Sukses

Tak Mau Kalah, Astra Kasih Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak 20 Persen di Mudik Lebaran

Menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2023, Astra Infra Toll Road Tangerang Merak memberikan diskon tarif sebesar 20 persen di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak.

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2023, Astra Infra Toll Road Tangerang Merak memberikan diskon tarif sebesar 20 persen di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak.

Selain itu, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bersangkutan juga menambah ekstra layanan berupa peningkatan kapasitas jalan menjadi 3 lajur pada segmen Cikande hingga Serang Timur sepanjang 20 km.

Kemudian, menambah kapasitas parkir kendaraan di rest area Km 43 arah Merak dan Parking Bay Km 36 arah Merak dan Jakarta, menambah kapasitas layanan transaksi menggunakan gardu tandem di gerbang-gerbang tol dengan potensi trafik tinggi.

Lalu, melakukan koordinasi maksimal terkait manajemen lalu lintas untuk kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan di beberapa titik rest area dan gerbang tol diantaranya Gerbang Tol Cikupa, rest area Km 43 dan Km 68 arah Merak.

"Kami ingin Lebaran Tahun ini semakin berseri bagi masyarakat yang akan merayakan. Untuk itu kami berikan diskon tarif ini. Diskon ini melengkapi upaya kami memberikan pelayanan terbaik kami kepada masyarakat yang sudah kami lakukan melalui peningkatan kapasitas dan kualitas layanan kami," tutur Presiden Direktur ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, Kris Ade Sudiyono, Kamis (13/4/2023).

Kris menambahkan, diskon tarif pada ruas Jalan Tol Tangerang-Merak ini berlaku untuk jarak terjauh (Cikupa-Merak) untuk semua golongan kendaraan.

"Misalnya, kendaraan golongan 1 tarif terjauh dari Cikupa ke Merak itu Rp 53.500, diberikan diskon 20 persen menjadi Rp 42.800. ini hanya tarif Tangerang-Merak saja, tidak termasuk tarif integrasi. Karena Tangerang-Merak ini kan ada integrasi dengan ruas Jakarta–Tangerang dan ruas Serang-Panimbang," jelasnya.

Berikut waktu dan tanggal pelaksanaannya:

  • Periode arus mudik berlaku mulai 16 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai 18 April 2023 pukul 06.00 WIB
  • Periode arus balik berlaku mulai 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai 28 April 2023 pukul 06.00 WIB

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Diskon Tarif Tol Jakarta-Cikampek di Mudik Lebaran, Jasa Marga Pastikan Tak Tekor

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku sudah membuat perhitungan matang terkait pemberian diskon tarif tol di rus Tol Jakarta-Cikampek pada periode mudik dan balik Lebaran 2023.

Sehingga kebijakan itu dijamin tidak bakal membuat perusahaan merugi.Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, diskon tarif tol sebesar 20 persen itu murni usulan dari perseroan dan Asosiasi Tol Indonesia (ATI), bukan desakan pemerintah. Sehingga, ia memastikan kondisi keuangan perusahaan tetap aman.

"Pasti, karena kita sudah punya strategi. Artinya kita memutuskan untuk mengusulkan kebijakan itu pasti sudah dihitung," ujar Agus di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023).

Menurut dia, potongan harga tersebut bermaksud untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik dan balik, agar tidak bertumpuk pada waktu-waktu tertentu.

Selain dengan diskon tarif tol, Jasa Marga juga sudah mengantisipasi kemacetan dengan memperlebar Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari kedua arah. Dengan menambah satu lajur, dari tiga lajur menjadi empat lajur.

"Ya sebenarnya trafik di Lebaran kan meningkat. Kemudian kelancaran yang sudah kita pelebaran lajur, itu harapannya kan menjaga tambahan trafik," imbuh Agus.

Agus juga memastikan, kebijakan diskon tarif ini tidak akan menurunkan standar pelayanan minimum (SPM) yang diberikan kepada para pengguna jalan tol.

"Intinya gini, secara keseluruhan Jasa Marga meyakini bahwa rencana usaha untuk pengusahaan Jakarta-Cikampek Insya Allah tidak terganggu dengan adanya diskon," tegas dia.

Adapun pemberlakuan diskon tarif 20 persen ini berlaku untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Potongan harga tersebut hanya berlaku di dua gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yakni pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Tidak hanya pada arus mudik, Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik, yaitu pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Tarif Diskon

Berikut besaran diskon untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama periode mudik dan balik Lebaran:

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp 20.000 menjadi Rp 16.000, diskon sebesar Rp 4.000
  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 30.000 menjadi Rp 24.000, diskon sebesar Rp 6.000
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp 40.000 menjadi Rp 32.000, diskon sebesar Rp 8.000 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.