Sukses

Daftar Miliarder India Terbaru Versi Forbes, Siapa Nomor Satu?

Miliarder India berjumlah 169 secara keseluruhan, naik dari 166 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta India menjadi salah satu negara Asia yang memiliki miliarder terbanyak kedua di dunia. Secara keseluruhan total orang terkaya memang meningkat, tapi kekayaan bersih secara kolektif mengalami penurunan.

Dilansir dari Forbes, Kamis (6/4/2023), miliarder India berjumlah 169 secara keseluruhan, naik dari 166 tahun lalu. Namun, kekayaan gabungan menghadapi pemeriksaan realitas sehingga turun 10 persen menjadi USD 675 miliar, turun dari USD 750 miliar pada daftar 2022.

Sebagian besar penurunan itu berasal dari satu kisah kekalahan saham perusahaan di Grup Adani. Disusul laporan Januari tentang tuduhan penipuan oleh penjual pendek Hindenburg Research, tuduhan yang dibantah oleh Grup Adani. Kemerosotan saham hampir mengurangi kekayaan bersih Gautam Adani menjadi USD 47,2 miliar, turun dari USD 90 miliar tahun lalu.

Taipan infrastruktur dan komoditas, yang sempat menjadi orang terkaya kedua di dunia pada September lalu dan menjadi orang terkaya ketiga di dunia terpaksa merosot ke peringkat 24 secara global. Dia sekarang menjadi warga negara terkaya kedua di India.

Meskipun kekayaan sepuluh orang terkaya India lainnya tidak menyusut hampir sebanyak yang dialami Adani, secara keseluruhan pergerakannya menurun. Kecuali miliarder farmasi Dilip Shanghvi, yang kekayaannya tidak berubah sejak tahun lalu. Kekayaan bersih untuk daftar 2023 dihitung menggunakan harga saham dan nilai tukar mulai 10 Maret 2023.

Sementara itu, meskipun kekayaannya turun 8 persen selama setahun terakhir, Mukesh Ambani mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di India dan Asia. Bahkan dia merupakan orang terkaya ke-9 di dunia dengan kekayaan bersih sebesar USD 83,4 miliar.

Pendapatan tahunan Reliance Industries melampaui USD 100 miliar untuk pertama kalinya dalam tahun fiskal hingga Maret 2022. Ambani mengincar suksesi, memberikan peran kunci dalam bisnis yang berbeda kepada masing-masing dari ketiga anaknya, yaitu Akash (telekomunikasi), Isha (ritel) dan Anant (energi hijau).

Dengan kemilau sektor teknologi, kekayaan raja perangkat lunak Shiv Nadar justru anjlok 11 persen dari tahun lalu menjadi USD 25,6 miliar, tetapi ia masih mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya ketiga di negara itu.

Meskipun permintaan vaksin Covid-19 menurun, raja vaksin India Cyrus Poonawalla berhasil mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya keempat di negara itu, meskipun jaringnya senilai turun 7 persen dari tahun lalu menjadi USD 22,6 miliar.

Miliarder Wanita India

Di samping itu, Ibu pemimpin Grup OP Jindal Savitri Jindal masih menjadi satu-satunya wanita di antara sepuluh orang India yang paling tajir. Selusin miliarder wanita India lainnya termasuk mantan bankir Falguni Nayar, yang mempertahankan gelarnya sebagai wanita swadaya terkaya di negara itu meskipun saham FSN E-Commerce Ventures miliknya, yang memiliki startup kecantikan dan mode Nykaa, terpukul. Dia bernilai USD 2,6 miliar, turun dari USD 4,5 miliar tahun lalu.

Ada pula 16 pendatang baru India tahun ini termasuk tiga wanita, dua di antaranya mewarisi kekayaan. Mereka antara lain Rekha Jhunjhunwala (kekayaan bersih: USD 5,1 miliar) menggantikan suaminya Rakesh Jhunjhunwala, seorang investor maverick yang sering dikenal sebagai Warren Buffett dari India, yang meninggal Agustus lalu di usia 62; Rohiqa Cyrus Mistry (USD 7 miliar) ialah menantu dari miliarder konstruksi Pallonji Mistry, yang meninggal pada Juni ketika usia 93 tahun.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar terbaru miliarder India versi Forbes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Miliarder India 2023

10. Uday Kotak

Kekayaan bersih: USD 12,9 Miliar

Sumber kekayaan: Perbankan

Kota: Mumbai

9. Kumar Birla

Kekayaan bersih: USD 14,2 Miliar

Sumber kekayaan: Komoditas

Kota: Mumbai

8. Radhakishan Damani

Kekayaan bersih: USD 15,3 Miliar

Sumber kekayaan: Ritel, Investasi

Kota: Mumbai

7. Dilip Shangvi

Kekayaan bersih: USD 15,6 Miliar

Sumber kekayaan: Farmasi

Kota: Mumbai

6. Savitri Jindal

Kekayaan bersih: USD 17,5 Miliar

Sumber kekayaan: Baja

Kota: Hisar

5. Laksmi Mittal

Kekayaan bersih: USD 17,7 Miliar

Sumber kekayaan: Baja

Kota: London

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Cyrus Poonawalla

Kekayaan bersih: USD 22,6 Miliar

Sumber kekayaan: Vaksin

Kota: Pune

3. Shiv Nadar

Kekayaan bersih: USD 25,6 Miliar

Sumber kekayaan: Layanan Perangkat Lunak

Kota: Delhi

2. Gautam Adani

Kekayaan bersih: USD 47,2 Miliar

Sumber kekayaan: Infrastruktur

Kota: Ahmadabad

1. Mukesh Ambani

Kekayaan bersih: USD 83,4 Miliar

Sumber kekayaan: Diversifikasi

Kota: Mumbai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.