Sukses

Kisah Sukses Startup Jepang Milik Daiki Okai, Raup Rp 1 Triliun Gantikan Orang Berjalan dengan Skuter

Tak lama setelah lulus dari Universitas Tokyo, CEO muda ini ingin mengembangkan cara bagi perawat lanjut usia untuk menjangkau pasien dengan cepat, terutama di daerah yang tidak memiliki akses kereta api yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu CEO skuter listrik Jepang Luup yaitu Daiki Okai, kota yang ideal ialah tempat yang di dalamnya berisi orang-orang yang tidak perlu berjalan kaki untuk pergi ke mana-mana. Karena itu, dia pun menciptakan inovasi baru untuk mewujudkan visinya tersebut.

“Luup bertujuan untuk membangun transportasi jarak jauh pertama dan terakhir sekaligus menciptakan masa depan di mana semua orang dapat bergerak dengan bebas,” kata Okai seperti dilansir Forbes, Jumat (12/5/2023).

Tak lama setelah lulus dari Universitas Tokyo, CEO muda ini ingin mengembangkan cara bagi perawat lanjut usia untuk menjangkau pasien dengan cepat, terutama di daerah yang tidak memiliki akses kereta api yang mudah.

Idenya menjadi dasar dari startupnya Luup, yang menawarkan sepeda listrik, skuter, dan kendaraan lain untuk disewa dan dikendarai oleh para komuter.

Luup, penerima penghargaan Forbes Asia 100 to Watch list 2022 telah muncul sebagai salah satu pemimpin Jepang dalam mikromobilitas, suatu bentuk transportasi yang melibatkan kendaraan ringan.

Didirikan pada 2018, startup yang berbasis di Tokyo ini mengklaim armadanya mencakup 10.000 sepeda listrik dan skuter listrik di enam kota di Jepang, yang mencakup lebih dari 90 persen pasar layanan berbagi e-skuter di negara tersebut.

Melalui aplikasi Luup, yang menurut perusahaan memiliki lebih dari 1 juta unduhan, pengguna dapat mengidentifikasi pelabuhan terdekat dan menyewa sepeda elektronik atau skuter dengan 15 yen per menit atau sekitar USD 7 per jam.

Pusat parkir "kepadatan super tinggi" startup menjadikannya penawaran ideal untuk transportasi jarak jauh pertama dan terakhir, kata Okai, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan skuter bahkan dalam jarak pendek.

Memiliki port yang ditunjuk sebagai pembeda antara Luup dari startup e-skuter Amerika, seperti Bird yang berbasis di Los Angeles dan Lime yang berbasis di San Francisco, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil atau meninggalkan skuter mereka di lokasi mana pun.

Meskipun model “tanpa dok” ini mungkin menawarkan kenyamanan yang lebih besar, model ini juga membuka kemungkinan kerusakan atau pencurian perangkat.

Di Los Angeles saja, kasus pencurian e-skuter meningkat dua kali lipat pada 2022, meskipun sebagian besar melibatkan properti pribadi, menurut statistik dari Departemen Kepolisian Los Angeles.

Tantangan serupa tidak menjadi masalah di Jepang, kata Satoshi Mukoyama, CFO di Luup. “Saya tidak ingin terlalu patriotik, tetapi orang-orang di Jepang pada umumnya berhati-hati,” katanya. "Orang tidak benar-benar berpikir bahwa mereka akan mencuri barang di jalan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendanaan Luup

Pada April, Luup menyelesaikan putaran pendanaan senilai USD 33,5 juta, lebih dari dua kali lipat dari total dana yang terkumpul menjadi 9,1 miliar yen.

Investor lama ANRI, SMBC Venture Capital Sumitomo Mitsui Financial dan Spiral Capital, perusahaan modal ventura yang dipimpin oleh mantan kepala McKinsey Jepang Masao Hirano, berkontribusi dalam putaran tersebut.

Adapun investor baru termasuk GMO Internet Group dan Mitsubishi UFJ Trust and Banking Corporation, cabang trust banking dari bank terbesar di Jepang berdasarkan total aset, juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan tersebut.

Luup menolak untuk mengatakan jumlah valuasi yang didapat startup di babak baru, tetapi mengatakan kepada Forbes bahwa mereka mengharapkan keuntungan dalam satu hingga dua tahun.

"Luup adalah perusahaan langka yang benar-benar berusaha menciptakan 'infrastruktur sosial'," kata Takashi Chiba, partner di Spiral Capital, dalam sebuah pernyataan tentang pendanaan terbaru startup tersebut.

“Produknya telah menjadi populer di kalangan pengguna dan digunakan setiap hari, yang mengarah ke posisi dominan perusahaan di bidang mobilitas mikro.”

Ke depannya, Okai melihat Luup sebagai penyedia pilihan mobilitas yang berbeda, termasuk kendaraan untuk lansia dan penyandang disabilitas.

Tim sedang mengeksplorasi tampilan opsi yang dapat diakses ini, termasuk fungsi yang berpotensi otomatis. Salah satu desain prospektif adalah skuter roda empat kursi tunggal, dengan kecepatan maksimum yang lebih lambat dari model yang ada.

“Mobilitas mikro hanyalah langkah pertama menuju apa yang ingin kami capai,” kata Okai. “Ada banyak layanan yang dapat didasarkan pada jaringan yang kita miliki, apa pun yang dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan kita sehari-hari.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini