Sukses

PLN Jamin Keandalan Listrik Labuan Bajo Sambut KTT ASEAN Summit 2024

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, I Gede Agung Sindu Putra, menyampaikan langkah strategis PLN dalam mengamankan pasokan kelistrikan selama KTT ASEAN Summit 2023 berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memastikan keandalan listrik di Labuan Bajo guna mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 pada 9-11 Mei 2023 mendatang. Seluruh infrastruktur kelistrikan, mulai pembangkit, jaringan transmisi dan distribusi dalam kondisi prima untuk memasok listrik ke seluruh lokasi kegiatan.

Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto, meminta PLN memastikan seluruh kesiapan infrastruktur kelistrikan. Termasuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk pengisian daya mobil listrik yang akan digunakan oleh delegasi.

"BUMN sebagai salah satu pilar utama dalam penyelenggaraan KTT ASEAN Summit 2023 berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk menyukseskan KTT ASEAN Summit 2023 ini. Dari sisi kelistrikan, PLN mempersiapkan segala sesuatunya sesuai target termasuk penambahan pembangkit untuk keandalan pasokan listrik di Labuan Bajo," ujar Susyanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/4/2023).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, I Gede Agung Sindu Putra, menyampaikan langkah-langkah strategis PLN dalam mengamankan pasokan kelistrikan selama KTT ASEAN Summit 2023 berlangsung.

"Kami pastikan keandalan operasi sistem kelistrikan yang andal dari pembangkit, transmisi dan juga distribusi di Labuan Bajo yang merupakan lokasi destinasi wisata super prioritas," kata Sindu.

Pengamanan kelistrikan utama akan dilakukan di venue kegiatan seperti Hotel Meruorah dan Ayana Resort. PLN juga memastikan pasokan listrik aman di Plataran Komodo dan Sudamala Resort yang menjadi tempat menginap para delegasi KTT ASEAN Summit 2023.

“Kami juga memastikan pasokan listrik aman di objek vital lainnya seperti rumah sakit, posko pengamanan dan juga kawasan wisata. Kami menyiagakan personel dan alat pendukung listrik," jelas Sindu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Flores Control Center

PLN juga telah meresmikan Flores Control Center yang di dalamnya terdapat Regional Control Center (RCC) Flores dan Distribution Control Centre (DCC) Maumere. Infrastruktur ini merupakan pusat kontrol penyaluran listrik sistem Flores dari Labuan Bajo sampai dengan Maumere dan pusat kontrol distribusi listrik Pulau Flores.

“Saat ini kami terus memperkuat keandalan sistem pembangkit dengan memastikan ketersediaan energi primer tercukupi dan uprating jaringan di sisi distribusi." ujar Sindu.

Sindu melanjutkan, dalam rangka mendukung mobilisasi kendaraan listrik kepala negara, delegasi dan operasional, PLN juga mempersiapkan 7 SPKLU fast charging di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat.

 

3 dari 3 halaman

100 Standing Home Charging

Selain itu, PLN sedang mempersiapkan 100 standing home charging yang tersebar di lokasi area parkir hotel tempat menginap kepala negara dan delegasi.

"Untuk SPKLU menyambut delegasi telah siap 75 persen, dan sisa 25 persen diperkirakan minggu ke- 4 April akan selesai semua. PLN juga sudah melipatkan ketahanan listrik di Labuan Bajo. Jadi untuk buffer gelaran KTT ASEAN Summit 2023 diupayakan aman dan berjalan lancar," paparnya.

Lebih lanjut, PLN juga menyiagakan 320 personel untuk bergerak cepat memitigasi risiko dalam melakukan pengamanan dan menjawab kebutuhan pelanggan.

"Kami juga menyiapkan peralatan pendukung seperti 47 set uninterruptible power supply (UPS), 21 set unit gardu bergerak (UGB), 6 set unit kabel bergerak (UKB) dan 34 unit genset," beber Sindu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.