Sukses

Distribusi BBM di Mudik Lebaran 2023 Dinilai Lancar, Tak Terlihat Antrean Mengular

Semua stakeholder yang terlibat dalam pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) terlihat lebih matang dari sisi persiapan di momen Lebaran 2023 ini.

Liputan6.com, Jakarta Pendistribusian BBM dinilai positif di masa arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023.  Ini terlihat dari minimnya antrean di SPBU Pertamina yang sebelumnya menjadi penyebab kemacetan di berbagai titik arus mudik Lebaran.

Menurut Mulyanto, Anggota Komisi VII DPR RI, ini padahal jumlah pemudik tahun ini diperkirakan meningkat dibanding tahun lalu. Semua stakeholder yang terlibat dalam pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) terlihat lebih matang dari sisi persiapan di momen Lebaran 2023 ini.

"Alhamdulillah. Tidak banyak antrean kendaraan di SPBU yang dilaporkan dalam jalur mudik kemarin, termasuk pada saat puncak mudik sekitar tanggal 20 April lalu. Tentunya ini atas upaya persiapan yang baik dari Pertamina pihak SPBU, BPH Migas dan aparat lainnya," ungkap Mulyanto melansir Antara di Jakarta, Minggu (23/4/2023).

Namun, Mulyanto meminta Pertamina dan pemerintah jangan terlena. Pasalnya, arus balik kendaraan pascapulang kampung tinggal beberapa hari lagi. "Ini harus kembali dipersiapkan dengan baik," katanya.

Sementara itu, pengamat energi dan Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro menceritakan selama perjalanannya mudik ke wilayah Jawa Timur juga tidak menemukan adanya antrean panjang di SPBU.

"Sepanjang perjalanan mudik saya melihat ketersediaan BBM aman. Saya mampir pada sejumlah SPBU di beberapa rest area aman ketika saya tanya ketersediaan," ujar Komaidi.

Fazri, salah seorang pemudik dari Jakarta yang menuju ke Cirebon, mengaku tidak terlalu khawatir terhadap ketersediaan bahan bakar di periode mudik kali ini, meskipun jalur yang ditempuh sudah dipadati kendaraan. Dia pun sempat terjebak dalam kemacetan di wilayah Karawang Timur.

"Karena banyak petugas SPBU siaga 24 jam. Mereka juga siap jemput bola, pakai motor kalau ada kendaraan yang kehabisan BBM di tengah jalan," ujar Fazri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirut Pertamina: Tak Ada Kelangkaan BBM di Jalur Mudik Lebaran

Berdasarkan hasil monitoring Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) Pertamina, terlihat puncak arus mudik terjadi pada H-2 Idulfitri, yaitu pada Kamis, 20 April 2023. Demikian disampaikan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Jakarta, Sabtu malam, 22 April 2023.

“Alhamdulillah berhasil kita tangani dengan baik, tidak ada kelangkaan BBM di jalur-jalur mudik, stok BBM juga terjaga aman,” ucap Nicke.

Nicke menambahkan, bahwa laporan dari PIEDCC dikeluarkan setiap hari sehingga bisa terus dimonitor secara langsung. Setelah berhasil mengamankan stok BBM saat arus mudik, Pertamina akan fokus mengelola pasokan BBM di daerah tujuan mudik dan daerah wisata.

“Tiga hari ini kita akan fokus mengelola pasokan BBM di daerah-daerah tujuan mudik dan daerah-daerah wisata, dan selanjutnya kita akan siap-siap menyambut arus balik,” ungkap Dirut Pertamina.

Dalam kesempatan tersebut, Nicke juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin membeli BBM, dapat menggunakan metode pembayaran nontunai untuk mempercepat antrian di SPBU.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat menggunakan pembayaran cashless untuk pembelian BBM, supaya transaksi lebih cepat dan aman, serta tidak terjadi antrian di SPBU,” pungkas Nicke.

3 dari 3 halaman

Aplikasi MyPertamina Ditiadakan Selama Mudik Lebaran Idul Fitri? Ini Kata Pertamina

Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) menghimbau kepada para pemudik lebaran 2023 untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) sesuai kebutuhan.

Sebelumnya, sempat mencuat informasi dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, yang mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktur Utama Pertamina bahwa aplikasi MyPertamina tidak diberlakukan selama mudik.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menegaskan, penerapan aplikasi MyPertamina saat mudik lebaran diterapkan secara situasional melihat kondisi di lapangan, khususnya di SPBU pada jalur mudik.

"Tidak seperti itu, nanti situasional melihat kondisi di lapangan. Kami menghimbau agar tetap membeli BBM sesuai kebutuhan, dan gunakan BBM sesuai spesifikasi kendaraan," kata Irto kepada Liputan6.com, Jumat (21/4/2023).

Oleh karena itu, Pertamina Patra Niaga akan memastikan stok dan penyaluran BBM lancar, untuk memastikan mudik aman dan berkesan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.