Sukses

Viral Kritik Infrastruktur di Lampung Tuai Perhatian, Keluarga Tiktoker Bima Yudho Tak Mau Masalah Berlarut

Paman Tiktokers Bima Yudho Bambang Kuncoro mengatakan, terlalu banyak atensi terkait masalah viral kritik infrastruktur di Lampung sehingga pihak keluarga tidak ingin jadi berlarut.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara sekaligus paman Tiktokers Bima Yudho yang viral karena kritik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, Bambang Kuncoro menuturkan, pihaknya terkejut karena konten yang dibuat Bima viral. Bambang juga menuturkan, pihaknya tak ingin masalah saat ini terus berlarut.

"Terlalu banyak atensi terkait masalah ini, kami pihak keluarga tidak ingin jadi berlarut,” ujar Bambang Kuncoro, dikutip dari Antara, ditulis Senin, (17/4/2023).

Ia menuturkan, keluarga Bima juga terkejut lantaran konten yang dibuat oleh yang bersangkutan viral. Hal ini karena memang sudah banyak konten kreator bahkan media mainstream lokal dan nasional yang melaporkan infrastruktur yang hancur di Lampung.

"Kami pihak keluarga terkejut, saya saja tak mengira akan se-viral ini konten yang dibuat oleh Bima. Padahal persoalan infrastruktur ini sudah diangkat oleh media nasional tapi tidak juga viral, ketika Bima dengan gaya komunikasi yang ada kata-kata negatif viral, terutama saat kritik jalan karena yang menonjol adalah jalan,” tutur dia.

Di sisi lain, ia juga sangat menyayangkan respons kurang baik entah dari pemerintah daerah baik dari gubernur, bupati dan lainnya.

“Kami pihak keluarga hanya sayangkan respons kurang baik dari entah pemda, gubernur, bupati dan lain-lain, karena kalau menurut kami inilah cara anak muda zaman sekarang dalam mengkritik,” tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Laporan dari Pengacara

Ia mengatakan, orangtua Bima yang hanya seorang PNS biasa menuturkan kalau sudah ada laporan polisi meski hanya pengaduan tertulis yang dibuat salah seorang pengacara.

“Kemudian orangtua Bima pun menyampaikan kepada saya mereka sempat dipanggil oleh Wakil Bupati Lampung Timur ke rumah dinas, lalu sampai di sana disampaikan ada telpon dari Gubernur dan diberikan telpon itu kepadanya,” kata dia.

Bambang menuturkan, setelah menerima telpon itu, ternyata Gubernur Lampung memarahi orangtua Bima. Bahkan meminta agar Bima tidak keluarkan pernyataan lagi.

“Bahkan bapak-nya Bima disebut tidak bisa didik anak dan lainnya, inilah yang menjadi kekecewaan kami pihak keluarga. Bahkan persoalan ini akan tetap dinaikkan ke jalur hukum, tentu ketakutan itu ada pada orangtua Bima, karena kami orang kampung tidak tahu hukum, terlebih yang bicara sekelas Gubernur, bisa dibayangkan,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Efek Kritikan Tiktoker Awbimax alias Bima Yudho Saputro Viral, Warganet Mengaku Jalanan Lampung Mulai Diperbaiki

Sebelumnya, Tiktoker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro viral setelah videonya yang mengkritik Lampung dibahas banyak orang. Video tersebut tidak hanya membahas beberapa alasan mengapa Lampung tidak maju-maju seperti karena infrastruktur, pendidikan yang tidak merata, tapi juga ke masalah jalanan di Lampung yang rusak di mana-mana.

Video itu sendiri hingga kini telah ditonton lebih dari 16,6 juta kali di Tiktok. Akibat dari video itu, banyak warga Lampung yang ikut mengunggah video untuk membuktikan bahwa benar jalanan di Lampung rusak parah di beberapa tempat. Bahkan ada jalan rusak yang saat hujan seolah menjadi kolam karena lubang yang dalam.

Setelah video itu viral, Bima sempat dilaporkan ke polisi oleh orang yang tidak senang terhadap video itu. Pemuda berambut ikal itu juga mengaku bahwa orang tuanya di Lampung sempat mendapat intimidasi dari polisi dan dibentak oleh Gubernur Lampung.

Akan tetapi, warganet membela aksi Bima dengan mengatakan bahwa apa yang disampaikan pemuda itu adalah fakta di lapangan. Saking viralnya, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni ikut angkat bicara dengan permintaan untuk mendukung Bima.

 

4 dari 4 halaman

Jalanan Diperbaiki

Menariknya, setelah Pemerintah Provinsi Lampung mendapat sorotan akibat video viral Bima, terutama terkait jalanan rusak, warganet mengaku bahwa jalanan di Lampung mulai diperbaiki. Hal itu tampak dari beberapa video yang diunggah warganet di Tiktok.

Misalnya video yang diunggah akun @fran.wijaya77 yang berisi ucapan terima kasih kepada Bima. Karena berkat kontennya, jalan di Kotabumi Lampung diperbaiki.

Kemudian ada pula video yang diunggah oleh warga Pringsewu yang menunjukkan jalanan di Pringsewu, Lampung diperbaiki oleh Pemkot Lampung. Sampai-sampai, warganet menyebut hal tersebut sebagai "Bima Effect".

Masih banyak video-video yang menunjukkan jalan rusak Lampung diperbaiki efek dari viralnya kritikan Bima Yudho Saputro. Warganet terutama warga asli Lampung mengaku sangat berterima kasih dengan kritikan Bima.

Menurut mereka, jika video itu tidak viral, mungkin jalanan-jalanan rusak di Provinsi Lampung tidak kunjung diperbaiki. Namun banyak pula yang menyayangkan bahwa untuk hal demikian harus viral dahulu baru mendapat perhatian banyak orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.