Sukses

BTN Siapkan Uang Tunai Rp 19 Triliun Sambut Liburan Nataru

BTN menyiapkan dana tunai sekitar Rp 19 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabah di momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyiapkan dana tunai sekitar Rp 19 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabah di momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Total dana itu disiapkan selama periode 19 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Corporate Secretary Bank BTN Achmad Chaerul menyebut jumlah tersebut meningkat dibandingkan alokasi dana tunai libur Nataru tahun lalu yang sebesar Rp18,029 triliun.

“Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 selama periode 19 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023 atau 14 hari, total likuiditas yang disiapkan BTN sekitar Rp19 triliun,” jelas Achmad dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Chaerul mengungkapkan, dari jumlah sekitar Rp19 triliun tersebut, sekitar 25 persen atau Rp 4,74 triliun untuk pengisian mesin ATM BTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian sebesar Rp 14,23 triliun atau 75 persen dari total dana tunai dianggarkan untuk outlet Bank BTN di berbagai daerah.

Menurut Chaerul, tahun ini alokasi dana tunai mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya dikarenakan mobilitas masyarakat yang kembali meningkat seiring meredanya pandemi Covid-19.

“Pengalokasian dana tunai tahun ini sudah memperhitungkan peningkatan transaksi melalui digital channel delivery Bank BTN, serta jumlah hari libur Natal dan Tahun Baru 2023,” pungkas Chaerul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kredit Rumah via Aplikasi

Peserta BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) bisa mulai kredit rumah melalui aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO. Ini merupakan buah dari integrasi layanan yang dimiliki PT Bank Tabungan Negara (Persero) dan BP Jamsostek.

Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan kolaborasi yang dilakukan adalah dengan menghubungkan secara digital, layanan BTN Properti milik Bank BTN dengan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dari BP Jamsostek.

Dengan kolaborasi tersebut, peserta BP Jamsostek dapat memilih dan mengajukan KPR BTN melalui aplikasi JMO di ponsel pintar mereka.

"Sejak tanggal 20 Desember 2022 layanan ini sudah dapat dicoba secara operasional terbatas. Tidak hanya kemudahan akses, kredit yang dapat dinikmati peserta BP Jamsostek pun beragam, mulai dari KPR hingga kredit untuk renovasi rumah dengan plafon beragam dan suku bunga menarik,"ujar Andi dalam keterangannya, Rabu (21/12/2022).

 

3 dari 4 halaman

Cara Akses

Untuk dapat mengakses layanan kredit BTN di aplikasi JMO tersebut, peserta BP Jamsostek dapat melakukan registrasi dan login terlebih dahulu pada aplikasi JMO.

Setelah dinyatakan layak untuk mendapatkan layanan tambahan tersebut, kemudian, peserta BP Jamsostek dapat mengajukan KPR BTN.

Sebagai catatan, peserta Jamsostek sudah tercatat sebagai nasabah BTN terlebih dahulu. Pengajuan KPR BTN berada di Menu MLT pada aplikasi JMO tersebut.

Ada berbagai fasilitas menarik yang bisa didapatkan seperti Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP). Plafon pinjaman yang diberikan di fitur PUMP mencapai maksimal Rp 150 juta dengan jangka waktu hingga 30 tahun.

Kemudian, peserta BP Jamsostek juga bisa mengakses KPR BP Jamsostek dengan maksimal kredit mencapai Rp500 juta hingga 30 tahun.

Fasilitas lainnya yang juga bisa diakses peserta BP Jamsostek yakni Pembiayaan Renovasi Rumah (PRP) dengan plafon maksimal Rp200 juta dan jangka waktu hingga 15 tahun.

Bagi peserta yang merupakan perusahaan, juga dapat mengakses Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja/Kredit Konstruksi (FPPP/KK) untuk pembangunan perumahan pekerja.

 

4 dari 4 halaman

Unggah Dokumen

Nantinya, untuk pengajuan berbagai fasilitas kredit tersebut, pengguna JMO hanya perlu mengunggah berbagai dokumen yang diperlukan. Lalu, BP Jamsostek akan melakukan cek kelayakan atas dokumen tersebut.

"Jika semua dokumen lengkap dan sesuai, maka proses persetujuan kredit online pastinya akan lebih cepat bila dibandingkan dengan pengajuan secara manual melalui cabang," ujar Andi.

Peserta yang juga nasabah BTN dan sudah aktivasi BTN Mobile bisa dapat keuntungan. Misalnya, adanya oengajuan manfaat layanan tambahan (MLT) di aplikasi JMO.

Peserta juga bisa menikmati berbagai fitur pada BTN Mobile yang memudahkan peserta melakukan pembayaran, pembelian maupun mengelola keuangan pada superapps BTN tersebut.

SuperApps BTN Mobile ke depannya selain memanjakan nasabah dalam bertransaksi secara finansial maupun non finansial juga memberikan akses yang luas terhadap ekosistem BTN, khususnya Ekosistem Mortage (Buying, selling, renting and living), salah satunya adalah BTN Properti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.