Sukses

Mudik Pakai Kereta Api, Ingat-ingat Aturan Bawa Bagasi Ini

KAI mengingatkan kembali kepada calon pelanggan untuk membawa bagasi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan saat mudik Lebaran 2023 ini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak masyarakat yang memilih mudik ke kampung halaman menggunakan moda transportasi kereta api. Adapun PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memulai Angkutan Lebaran pada 14 April sampai dengan 2 Mei 2023.

Terkait ini, KAI mengingatkan kembali kepada calon pelanggan untuk membawa bagasi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan saat mudik Lebaran 2023 ini.

“Pelanggan diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan bea dengan berat maksimum 20 kg dan volume maksimum 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 cm dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi),” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangannya, Rabu (12/4/2023).

Jika saat boarding di stasiun, pelanggan diketahui membawa bagasi yang melebihi ketentuan tersebut, maka akan dikenakan bea sebesar Rp10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp 6.000/kg untuk kelas bisnis, dan Rp2.000/kg untuk kelas ekonomi. 

Barang bawaan pelanggan mudik kereta api dapat diletakkan pada rak bagasi di atas tempat duduk atau diletakkan di tempat lain yang tidak mengganggu atau membahayakan pelanggan lainnya serta yang tidak menimbulkan kerusakan pada kereta.

“Adapun pelanggan dengan barang bawaan lebih dari 200 dm3 (70 x 48 x 60 cm) tidak diperkenankan untuk membawa barang bawaannya ke dalam kabin kereta penumpang dan disarankan untuk mengangkut barangnya dengan menggunakan jasa ekspedisi kereta api seperti KAI Logistik,” kata Joni.

Sementara barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa sebagai bagasi meliputi binatang, narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya, senjata api/tajam, benda yang mudah terbakar/meledak, benda yang berbau busuk/amis atau benda yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya, barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan, dan barang lainnya yang menurut pertimbangan petugas boarding tidak pantas diangkut sebagai bagasi karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi.

“Kami berharap semua pelanggan mematuhi aturan bagasi saat menggunakan layanan kereta api, sehingga perjalanan kereta api tetap nyaman dan menyenangkan,” tutup Joni. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ayo Mudik, KAI Beri Diskon Tiket Kereta Mudik 2023, Catat Tanggalnya!

Menjelang musim mudik Lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan Diskon Mudik 2023 dengan memberikan potongan harga tiket kereta api hingga 20 persen. 

Mengutip laman bumn.go.id, Senin (10/4/2023) Diskon Mudik 2023 tersedia untuk keberangkatan kereta api periode 14-17 April 2023.

PT KAI mengungkapkan, pihaknya menyediakan total sebanyak 31.300 tiket diskon untuk Kereta Api Jarak Jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Masyarakat dapat membeli tiket diskon tersebut pada tanggal 9-13 April 2023 dimana pada masing-masing hari tersebut dibuka sebanyak 6.260 tiket diskon.

Adapun pembelian tiket diskon ini dapat dilakukan melalui plikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh platform penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan PT KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program Diskon Mudik 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan alternatif tanggal keberangkatan kepada pelanggan untuk pulang ke kampung halaman. Sehingga perjalanan tidak terkonsentrasi pada tanggal-tanggal yang berdekatan dengan Hari-H Lebaran.

 

 

3 dari 4 halaman

Rute Perjalanan dalam Diskon Mudik 2023 KAI

"Pemberian diskon tiket ini juga sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal. Guna mengurai kepadatan arus mudik yang terjadi menjelang Hari-H Lebaran," kata Joni.

"KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan tiket murah tersebut untuk mudik dengan kereta api. KAI berkomitmen untuk menyelenggarakan angkutan Lebaran 2023 dengan aman dan berkesan," tutupnya.

Sederet rute perjalanan kereta api yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya adalah :

KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasarturi pp)

KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp)

KA Pasundan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp)

KA Bogowonto (Pasarsenen - Lempuyangan pp), dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Tiket Laris Manis Jelang Lebaran, Ini Sederet Kelebihan Mudik Naik Kereta Api

Musim mudik Lebaran tahun 2023 ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan lebih dari 3 juta tiket kereta api jarak jauh yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk perjalanan masa libur Lebaran.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan, berdasarkan pantauan KAI pada 1 April 2023 pukul 08.00, penjualan tiket beberapa KA pada periode Angkutan Lebaran 2023 telah mencapai 100 persen, seperti KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), dan KA Rajabasa (Kertapati - Tanjungkarang pp).

"Jika dibandingkan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya, kereta api lebih ekonomis dan efisien. Tidak hanya itu, kereta api juga memiliki sejumlah keunggulan lain yang patut menjadi pilihan saat mudik nanti," kata Joni Sabtu (1/4/2023).

Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan kereta api?

1. Mengutamakan Keselamatan

Tidak perlu khawatir selama perjalanan mudik naik kereta, karena insan KAI akan memastikan keselamatan perjalanan mudik pelanggan sampai tiba di kampung halaman. Menyambut Angkutan Lebaran 2023, KAI bersama stakeholder perkeretaapian telah melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa pada tanggal 6-8 Maret lalu.

Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dari berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya. Juga lokomotif, kereta, jalur, jembatan, terowongan, serta persinyalan dipastikan dalam kondisi andal dan siap operasi.

Di samping itu, KAI akan menyiagakan petugas pemeriksa jalur ekstra, petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, serta petugas posko daerah rawan ekstra. KAI juga mempersiapkan strategi manajemen krisis bernama AMUS (Alat, Material, Untuk Siaga).

Cara tersebut selain menyiagakan tim personil lapangan khusus, juga menyediakan alat dan material yang ditempatkan tersebar di tempat-tempat strategis sepanjang jalur kereta api. Hal ini bertujuan jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini