Sukses

World Superbike 2023 Mandalika Dapat 7 Sponsor, Siap Digelar 3-5 Maret 2023

Ajang balap World Superbike 2023 mandalika akan dilaksanakan pada akhir minggu depan 3 - 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Liputan6.com, Jakarta PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group siap mensukseskan ajang balap motor Internasional bergengsi, yaitu World Superbike Indonesia Round 2023 dengan dukungan sponsor dari tujuh perusahaan terkemuka di Indonesia.

Ajang balap WSBK 2023 akan dilaksanakan pada akhir minggu depan 3 - 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tujuh perusahaan yang berkomitmen menjadi sponsor ajang balap motor WSBK 2023 diantaranya adalah PT Pertamina, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Astra Honda Motor, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan Hydro Coco.

Bukti Indonesia Bisa

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak, khususnya perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menjadi sponsor resmi event WSBK 2023.

“Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh sponsor atas dukungannya untuk kesuksesan WSBK Indonesian Round 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit. Kerja sama yang terjalin ini merupakan langkah yang perlu diapresiasi karena menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah dari event Internasional,” paparnya, Jumat (24/2/2023).

ITDC dan MGPA menyambut baik terkait kerjasama dan kolaborasi yang terjalin dengan berbagai pihak yang memiliki visi dan misi selaras, yaitu mensukseskan berbagai event yang terselenggara di Pertamina Mandalika International Circuit, baik event internasional maupun nasional lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harus Dijaga

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengungkapkan bahwa upaya kerjasama merupakan hal positif yang patut dijaga.

“ITDC-MGPA sangat terbuka terhadap berbagai perusahaan di Indonesia, baik dari BUMN ataupun swasta untuk bekerjasama dan berkolaborasi. Kami berharap agar hubungan kerjasama dengan berbagai perusahaan dapat terus terjalin dengan baik sehingga memberikan multiplier effects bagi masyarakat Indonesia dan bukan hanya untuk pihak-pihak yang terlibat. Kami tekankan bahwa kerjasama ini adalah untuk Indonesia,” terangnya.

Event WSBK 2023 turut dimeriahkan dengan adanya side event Nusantara Festival yang menyajikan festival kesenian dan musik serta menghadirkan penampilan artis-artis lokal kebanggan Indonesia.

Lebih dari itu, gelaran WSBK 2023 juga dimeriahkan oleh Lombok Sumbawa Fair yang akan menyuguhkan keberagaman budaya NTB berupa kerajinan, kuliner, maupun pertunjukan seni budaya lokal.

3 dari 4 halaman

Sirkuit Mandalika Sudah Siap

Ajang World Superbike (WSBK) 2023 bakal kembali bergulir mulai Februari mendatang. Berbeda dari musim sebelumnya, Indonesia kini kebagian jatah menjadi tuan rumah seri kedua yang dihelat pada 3-5 Maret 2023.

Indonesia sejatinya baru saja menggelar seri WSBK 2022 pada November lalu. Sirkuit Mandalika kala itu menjadi tempat kedua terakhir yang dikunjungi para pembalap sebelum menutup musim di Australia.

Adapun dalam kompetisi kali ini, terjadi perubahan jadwal serta urutan lokasi penyelanggaraan WSBK. Alvaro Bautista dan kawan-kawan bakal lebih dulu menyambangi Australia, lalu bertolak ke Indonesia untuk mengikuti seri kedua World Superbike 2023.

Perubahan jadwal pelaksanaan WSBK musim ini dikhawatirkan bakal berdampak pada kesiapan Sirkuit Mandalika. Pasalnya, lintasan balap kebanggaan Tanah Air hanya memiliki sisa waktu kurang dari dua bulan untuk berbenah.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria pun angkat bicara terkait hal ini. Ia mengeklaim, pihaknya sama sekali tak khawatir dengan perubahan jadwal lantaran Sirkuit Mandalika sejauh ini masih berada dalam kondisi siap.

"Jadwal Maret ini buat kami tidak masalah, karena kami sekarang hampir setiap minggu melakukan trackday, mempergunakan berbagai peralatan yang ada di sirkuit," tutur Priandhi saat menghadiri konferensi pers World Superbike 2023 di Hardrock Cafe, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

"Buat kami WSBK 2023 ini hanya sebuah tambahan event saja, kebetulan namanya WSBK. Marshal-nya kita sudah punya database yang lengkap. Equipment sejak WSBK (2022) selesai sudah kita inventori ulang, yang rusak kita perbaiki. Jadi, WSBK 2023 di bulan Maret tidak masalah," sambung dia.

4 dari 4 halaman

Target Penonton

Di sisi lain, MGPA dan ITDC juga telah mengungkap target penonton yang hadir dalam perhelatan WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika. Mereka berharap setidaknya 70.000 orang bakal meramaikan ajang balap motor yang diselenggarakan pada awal Maret itu.

"Kalau ditanya targetnya berapa, kami mencoba di angka 70.000 (penonton). Kemarin, target kita 40.000 dan kita melewati itu. Ini adalah satu angka yang menurut kami cukup realistis," ujar Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka dalam sesi konferensi pers di Hardrock Cafe, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

"Pertama, kami melihat dukungan dari berbagai pihak, kedua harga (tiket). Harganya sudah cukup kompetitif. Dan yang paling penting, keputusan Presiden mencabut PPKM itu sangat luar biasa. Ini merupakan satu momentum yang tidak boleh disia-siakan," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.