Sukses

Potret Aksi F1 Powerboat, Balapan Bergengsi Dunia yang Akan Digelar di Danau Toba

Masyarakat Indonesia patut bangga. Indonesia, tepatnya Danau Toba akan menjadi tuan rumah balapan bergengsi dunia, yaitu F1 Powerboat

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia patut bangga. Indonesia, tepatnya Danau Toba akan menjadi tuan rumah balapan bergengsi dunia, yaitu F1 Powerboat. Acara ini akan diselenggarakan pada 23 Februari 2023.

In Journey mengungkapkan, dipilihnya Danau Toba untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia di kancah dunia. 

"Kita semua tahu kalau danau Toba salah satu dari lima DPSP, dengan pemilihan danau Toba juga untuk memperkenalkan budaya, salah satunya suku Batak," kata Head of Strategic Marketing and Customer Experience in Journey, Ricky Wirjan, dalam acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut, dibandingkan dengan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), sejak dulu Danau Toba sudah banyak dikenal masyarakat. Sementara, destinasi wisata lainnya seperti Mandalika, merupakan destinasi wisata baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembuka Musim 2023

Indonesia akan menjadi tuan rumah ke-40 penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, untuk pertama kalinya. F1 Powerboat Danau Toba akan menjadi pembuka musim lomba tahun 2023.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Septriana Tangkary mengatakan, sudah sepatutnya masyarakat Indonesia bangga, karena bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia powerboat.

F1 Powerboat merupakan kejuaran powerboat terkemuka yang sudah dilaksanakan di 39 negara sejak 1984. Sudah banyak negara yang pernah menjadi tuan rumah, diantaranya Italia, Prancis, UAE, Saudi Arabia, dan Cina.

Menariknya penyelenggaraan F1 Powerboat ini akan digelar di Danau Toba yang merupakan danau vulkanik. Sebelumnya, ajang powerboat biasa dilakukan di danau buatan.

3 dari 4 halaman

Potensi Wisata

Danau Toba memiliki potensi sport tourism yang bisa meningkatkan perekonomian lokal di Provinsi Sumatera Utara.

Adapun  salah satu strategi Pemerintah untuk memperkenalkan Destinasi wisata Indonesia dan menaikkan citra positif Danau Toba di mata Dunia dengan cara menunjukkan bahwa Indonesia memiliki Danau Toba yang bisa menjadi venue olahraga bertaraf internasional.

Layaknya penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Lombok. Semua negara menjadi tahu destinasi wisata Mandalika berkat ajang Balap motor Internasional tersebut. Hal yang sama juga diharapkan melalui ajang F1 powerboat yang akan dilangsungkan di Danau Toba.

4 dari 4 halaman

Indonesia Bisa Cuan Rp 212 Miliar

In Journey memperkirakan dampak ekonomi dari penyelenggaraan F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara, bisa mencapai Rp 212 miliar, yang berasal dari tenaga kerja yang terserap dan akomodasi transportasi.

"Sudah kita perhitungkan kajian awal, bahwa dampak ekonomi dari penyelenggaraan ini diperkirakan bisa di angka Rp 212 miliar untuk provinsi Sumatera Utara yang berasal dari tenaga kerja yang terserap," kata Head of Strategic Marketing and Customer Experience in Journey, Ricky Wirjan, dalam acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1/2023).

Selain itu, dibangunnya infrastruktur untuk penyelenggaraan F1 Powerboat nantinya bisa digunakan untuk olahraga air lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.