Sukses

Hasil Tes Online Tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN Diumumkan Hari Ini 3 Juli 2023, Cek Tahapan Lengkap Penerimaan hingga Inaugurasi

Kementerian BUMN mengumumkan online test tahap I pada Senin, 3 Juli 2023. Berikut tahapan lengkap penerimaan BUMN setelah pengumuman online test tahap I.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengumumkan tes tahap I rekrutmen bersama BUMN pada Senin, 3 Juli 2023. Berikut tahapan jadwal lengkap rekrutmen bersama BUMN 2023.

Mengutip Instagram @fhci.bumn, ditulis Senin (3/7/2023), Kementerian BUMN menyampaikan pengumuman online test tahap I dilakukan pada Senin, 3 Juli 2023 melalui akun masing-masing pelamar pada portal resmi RBB 2023 https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Kementerian BUMN pun mengingatkan untuk waspada segala jenis bentuk penipuan, setiap tahapan rekrutmen bersama BUMN tidak dipungut biaya.

Setelah pengumuman hasil registrasi online dan tes online tahap 1 pada Juni dan Juli 2023, kemudian ada tahapan-tahapan selanjutnya yang perlu dipantau.

Berikut tahapan berikut untuk penerimaan BUMN setelah pengumuman tes online tahap 1 yang dikutip dari laman rekrutmenbersama.fhicbumn.id, yaitu:

Tes online tahap 2

DIII, DIV/SI, S2: Tes Bahasa Inggris

SMA/sederajat: Tes Akhlak

16 Juli-20 Juli 2023

-Kemudian pengumuman tes online tahap 2 pada Agustus 2023

-Tes seleksi di BUMN

Tes kompetensi bidang (TKB) User Interview, Social Media Analitic, Digital Mindset dan Medical Check-Up (MCU)

5 Agustus-26 Agustus 2023

-Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN

Agustus 2023

-Inaugurasi

Masih dalam konfirmasi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Lolos Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Sebelumnya, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Kementerian BUMN akan menggelar melaksanakan tes masuk dalam Rekrutmen Bersama BUMN. Nanti proses tes Rekrutmen Bersama BUMN ini akan berlangsung mulai 12-20 Juni 2023.

Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN Tedi Bharata mengingatkan para peserta tes Rekrutmen Bersama (RBB) BUMN 2023 mengikuti seluruh petunjuk teknis agar tidak gagal dalam proses ujian yang dilakukan melalui platform digital itu.

"Ini penting kami ingatkan agar peserta terhindari dari kegagalan karena hal-hal yang bersifat teknis seperti peralatan yang digunakan dan hal terkait lainnya," kata Tedi Bharata dalam keterangan tertulis, Minggu (11/6/2023).

Seperti diketahui tes RBB 2023 dimulai Senin (12 Juni) hingga 20 Juni mendatang. Rinciannya, pada 12-19 Juni untuk lulusan D3,S1/D4,S2 dan pada 20 Juni untuk lulusan SMA.

Informasi, sekitar 2 juta orang mendaftar untuk ikut tes RBB BUMN ini. Namun 800 ribu orang yang lolos syarat administrasi dan diundang untuk mengikuti tes secara online.

Kepada para peserta, kata Tedi, pihaknya telah mengirim email terkait tahapan dan petunjuk teknis tes rekrutmen BUMN. Pengumuman serupa juga diunggah di sejumlah akun media sosial yang dikelola oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) selaku penyelenggara RBB.

Salah satu persyaratannya, peserta wajib menggunakan komputer PC atau laptop yang dilengkapi kamera dan mouse saat mengikuti ujian online. Peserta tidak dapat menggunakan ponsel, tablet, atau smartphone lantaran tidak cocok dengan sistem yang ada.

 

 

3 dari 3 halaman

Keluhan dan Tak Wajib

Keluhan

Tedi mengatakan dia mencermati adanya keluhan seorang calon peserta di sebuah platform media sosial. Dalam video yang diunggah di platform itu, pemilik akun mengeluhkan waktu ujiannya mepet dengan jam salat Jumat.

Merespons hal itu, Tedi mengatakan itu terjadi lantaran peserta tersebut menggunakan ponsel sehingga tidak semua fitur berjalan dengan baik.

"Yang bersangkutan juga telah mengakui dirinya mengikuti tes menggunakan ponsel dan tidak membaca secara detail petunjuk teknisnya. Hal seperti inilah yang perlu dihindari," tambah Tedi.

Tes yang diikuti pada hari Jumat lalu itu, kata Tedi, bersifat uji coba, bukan tes sebenarnya (live test). Uji coba itu dimaksudkan agar peserta punya waktu mempersiapkan kehandalan perangkat dan jaringan internet saat mengikuti tes sebenarnya.

Tidak Wajib

Lantaran bersifat uji coba, tes tersebut tidak wajib diikuti dan tidak mempengaruhi penilaian. Dari sisi durasi, kata Tedi, trial test itu maksimal 30 menit, tapi bisa lebih cepat jika peserta bisa menjawab soal sebelum waktu berakhir. Dalam video itu, pengguna akun memang mengakui dirinya menggunakan smartphone. Dalam dialog dengan sesama pengguna di platform itu, yang bersangkutan mengakui kesalahpahamannya.

Tedi menegaskan kembali bahwa sesuai persyaratan tes rekrutmen BUMN akan menggunakan PC/laptop serta kamera pada komputer PC/laptop wajib dinyalakan saat pelaksanaan ujian. Jika tidak, peserta akan otomatis gugur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.