Sukses

Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023

Menjelang mudik lebaran tahun ini, salah satu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas Sigli - Banda Aceh Seksi 5 dan 6 akan dioperasikan mengingat ruas tol ini sudah melaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF)

Liputan6.com, Jakarta Menjelang mudik lebaran tahun ini, salah satu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 dan 6 akan dioperasikan mengingat ruas tol ini sudah melaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF)

"Pada Mudik Lebaran Tahun 2023 ini diperkirakan akan ada Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi 5 & 6 yang akan dioperasikan mengingat ruas tol ini sudah melaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) pada Senin (6/2) lalu," kata Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro, kepada Liputan6.com, Minggu (26/2/2023).

Koentjoro mengungkapkan, uji laik fungsi tersebut berguna untuk memastikan seluruh spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkapan jalan terpenuhi dengan baik dan sesuai standar ketentuan serta kriteria yang berlaku. Sementara untuk ruas fungsional akan dibuka ruas Simpang Indralaya - Muara Enim seksi Simpang Indralaya - Prabumulih.

Adapun Koentjoro merinci ruas JJTS yang sudah beroperasi, diantaranya Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (141 km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan - Binjai (17 km), Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2, 3 dan 4 (37 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (12 km), Tol Bengkulu - Taba Penanjung (18 km) dan Tol Pekanbaru - Bangkinang (31 km).

Untuk tahun 2023 ini, Hutama Karya menargetkan beberapa ruas tol JTTS, diantaranya ruas Tol Simpang Indralaya - Muara Enim seksi Simpang Indralaya - Prabumulih, Tol Sigli - Banda Aceh seksi 5 dan 6 (Khusus mainroad) serta Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi Parapat seksi 1 ditargetkan rampung pada Triwulan I 2023.

Kemudian, Tol Indrapura - Kisaran seksi 1 dan 2, Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat seksi 2, 3 dan Junction ditargetkan rampung pada Triwulan II 2023.

Selanjutnya, Tol Pekanbaru - Padang seksi Bangkinang - Koto Kampar, Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat seksi 4 dan Tol Binjai - Langsa seksi Binjai - Pangkalan Brandan ditargetkan rampung pada Triwulan IV 2023.

Sementara untuk tahun 2024, Hutama karya menargetkan penyelesaian ruas Tol Pekanbaru - Padang seksi Padang - Sicincin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tol Bocimi Seksi 2 Bisa Dipakai Buat Mudik Lebaran 2023

Sebelumnya, Jalan Tol Bocimi atau Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak target beroperasi 2023 ini. Diharapkan jalan tol baru ini bisa segera diselesaikan, paling tidak sewaktu arus mudik Lebaran 2023.

"Penyelesaian Bocimi ini agar disegerakan untuk memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Biar bisa digunakan oleh masyarakat buat mudik di Lebaran tahun ini secara fungsional," ujar Asisten Deputi bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN, Hendrika Nora Osloi Sinaga dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/2/2023).

Enam+24:38VIDEO: The Power of Consumers in 2023"Saya juga berharap agar tata kelola penggunaan Penyertaan Modal Negara (PMN) bisa selalu dijaga," imbuh dia.

Perlu diketahui, PT Trans Jabar Tol (TJT) memperoleh alokasi dana PMN 2021 untuk pembangunan Jalan Tol Ciawi Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sebesar Rp 527 miliar. 

Sampai saat ini, jalan tol yang dibangun pada tahun 2021, progress pembangunannya sudah mencapai 92,78 persen. 

Kondisikan Arus Kas

SVP Risk Management & Project Manager Office Division Waskita Karya Irfan Fathurrahman menyatakan, pihaknya akan terus berkomitmen menjalankan 8 stream penyehatan keuangan Waskita, untuk memperbaiki kondisi arus kas dan melakukan penurunan kewajiban keuangan. 

"Selain itu juga dalam hal meningkatkan pendapatan melalui pemilihan proyek yang selektif serta tetap prudent dan mengedepankan efisiensi, efektivitas serta selalu berpedoman kepada prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan juga terus berkomitmen agar proses lini bisnis dijalankan sesuai dengan prinsip profesionalisme serta integritas yang tinggi," tuturnya. 

3 dari 3 halaman

Lewat Tol Cisumdawu Gratis Mulai Akhir Bulan Ini

Pengerjaan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) memasuki fase akhir. Tol ini target selesai dan beroperasi fungsional alias gratis pada akhir Februari 2023. Pengerjaan dilakukan untuk Seksi 4 dan Seksi 5A dan 5B sepanjang 23,1 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, terutama di Seksi 4 Cimalaka-Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok-Ujung Jaya (14,9 km).

"Akhir Februari ditargetkan fungsional. Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat," pesan Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (12/2/2023).

Unyuk Seksi 5A dan 5B, Menteri Basuki berpesan untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktu. "Tolong manajemen waktunya ini diatur supaya lebih cepat selesai. Batu-batu yang nggak teratur juga dirapikan. Finalisasinya harus mulus biar jadi contoh yang baik," pintanya.

Para kontraktor pelaksana pun dihimbau agar saling bekerjasama demi mempercepat penyelesaian pembangunan. Supaya target fungsional Jalan Tol Cisumdawu dapat tercapai pada akhir Februari 2023.

"Tolong kerjasamanya juga supaya kalau yang satu selesai, yang lain juga bisa segera selesai. Jadi semuanya sama-sama senang," ujar Menteri Basuki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.