Sukses

Erick Thohir Tengok Puro Mangkunegaran Venue Acara Pernikahan Kaesang Erina

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunjungi Puro Mangkunegaran yang akan menjadi lokasi venue acara pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang dan Erina Gudono. 

Dalam unggahan video di laman Instagram pribadinya pada Rabu (7/12), Erick Thohir mengungkapkan bahwa perubahan Puro Mangkunegaran mulai terlihat.

"Perubahan Puro Mangkunegaran mulai terlihat. Makin hari makin cantik. Siap menyambut hari bahagia keluarga besar pak @jokowi," tulis  Erick Thohir di Instagram, dikutip Kamis (8/12/2022).

"Nanti di sebelah kanan sini mungkin ada long table. Mungkin (untuk) ada tamu negara, dan lain-lain," ungkapnya dalam video itu, saat menunjukkan proses persiapan acara pernikahan Kaesang Erina di Puro Mangkunegaran.

Erick Thohir juga menyebut, para menteri kabinet Jokowi nantinya juga akan ikut menjadi tamu dalam acara tersebut. 

Menteri BUMN juga mengatakan bahwa fasilitas di Puro Mangkunegaran, salah satunya lampu, sudah diperbaiki agar setelah acara pernikahan Kaesang Erina usai, situs budaya tersebut bisa menjadi tempat wisata.

"Lampu-lampu juga sudah diperbaiki semua. Supaya setelah kawinan selesai, Mangkunegaran ini menjadi tempat yang baik untuk wisata," bebernya.

"Puro Mangkunegaran insyaallah akan menjadi salah satu destinasi wisata wajib di Surakarta yang bisa di kunjungi masyarakat," tutup Erick Thohir.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan anak ketiganya, Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono di Ndalem Wuryoningratan di komplek House of Danar Hadi Solo pada Minggu (4/12/2022).

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Jokowi menyatakan persiapan untuk prosesi pernikahan telah siap dilakukan.

“Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulillah, semuanya dipersiapkan dengan baik," kata Jokowi kepada wartawan di resto The Soga Eatery di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, Minggu (04/12/2022).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kaesang Ungkap Mahar Rp300 ribu untuk Erina saat Akad Nikah

Kaesang Pangarep bakal mempersunting Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022). Satu hal yang menuai atensi adalah soal mahar Rp300 ribu yang diberikan bungsu Presiden Jokowi untuk Erina Gudono. Apa makna di balik nilai mahar itu?

Kaesang memaparkan jika makna angka tiga tersebut sesuai dengan silsilah keluarganya. Seperti diketahui, Kaesang anak bungsu dari tiga bersaudara. Sementara Erina, anak ketiga dari empat bersaudara.

"Anak ketiga, Erina juga anak ketiga," ujar Kaesang kepada media di Pura Mangkunegaran, Rabu (7/12/2022).

Rencananya, pengusaha kuliner akan memberikan tambahan mahar untuk calon istrinya. Meski begitu, ia tak menjelaskan detailnya. Kaesang menyebut jika itu semua merupakan kemauannya. Pasalnya, Erina tak memiliki permintaan khusus.

"Iya, ada tambahan. Sabar nanti tinggal 3 hari lagi. Sabar, sabar. Itu mau saya. Erina orangnya enggak neko-neko, dikasih Rp1.000 juga mau," tutur Kaesang.

Seperti diketahui, Erina Gudono bakal berulang tahun pada 11 Desember. Kaesang bakal memberikan hadiah khusus untuk Erina. Adapun pada Minggu 11 Desember merupakan momen resepsi pernikahan keduanya.

"Ada-ada, sudah siap. Itu karena dia kan ulang tahun tanggal 11. Nanti-nantilah, mau di-posting sosial media juga," ucap Kaesang.

Seperti diketahui rangkaian prosesi pernikahan Kaesang-Erina bakal dimulai pada Kamis, 8 Desember 2022. Erina dan Kaesang bakal menggelar pengajian pada Kamis, 8 Desember.

Kemudian pada Jumat (9/12/2022) dilakukan siraman di rumah masing-masing. Selanjutnya akad digelar Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Royal Ambarukmo.

Sedangkan, Minggu (11/12/2022) digelar resepsi pernikahan dengan diawali kirab dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

3 dari 4 halaman

2 Menteri Jadi Saksi Nikah Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Wakil Presiden Jadi Khatib

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono semakin dekat.  Salah satu hal yang bikin penasaran adalah siapakah yang bertindak sebagai saksi nikah?

Dua orang menteri ternyata akan bertindak sebagai saksi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, disebutkan Kaesang, bakal bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarganya.

Sementara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bakal menjadi saksi dari pihak Erina Gudono. Menurut Kaesang, selain prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih", Setelah itu dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan.

Dalam acara itu, menurut dia, akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan. Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad Kaesang dengan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember 2022.

"Khatib (pembaca khotbah nikah)-nya Pak Wapres," kata Kaesang Pangarep usai mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, Selasa, 6 Desember 2022, dilansir dari Antara. 

Sebelum pelaksanaan akad, sejumlah prosesi mengawali pernikahan Kaesang dengan Erina dimulai pada Kamis, 8 Desember 2022, di antaranya semaan kitab suci Alquran, pemasangan "bleketepe", sampai "midodareni". Sedangkan, acara "ngunduh mantu" akan digelar di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu, 11 Desember 2022.

Tak hanya dari dalam negeri, sejumlah tamu dari luar negeri juga dipastikan akan datang. Salah satunya Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau Presiden MBZ. Presiden UEA itu mengonfirmasi siap kondangan ke pernikahan Kaesang Pangarep lewat Gibran Rakabuming Raka ketika melawat Solo pada November 2022. Konfirmasi ini disampaikan saat sarapan bareng.

4 dari 4 halaman

Tamu Presiden

Menindaklanjuti konfirmasi ini, sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut Presiden UEA. Duta Besar UEA untuk Indonesia dan ASEAN, Abdulla Salem Obaid AlDhaheri telah mengontak Gibran Rakabuming.  Putra sulung Jokowi lantas memetakan sejumlah hotel berbintang sebagai tempat menginap para tamu penting di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar pada 10 dan 11 Desember 2022.

"Tapi kita sudah pemetaan di hotel-hotel yang dipesan oleh beliau. Kemarin, masih di luar pagar. Kemarin saya bersama Pak Abdullah, Dubes UEA, kita mau menyiapkan tamu-tamu dari UEA juga," katanya, melansir kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa, 6 Desember 2022.

Dikutip dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Senin, 5 Desember 2022, Gibran telah memesan hotel untuk rombongan Presiden MBZ. Dengan kata lain, Solo kini bersolek dan bersiap.

"Pokoknya sudah saya booking-kan hotel. Yang lain duta besar-duta besar negara sahabat. Kemarin pas sarapan dengan Pak Presiden UEA, kita sekalian memberikan undangan," ungkap Gibran.  Sinyal kedatangan Presiden MBZ hingga pekan ini menguat. "Makanya kemarin Dubes datang ikut rapat, pokoknya sudah saya pesankan semua termasuk untuk sekuriti dan lain-lain," akunya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS