Sukses

Segini Biaya Sekolah di The Juilliard School, Impian Putri Ariani Peraih Golden Buzzer America's Got Talent 2023

Setelah suskes menjadi musisi dan berhasil meraih Golden Buzzer di America's Got Talent, kini keinginan Putri Ariani untuk sekolah di Juilliard School New York segera terwujud

Liputan6.com, Jakarta Putri Ariani kini perlahan mulai mewujudkan mimpinya. Setelah suskes menjadi musisi dan berhasil meraih Golden Buzzer di America's Got Talent, kini keinginan Putri Ariani untuk sekolah di Juilliard School New York segera terwujud.

Ini setelah dirinya mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) langsung diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

"Inspirasi Putri untuk negara ini luar biasa. Maka dari itu, kami ingin merealisasikan mimpi Putri untuk berkuliah di kampus impian Putri, yang seleksinya sangat ketat. Jadi kami akan mendukung penuh lewat Beasiswa Indonesia Maju," ujar Nadiem dalam siaran pers tertulis, Senin (12/6/2023).

Menurut Nadim, program BIM yang tahun ini juga menyasar siswa kelas menengah atas dan sederajat, juga akan membantu penerimaan beasiswa mulai dari persiapan memasuki perguruan tinggi pilihannya.

Beasiswa ini menurut Nadiem cocok untuk Putri yang sudah meraih Golden Buzzer di America's Got Talent.

Sekolah Musik Ternama di Dunia

The Juilliard School of Music sendiri merupakan salah satu universitas bergengsi yang terletak di Negeri Paman Sam. Setiap orang yang memiliki passion tinggi di bidang seni dan musik sangat ingin belajar di sekolah ini.

Yayasan Musik Juilliard mendirikan Sekolah Pascasarjana Juilliard pada 1924. Mulai 1946, Institut Seni Musik dan Sekolah Pascasarjana Juilliard dilebur menjadi Juilliard School of Music.

Biaya Masuk The Juilliard School

Dikutip dari laman resmi The Juilliard School, anggaran siswa di tahun akademik 2023/2024 bisa mencapai miliaran rupiah. Untuk biaya pendidikan pendidikan di The Juilliard School dipatok USD 53.300 atau sekitar Rp 790 juta.

Sebagian besar siswa yang masuk ke kampus tersebut biasanya akan tinggal di asrama dengan kamar ganda. Biaya asrama termasuk meal plan seharga USD 21.340 atau sekitar Rp 316 juta.

Setiap siswa juga harus membayar asuransi kesehatan sebesar USD 3.000 atau Rp 44 juta. Selain itu, siswa juga dibebankan biaya orientasi sebesar USD 250 atau Rp3,7 juta.

Dari estimasi rincian anggaran tersebut, jika ditotal maka siswa wajib membayar biaya sekolah sebesar USD 77.890 atau Rp 1,5 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Haru Putri Ariani Diberi Nadiem Makarim Beasiswa Juilliard School, Perlahan Mimpi Jadi Nyata

Mimpi Putri Ariani untuk bersekolah di Juilliard School New York tampaknya bakal terwujud. Hal ini setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim berjanji bakal memberikan beasiswa untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Nadiem Makarim menyampaikan bahwa ia akan membantu Putri Ariani lewat Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

"Inspirasi Putri untuk negara ini luar biasa. Maka dari itu, kami ingin merealisasikan mimpi Putri untuk berkuliah di kampus impian Putri, yang seleksinya sangat ketat. Jadi kami akan mendukung penuh lewat Beasiswa Indonesia Maju," ujar Nadiem dalam siaran pers tertulis, Senin (12/6/2023).

Menurut Nadim, program BIM yang tahun ini juga menyasar siswa kelas menengah atas dan sederajat, juga akan membantu penerimaan beasiswa mulai dari persiapan memasuki perguruan tinggi pilihannya.

"Jadi selain beasiswa penuh saat kuliah nanti, dalam proses pendaftaran Putri Ariani ke kampus, persiapan untuk tes, juga akan didukung lewat beasiswa ini," ungkap Nadiem.

 

3 dari 3 halaman

Beri Surat Rekomendasi

Tak hanya itu, Nadiem bahkan sudah menawarkan surat rekomendasi untuk memperkuat pendaftaran Putri ke Juilliard School atas prestasinya.

Janji Nadiem Makarim itu disambut tangis haru oleh Putri Ariani. Sebagaimana diketahui, saat tampil di America's Got Talent dan sebelum mendapat Golden Buzzer, ia menyampaikan impiannya untuk bersekolah di Juilliard School dan menjadi penyanyi seperti Whitney Houston.

“Terima kasih. Aku senang banget. Soalnya dari kecil impianku mau kuliah di The Juilliard School (New York, AS),” kata Putri.

Nadiem mengapresiasi semangat luar biasa Putri dan juga orang tua yang mendukung perjalanan Putri selama menempuh pendidikan di sekolah umum.

“Menurut saya pengalaman Putri sangat menggambarkan konsep Merdeka Belajar. Di mana orang tua mengikuti minat dan bakat dan memberikan kebebasan dalam mengajarkan Putri. Saya akan sangat senang kalau Putri bisa membuat lagu tentang Merdeka Belajar,” pungkas Nadiem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.