Sukses

Bikin Adem KLB PSSI, Intip Potret Erick Thohir dan La Nyalla Saling Merangkul

Erick Thohir menjadi salah satu calon Ketua PSSI yang akan ditentukan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Menteri BUMN tersebut akan bersaing dengan La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono untuk menduduki kursi ketua umum PSSI 2023-2027.

Liputan6.com, Jakarta Erick Thohir menjadi salah satu calon Ketua PSSI yang akan ditentukan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. KLB PSSI sendiri berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Menteri BUMN tersebut akan bersaing dengan La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono untuk menduduki kursi ketua umum PSSI 2023-2027.

Namun, ada hal menarik dalam KLB PSSI yang berlangsung hari ini. Dalam foto di akun Instagram Erick Thohir @erickthohir, Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti terlihat saling merangkul sambil melemparkan senyuman.

Disamping Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti, juga ada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua PSSI saat ini Iwan Bule.

"Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan @pssi RESMI dibuka Pak @kemenpora Zainudin Amali & Pak @mochamadiriawan84 (Iwan Bule)," tulis Erick Thohir di akun Instagramnya, Kamis (16/2/2023).

Menurut MediaWave, Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang bersih. Selain itu, platform monitoring dan analisis media-media sosial Indonesia ini juga menganggap sosok yang pernah menjadi pemegang saham terbesar Inter Milan itu membawa harapan baru bagi pembenahan sepak bola tanah air.

Itu sebabnya Erick Thohir menjadi yang paling banyak diperbincangkan di media sosial sebagai calon ketua umum PSSI 2024 -2027 dibandingkan dengan empat kandidat lainnya.

"Erick Thohir diyakini dapat membenahi dan membersihkan PSSI menjadi lembaga yang lebih baik," kata General Manager Analyst of Mediawave Nadia Shabilla di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pukulan Gong Menpora Tandai Dibukanya KLB PSSI 2023

Kongres Luar Biasa PSSI resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Kongres PSSI berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Menpora Zainudin Amali memukul gong dengan didampingi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, Mochamad Iriawan di ballroom hotel pukul 10.32 WIB.

"Dengan senantiasa mengharapkan rahmat dan ridho Allah SWT, serta mengucapkan Bismillah, saya atas nama pemerintah Indonesia membuka secara resmi Kongres Luar Bisa PSSI 2023," ujarnya usai memberi sambutan pembuka, Kamis (16/2/2023)

Sekadar informasi, KLB PSSI merupakan agenda besar federasi sepak bola Tanah Air. Acara ini menjadi sarana pemilihan pengurus untuk menakhodai federasi sepanjang periode 2023-2027.

Menpora berharap KLB PSSI 2023 bisa menjadi sarana persatuan bagi masyarakat Indonesia. Ia mengimbau seluruh stakeholder sepak bola untuk tidak terpecah belah, meski adanya perbedaan dukungan selama proses pemilihan.

"KLB harus bisa mempersatukan kita. Harapan pemerintah, jangan sampai akibat KLB ini, kita terpecah-pecah. Dukungan boleh berbeda, tetapi setelah itu kita akhiri semua perbedaan. Kita harus menjadi satu, yakni warga masyarakat Indonesia, juga stakeholder sepak bola," kata Menpora. 

"Mengurus sepak bola jangan pakai perasaan, jangan baper. Saya harap tidak seperti itu, karena pemerintah sungguh-sungguh memberikan dukungan, yang wujudnya sampai mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres no. 3 Tahun 2019)," sambung dia.

3 dari 4 halaman

Suksesor Mochamad Iriawan

Kongres Luar Biasa PSSI mengalami perubahan jadwal sebagai buntut dari pecahnya tragedi Kanjuruhan. Agenda yang sejatinya digelar jelang pengujung tahun 2023 itu dimajukan pelaksanaannya menjadi pertengahan Februari.

Sejauh ini, terdapat empat nama yang akan bersaing menjadi suksesor Mochamad Iriawan. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono.

Satu nama lain, yakni Fary Djemy Francis memilih mundur sehari sebelum pemilihan dan mengalihkan dukungan kepada kandidat lain, Erick Thohir. Keputusan tersebut diumumkannya melalui jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (15/2/02023). 

4 dari 4 halaman

Mekanisme Pemilihan

Mekanisme pemilihan di Kongres Luar Biasa (KLB) pada Kamis, 16 Februari 2023 akan dilakukan secara terpisah. Untuk jabatan calon ketua umum akan dipilih sendiri, begitu pula calon wakil ketua umum dan calon anggota Exco PSSI. 

KLB PSSI 2023 yang digelar di Hotel Shangrilla, Jakarta akan diikuti pemilik suara (voter) dengan hak pilih berjumlah 87. Mereka terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Merujuk Pasal 38 Ayat (1)dan (3) Statuta PSSI 2019, Exco PSSI terdiri satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota yang salah satunya adalah wanita. Dengan demikian, seluruh Exco PSSI nantinya akan beranggotakan 15 orang.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.