Sukses

5 Pemicu Bertumpuknya Utang Kartu Kredit

Jika saat ini Anda tengah berjuang menyicil utang, percayalah Anda tidak sendirian. Sebuah negara saja bisa mempunyai tumpukan utang besar.

Jika saat ini Anda tengah berjuang menyicil utang, percayalah Anda tidak sendirian. Sebuah negara saja bisa mempunyai tumpukan utang yang jumlahnya sangat besar.

Apalagi selama bertahun-tahun, masyarakat semakin dipermudah dan dimanjakan dengan layanan bernama kredit. Bahkan tak jarang, sampai-sampai banyak orang jadi berlebihan bahkan terjebal dalam lilitan utang.

Sekarang saatnya Anda melakukan gerakan penghematan. Kelima strategi yang dikutip dari howlifeworks.com, Senin (11/3/2013), berikut trik penting bagi Anda yang punya kredit berlebihan.

1. Hanya membayar utang-utang kecil.
Menunda membayar hutang besar, akan jadi masalah serius. Ia berbunga.

2. Mengandalkan teman dan keluarga.
Hal ini dapat merusak hubungan dengan orang-orang paling penting dalam hidup Anda.

3. Terjebak rentenir dengan bunga tinggi.
Jangan pernah berurusan dengan rentenir, meski akses ke mereka sangat mudah.

4. Gali lubang tutup lubang.
Mencari pinjaman lebih besar, dengan bunga lebih besar, untuk melunasi hutang-hutang kecil. Nampaknya mudah jika hanya memiliki satu 'tanggungjawab', tapi pikirkan, ini artinya Anda harus membayar kembali dari awal.
5. Mengaku pailit.
Konsekuensi masa depan dari deklarasi ini harus Anda pertimbangkan. Berusahalah untuk tetap memiliki akses pinjaman di masa mendatang.

Lembaga Penjamin

Bagi banyak orang, bekerjasama dengan lembaga penjamin adalah solusi yang bagus. Mungkin Anda pernah mendengar iklan tentang lembaga ini, tapi apa yang sebenarnya mereka lakukan?

Lembaga penjamin adalah perusahaan yang menanggung utang tanpa jaminan Anda. Yang termasuk utang tanpa jaminan ini adalah kartu kredit, dan tagihan medis. Yang tidak termasuk di dalamnya adalah hipotek tanah, kredit mobil, utang pendidikan, serta pajak. Lembaga penjamin telah memiliki perhitungan sendiri untuk menutup kewajiban Anda.

Lembaga penjamin bekerja dengan konsumen untuk melihat jumlah bulanan wajar yang bisa mereka bayarkan untuk membayar utang.  Individu membuat pembayaran ini terjangkau, sebagai simpanan, dan lembaga penjamin akan menggunakannya untuk meng-cover utang tak terbayar.

Biasanya lembaga ini punya hubungan baik dengan kreditur, dan bernegosiasi atas nama ribuan banyak orang. Jumlah simpanan mereka menjadi lebih signifikan. Namun dalam situasi berbeda, bisa jadi berkurang sampai 50% dari jumlah yang beredar, untuk menutupi utang pelanggan mereka hanya dalam beberapa tahun.

Saat ini ada begitu banyak lembaga penjamin. Sehingga pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana menemukan lembaga penjamin yang sah dan dapat dipercaya?

Salah satu cara yang bagus adalah mengunjungi konsultan atau jasa keuangan. Konsultasi mereka cuma-cuma. Jika Anda mau, mereka bisa mengembangkan sebuah rencana untuk kebutuhan spesifik Anda, dan bernegosiasi atas nama Anda dengan perusahaan kartu kredit. (Est/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.