayah Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan. Peresmian pabrik ini merupakan kolaborasi dengan PT Semen Baturaja Tbk pascaintegrasi, serta perluasan jaringan layanan produk-produk VUB untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, serta mendukung pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel).

Batching Plant VUB Palembang dibangun menggunakan teknologi wet system dan command batch dengan kapasitas terpasang sebesar 60 m3/ jam dan volume produksi sebesar 45 m3/ jam atau 8.500 m3/bulan.

Untuk kebutuhan semen dalam proses produksi beton di Batching Plant VUB Palembang akan dipasok oleh Semen Baturaja. Layanan Batching Plant VUB Palembang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

3 dari 3 halaman

Produksi Beton

VUB adalah salah satu unit usaha SIG yang memproduksi berbagai macam produk beton, antara lain beton siap pakai, beton pracetak, beton masonry, crushed stone, hingga jasa konstruksi dan sewa peralatan.

Vita menerangkan, produk dan layanan VUB tersebut memiliki tiga keunggulan yaitu tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, serta ramah lingkungan, karena didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan kelengkapan mesin dan peralatan yang sesuai standar dan serba otomatis.

"VUB telah berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, di antaranya, Mandalika Circuit, Tol Semarang-Demak, jalur kereta api elevated Solo Balapan-Kadipuro, Tol Manado-Bitung, Jalan Layang Akses Bandara Ahmad Yani Semarang, PLTGU Muara Tawar Jakarta, Simpang Susun Tol Serang Panimbang, Flyover Ganefo Mranggen, Tol Surabaya-Mojokerto, Bandara Hasanudin Makassar, Legian Arcade Denpasar Bali," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.