Sukses

Indonesia Raih Dukungan ASEAN untuk Capai Prioritas Ekonomi dan Peningkatan Kerja Sama

Upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai berbagai prioritas ekonomi di tahun 2023 ini mendapatkan dukungan dari ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta Upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai berbagai prioritas ekonomi di tahun 2023 ini mendapatkan dukungan dari ASEAN. Selain itu, para negara mitra ASEAN juga sepakat mendorong peningkatan kerja sama dan hubungan ekonomi. Dukungan tersebut mengemuka saat Second Meeting of The ASEAN Senior Economic Officials for The Fifty-Fourth ASEAN Economic Ministers’ Meeting (SEOM 2/54) yang berlangsung pada 22–26 Mei 2023 di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, secara khusus ASEAN juga membahas berbagai perkembangan kerja sama dan perundingan dengan para negara mitra. Adapun beberapa negara mitra ASEAN yang hadir, yakni Amerika Serikat (AS), Tiongkok, Jepang, Kanada, Korea Selatan, dan India. Adapun isu-isu baru yang dibahas seperti ekonomi digital dan ekonomi hijau.

“Kami membahas perkembangan dari capaian prioritas ekonomi Indonesia. Pertemuan mengidentifikasi beberapa prioritas ekonomi yang mengalami kendala karena ada kesiapan domestik di negara ASEAN beragam. Namun kami optimis, dengan diskusi intensif, Indonesia mampu mendorong agar semua prioritas ekonomi dapat segera tercapai tahun ini,” tegas Direktur Perundingan ASEAN selaku Alternate SEOM Chair, Dina Kurniasari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Mendorong Implementasi ACFTA

Pada pertemuan ASEAN dengan Tiongkok, Dina menuturkan, Indonesia menegaskan pentingnya penyelesaian berbagai kasus hambatan perdagangan untuk mendorong implementasi ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) yang lebih optimal.

Selain itu, program peningkatan kapasitas penting dilakukan untuk mendorong penyelesaian perundingan upgrading ACFTA. Dina juga menyampaikan, pada pertemuan ASEAN dengan India, Indonesia menyepakati perlu disusun rencana kerja yang lebih feasible untuk mendorong dilakukannya perundingan ASEAN India Trade in Goods Agreements (AITIGA) di tahun depan.

Sementara saat bertemu dengan Kanada, disepakati perlu diintensifkannya diskusi terkait isu-isu outstanding. Pada pertemuan ini, Indonesia juga menyampaikan perkembangan terkini mengenai persiapan Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi ASEAN yang akan berlangsung tanggal 17-21 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah yang juga akan mengundang para Menteri Mitra Dialog ASEAN. Di pertemuan tersebut sekaligus akan diluncurkan Tariff Finder dan ASEAN Online Sales Day (AOSD).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini